Banyak Perusahaan Kesulitan Terapkan ESG? Yuk, Belajar dari Bank BRI!

Banyak perusahaan kesulitan terapkan ESG? Benarkah? Tak bisa dipungkiri, di tengah perubahan global yang semakin cepat, konsep keberlanjutan semakin menjadi perhatian utama dalam dunia bisnis.  Perusahaan-perusahaan kini dihadapkan pada tuntutan untuk tidak hanya menghasilkan keuntungan. Tetapi juga untuk bertanggung jawab terhadap dampak sosial dan lingkungan yang dihasilkan.  Munculnya konsep ESG (Environmental, Social, and Governance) menjadi …

Sistem Pangan Berkelanjutan: Menjaga Bumi Lewat Makanan yang Kita Konsumsi

Saat ini, kita hidup di dunia yang semakin sadar akan isu-isu keberlanjutan. Salah satu aspek penting dari isu ini adalah sistem pangan berkelanjutan (SFS). Sistem ini menciptakan ketahanan pangan dan gizi bagi semua orang, tanpa mengorbankan ekonomi, sosial, dan lingkungan bagi generasi mendatang.  SFS bukan hanya tugas pemerintah atau produsen makanan; peranmu sebagai konsumen sangat …

dampak deforestasi perkebunan kelapa sawit

Cara Mengurangi Dampak Deforestasi Perkebunan Kelapa Sawit

Kelapa sawit merupakan tanaman yang kita kenal sebagai bahan dasar minyak goreng, sabun, kosmetik, dan berbagai produk lainnya. Namun, di balik keberhasilannya sebagai komoditas global, ada dampak negatif yang muncul dari industri perkebunan kelapa sawit. Salah satunya adalah deforestasi atau penggundulan hutan. Yuk, kita bahas cara mengurangi dampak deforestasi perkebunan kelapa sawit! Mengapa Kelapa Sawit …

cybersecurity courses

Memahami Dunia Cybersecurity dan Pentingnya Perlindungan Data

Di era di mana dunia maya menjadi semakin terjalin dengan kehidupan kita sehari-hari, perbincangan tentang cybersecurity dan perlindungan data telah menjadi semakin penting. Di tengah lautan informasi yang mengalir bebas, ada tantangan baru yang mengintai: serangan siber yang merajalela, ancaman peretasan, dan risiko data pribadi yang terancam. Untuk mengawali artikel ini, mari kita mulai dengan sebuah cerita. …

Indonesia Merdeka dari Karhutla (?)

Adakah di antara kalian yang pernah merasa tercekik dengan kabut asap ketika membuka jendela di pagi hari? Bukan, ini bukan plot cerita film dystopia yang kalian tonton di Netflix, tapi kenyataan pahit yang kerap dialami oleh penduduk di beberapa daerah Indonesia akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Peristiwa Karhutla Besar di Indonesia Masih ingat dengan …

Fenomena Prokrastinasi: Mengapa Kita Menunda Pekerjaan dan Bagaimana Mengatasinya?

Siapa disini yang hobi banget nunda pekerjaan? *nunjuk diri sendiri. Prokrastinasi kok hobi?! Ya gimana ya, kalau udah nyaman sama hal yang sering dilakukan berulang-ulang, memang agak susah sih buat mengubah kebiasaan itu. Tapi tenang saja, di tulisan kali ini, aku mau menampar diri sendiri untuk berhenti menunda-nunda pekerjaan. Artikel ini akan menjawab pertanyaan mengapa …

Mengatasi Beban Keuangan Generasi Sandwich: Bisa Yuk Punya Tabungan!

Halo, generasi sandwich! Siapa nih yang kemarin pengen banget ikutan war tiket Coldplay, tapi mikir seribu kali karena teringat kebutuhan finansial yang lebih mendesak? I totally get it!  Ketika di satu sisi kamu menopang keuangan orang tua dan di sisi lain mempersiapkan masa depan kamu sendiri, keuangan bisa jadi seperti misteri yang sulit dipecahkan.  Tapi …

Dampak Perubahan Iklim: Gelombang Panas Memakan Korban, Indonesia Perlu Waspada!

Dampak perubahan iklim semakin nyata. Dalam beberapa bulan terakhir, gelombang panas (heatwave) berbahaya melanda sejumlah negara di Asia. Rekor suhu tertinggi pun tercatat di wilayah-wilayah seperti Thailand dan China. Selama bulan April dan Meli lalu, Thailand mencapai suhu tertinggi mencapai 45,4 derajat Celcius. Ahli menyebutnya sebagai “gelombang panas April terburuk dalam sejarah Asia.”  Begitu juga …

Mindfulness colorfull

Arti Mindfulness: Konsep dan Manfaat untuk Kesehatan Mental

Sering merasa stres dan cemas karena terlalu banyak memikirkan masa depan atau terlalu lama terjebak dalam masa lalu? Atau sedang merasa kesulitan untuk fokus dan konsentrasi pada saat melakukan suatu aktivitas? Jika iya, mungkin kamu perlu mengenal arti mindfulness.  Mindfulness atau kesadaran penuh merupakan suatu konsep yang berasal dari Buddhisme. Lantas, apa arti mindfulness dan …

Perjuangan Masyarakat Adat Toraja dalam Menjaga Hutan dan Kearifan Lokal

Di balik keindahan budaya dan lanskap alam Toraja yang menakjubkan, terdapat sebuah perjuangan masyarakat adat Toraja dalam menjaga hutan adat dan budaya mereka.  Sebagai orang Sulawesi Selatan, saya turut berbangga bahwa Toraja memiliki budaya dan adat yang begitu kaya dan unik. Karena budayanya yang masih sangat kental, banyak turis asing datang dan mau mempelajari berbagai …