5 Cara Mengatur Keuangan untuk Freelancer

Menjadi freelancer atau pekerja lepas tentu memiliki banyak keuntungan, seperti tidak terpakunya jam kerja, sampai potensi penghasilan yang besar. Namun, cara mengatur keuangan untuk freelancer bisa menjadi tantangan tersendiri, karena penghasilan kamu tidak selalu stabil dan perlu mengelola sendiri – pajak, asuransi, dan tunjangan. Strategi Keuangan yang Efektif untuk Pekerja Lepas Berikut beberapa cara untuk mengatur …

Enhancing Expense Tracking with AI OCR: A Game-Changer for Financial Management

Expense tracking is a critical function for both individuals and businesses, enabling better financial planning and management. However, it can be a tedious and error-prone task when done manually. The integration of Artificial Intelligence (AI) with Optical Character Recognition (OCR) technology is transforming this crucial task by automating the data extraction process from receipts, invoices, …

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji UMR, agar Tetap Bisa Menabung

Bagi sebagian orang yang sudah berkeluarga, salah satu tantangan tersulit adalah bagaimana sebuah keluarga dapat mengatur keuangan mereka. Baik dari sisi pendapatan, maupun mengendalikan pengeluaran. Kalau suami dan istri sama-sama berpenghasilan, rasanya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, masalahnya jika hanya salah satu saja yang berpenghasilan, ditambah pendapatannya hanya sebatas Upah Minimum Regional (UMR). Mengelola keuangan dengan …

Taklukkan Era Digital: 7 Jurus Ampuh Mengembangkan Bisnis Anda

Era digital telah merevolusi cara kita hidup, bekerja, dan juga berbisnis. Kini, internet bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan pokok bagi pebisnis yang ingin berkembang dan mencapai kesuksesan. Namun, dengan lautan informasi dan strategi yang berlimpah, tak jarang pebisnis merasa kebingungan dalam menentukan cara mengembangkan bisnis yang tepat. Oleh karena itu, artikel ini hadir untuk membantu …

Pentingnya dana pensiun

Pentingnya Dana Pensiun dan Cara Mempersiapkannya

Seringkali kita terfokus pada kebutuhan sehari-hari tanpa memperhatikan kebutuhan di masa depan, khususnya pada masa pensiun. Faktanya, saat ini masih banyak yang belum memahami tentang pentingnya dana pensiun.  Mungkin sekarang kamu masih berusia muda dan energik, namun persiapkan dirimu untuk memasuki tahap hidup yang lebih tenang dengan memiliki dana pensiun yang memadai.  Kalau kamu bukan …

4 Cara Mengatur Gaji Agar Tidak Cepat Habis

“Baru gajian, udah abis semua buat bayar tagihan.” “Baru aja gajian kemarin, eh uangnya udah hilang kemana ya?” “Niatnya mau nabung, tapi tiba-tiba ada promo diskon, habis deh.” Siapa nih yang suka mengeluh kayak ini? Lantas, gimana sih, cara mengatur gaji agar tidak cepat habis? Nah, kali ini, saya mau ngasih tips bagaimana cara mengelola …

Mengatasi Beban Keuangan Generasi Sandwich: Bisa Yuk Punya Tabungan!

Halo, generasi sandwich! Siapa nih yang kemarin pengen banget ikutan war tiket Coldplay, tapi mikir seribu kali karena teringat kebutuhan finansial yang lebih mendesak? I totally get it!  Ketika di satu sisi kamu menopang keuangan orang tua dan di sisi lain mempersiapkan masa depan kamu sendiri, keuangan bisa jadi seperti misteri yang sulit dipecahkan.  Tapi …

5 Ide Bisnis Rumahan di Era Digital

Bisnis rumahan menjadi jalan orang-orang yang membutuhkan penghasilan tambahan. Tidak perlu repot-repot ke kantor, cukup stay di rumah aja.  Di era digital saat ini, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan dari rumah. Mulai dari menonton film secara streaming hingga mencari uang tambahan dengan menjalankan ide bisnis rumahan. Tidak perlu repot-repot keluar rumah, cukup membeli paket …