Advetorial

Jasa Pendirian dan Pembuatan PT Perusahaan Resmi 

Jasa pendirian PT (Perseroan Terbatas) dan legalitas usaha resmi dari konsultan dan biro jasa LegalMax, dokumen dan proses cepat sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku. Tanpa ribet dan mereka siap membantu kalian dalam proses buat PT yang lancar, cepat dan bisa menyesuaikan dengan paket dan kebutuhan kalian. 

Dengan menggunakan konsultan yang melayani jasa buat perusahaan baik untuk PT Perorangan, UMKM, bisnis ataupun perusahaan asing (PMA) dapat menjadi solusi bagi para calon pengusaha yang ingin memulai bisnis secara resmi. 

Dengan proses yang mudah dan terpercaya, Kamu dapat segera memiliki PT sesuai dengan kebutuhan bisnis Kamu. Jangan ragu untuk menggunakan jasa profesional dalam mendirikan PT untuk memastikan segala proses berjalan lancar dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Persyaratan Pendirian PT

Untuk mendirikan PT (Perseroan Terbatas) di Indonesia, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sesuai dengan Undang Undang No. 40 tahun 2007 dan Undang Undang Cipta Kerja No.11 tahun 2020. 

PT harus didirikan oleh setidaknya dua orang atau lebih dan disahkan melalui akta notaris dalam bahasa Indonesia. Selain itu, PT harus memiliki struktur pengurus minimal terdiri dari satu direktur dan satu komisaris. Nama PT juga harus terdiri dari minimal 3 suku kata, tidak boleh menggunakan serapan asing, dan harus beralamat di wilayah Kotamadya/Kabupaten di seluruh Indonesia.

Dalam proses pendirian PT, penting untuk memastikan bahwa semua dokumen yang diperlukan telah lengkap dan disahkan di Kemenkumham.

Selain itu, dengan diberlakukannya Online Single Submission (OSS) sejak tahun 2018, proses perizinan usaha PT juga telah mengalami perubahan signifikan . Dengan memahami persyaratan dan aturan yang berlaku serta berkonsultasi dengan notaris atau profesional hukum, pendirian PT dapat dilakukan dengan sah dan siap untuk memulai bisnis di Indonesia .

Dengan demikian, pendirian PT memerlukan pemenuhan persyaratan yang ketat sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.

Tahapan Pembuatan PT

Pembuatan PT (Perseroan Terbatas) melibatkan beberapa tahapan yang harus diikuti dengan cermat. Tahapan-tahapan tersebut meliputi:

  1. Penyusunan Rencana Bisnis: Tahap awal dalam pembuatan PT adalah menyusun rencana bisnis yang mencakup visi, misi, serta strategi perusahaan. Rencana bisnis ini juga mencakup analisis pasar, keuangan, dan operasional perusahaan.
  2. Persiapan Dokumen Pendirian: Setelah rencana bisnis disusun, langkah selanjutnya adalah menyiapkan dokumen-dokumen pendirian PT. Seperti akta pendirian, pernyataan keanggotaan, dan pernyataan domisili perusahaan. Dokumen-dokumen ini harus disusun sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.
  3. Pengajuan Persetujuan Badan Hukum: Dokumen pendirian PT kemudian diajukan untuk mendapatkan persetujuan dari badan hukum yang berwenang. Seperti Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di Indonesia. Persetujuan ini diperlukan sebelum PT dapat secara resmi didirikan.
  4. Pembayaran Modal Dasar: Setelah mendapatkan persetujuan, langkah berikutnya adalah membayar modal dasar perusahaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Modal dasar ini akan menjadi dasar bagi kepemilikan saham perusahaan.
  5. Pengajuan Pengesahan Akta Pendirian: Akta pendirian PT kemudian diajukan untuk mendapatkan pengesahan dari Kemenkumham. Pengesahan ini diperlukan agar PT secara resmi diakui sebagai badan hukum yang berdiri sendiri.
  6. Pendaftaran NPWP dan SIUP: Selain itu, PT juga harus mendaftarkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) untuk keperluan perpajakan dan operasional perusahaan.
  7. Pengumuman Berdirinya PT: Setelah semua persyaratan terpenuhi, PT harus mengumumkan berdirinya perusahaan dalam Berita Negara atau media cetak yang ditunjuk oleh Kemenkumham. Pengumuman ini bertujuan untuk memberitahukan kepada publik bahwa PT telah resmi berdiri.

Dengan mengikuti semua tahapan tersebut, PT dapat didirikan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

Catatan: Tahapan pembuatan PT dapat berbeda-beda tergantung pada regulasi yang berlaku di masing-masing negara bagian atau wilayah di Indonesia.

Pemilihan Nama PT

Pemilihan nama untuk PT (Perseroan Terbatas) merupakan langkah penting dalam membangun identitas perusahaan. Dalam konteks ini, memilih nama PT yang menggunakan bahasa Indonesia adalah sesuai peraturan dan  pilihan yang tepat. Menggunakan bahasa Indonesia dalam nama perusahaan dapat memberikan kesan yang kuat tentang identitas lokal dan kebangsaan perusahaan.

Selain itu, ini juga dapat menjadi salah satu cara untuk mempromosikan budaya Indonesia dan mendukung penggunaan bahasa ibu. Pemilihan nama PT yang menggunakan bahasa Indonesia juga dapat memudahkan pelanggan dalam mengenali dan mengingat perusahaan tersebut. Namun, dalam memilih nama PT, perlu memperhatikan aspek hukum dan keberlanjutan nama tersebut.

Sebaiknya dilakukan penelitian untuk memastikan bahwa nama yang dipilih tidak melanggar aturan dan memiliki keunikan yang membedakan perusahaan dari yang lain. Jadi, pemilihan nama PT yang memakai bahasa Indonesia dapat mencerminkan identitas lokal dan mendukung promosi budaya serta memudahkan pelanggan mengenali perusahaan tersebut.

Penentuan Modal Awal

Penentuan modal awal merupakan langkah awal yang penting dalam memulai suatu usaha atau proyek. Modal awal ini dapat berasal dari berbagai sumber, seperti tabungan pribadi, pinjaman bank, investasi dari mitra, atau pendanaan dari lembaga keuangan. 

Penentuan modal awal yang tepat sangat penting untuk memastikan kelancaran dan keberlanjutan usaha atau proyek yang akan dijalankan.

Dalam penentuan modal awal, perlu dipertimbangkan berbagai faktor, termasuk estimasi biaya awal, rencana pengelolaan keuangan, serta proyeksi pendapatan dan pengeluaran dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, juga perlu mempertimbangkan risiko dan strategi pengelolaan risiko yang akan dihadapi. 

Pembuatan Akta Pendirian PT

Pembuatan Akta Pendirian PT atau Perseroan Terbatas dilakukan di hadapan Notaris. Iniberisikan keterangan mengenai kesepakatan dan identitas para pihak untuk mendirikan PT serta Anggaran Dasarnya . Untuk mendapatkan status Badan Hukum, sebuah PT harus mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) .

Pembuatan akta pendirian PT harus merujuk pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Pasal 7 dan Pasal 8 ayat 1 tentang Perseroan Terbatas. Akta pendirian PT harus dibuat dalam Bahasa Indonesia. Pada pembuatan PT setelah berlakukannya UU Cipta Kerja, syarat dari pembuatan PT pada dasarnya membutuhkan KTP (e-KTP), NPWP, Kartu Keluarga, domisili usaha serta foto gedung tempat usaha berada .

Proses pembuatan akta pendirian PT dilakukan oleh notaris yang berwenang diseluruh wilayah negara Republik Indonesia untuk selanjutnya mendapatkan persetujuan dari Menteri Kemenkumham. Dalam pembuatan PT, terdapat kemudahan pada jumlah pendiri PT yang dapat dilakukan oleh satu orang, keringanan biaya pendirian badan hukum, dan kemudahan dalam prosedur pendirian PT .

Meski tidak membutuhkan akta dan ada keringanan biaya pembuatan PT, syarat pendirian PT UMK atau PT perorangan tetap melibatkan modal dasar. Dengan adanya UU Cipta Kerja, pembuatan PT dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah yang bahkan tidak membutuhkan akta pendirian notaris .

Pengurusan Surat Izin Usaha

Pengurusan Surat Izin Usaha (SIU) merupakan langkah penting dalam menjalankan usaha perdagangan. Surat izin ini diperlukan sebagai bukti pengesahan untuk melaksanakan kegiatan usaha perdagangan. Pengurusan SIU telah mengalami kemajuan dengan adanya sistem Online Single Submission (OSS), yang memungkinkan pelaku usaha untuk melakukan pengurusan izin secara online.

Hal ini memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam mendirikan perusahaan, baik dalam bentuk CV, PT, maupun perseorangan. Dengan adanya sistem OSS, negara juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatannya secara signifikan. Pengurusan SIU juga berlaku untuk usaha budidaya ikan, di mana pemilik usaha harus memastikan bahwa kegiatan budidaya ikan mereka telah memenuhi persyaratan hukum yang berlaku, seperti yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

Pentingnya Pengurusan Surat Izin Usaha

Pengurusan SIU sangat penting karena merupakan bukti pengesahan untuk melaksanakan kegiatan usaha perdagangan. Dengan adanya SIU, pemilik usaha dapat memastikan bahwa kegiatan usaha yang mereka jalankan telah memenuhi persyaratan hukum yang berlaku.

Kemudahan Pengurusan OnlineDengan adanya sistem Online Single Submission (OSS), pengurusan SIU dapat dilakukan secara online, memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam mendirikan perusahaan.

Sistem OSS juga diharapkan dapat membantu negara meningkatkan pendapatannya secara signifikan. Pengurusan Surat Izin Usaha untuk Budidaya Ikan, pemilik usaha budidaya ikan juga harus memastikan bahwa kegiatan budidaya ikan mereka telah memenuhi persyaratan hukum yang berlaku. Seperti yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

Dengan demikian, pengurusan Surat Izin Usaha merupakan langkah yang tidak dapat diabaikan dalam menjalankan usaha perdagangan, termasuk dalam kegiatan budidaya ikan. Dengan adanya kemajuan teknologi, pengurusan SIU juga dapat dilakukan secara online melalui sistem OSS, memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam mendirikan perusahaan.

Pendaftaran Badan Hukum

Pendaftaran Badan Hukum adalah proses yang penting bagi setiap entitas bisnis yang ingin menjadi legal dan sah di mata hukum. Seperti sebuah benih yang ditanam dengan harapan akan tumbuh menjadi pohon yang kuat, pendaftaran badan hukum adalah langkah pertama dalam membangun fondasi yang kokoh untuk mengembangkan usaha.

Dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan, entitas bisnis dapat melindungi hak-haknya, menjaga reputasi, dan memperoleh kepastian hukum. Seperti matahari yang terbit di ufuk timur, pendaftaran badan hukum membawa harapan baru dan peluang yang tak terbatas bagi para pengusaha. Dengan dokumen-dokumen yang lengkap dan persyaratan yang terpenuhi, entitas bisnis siap untuk melangkah maju dan menghadapi tantangan yang ada di dunia bisnis yang kompleks.

Tempat Jasa Pembuatan dan Pendirian PT

Jika kamu mencari jasa pendirian PT yang bisa di percaya, pengerjaan cepat dan legalitas resmi silahkan menghubungi LealMax-id di nomor telepon 0821-2207-0161. Lokasi kantor mereka di Ruko Tanjung Mas Raya Blok B1/37, Jl. Tanjung Barat Raya, Tanjung Barat Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12530

Layanan Jasa Lainnya:

  • Jasa Pembuatan PT untuk Perorangan UMKM dan Perusahaan
  • Jasa Perizinan dan Pembuatan NIB OSS-RBA
  • Sewa Virtual Office (VO)
  • Jasa Pendirian CV
  • Pendirian Koperasi
  • Pendirian dan pembuatan Yayasan
  • Pendirian Perkumpulan ataupuin organisasi
  • Perubahan Akta & Perubahan Lain
  • Aneka Perjanjian Usaha atau Perusahaan
  • Pengurusan PKP
  • Pengurusan Izin dan Pendirian Badan Hukum Lainnya
  • Pembuatan Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Pembuatan Surat Izin Domisili
  • Pembuatan Surat Izin Tempat Usaha
  • Pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan
  • Pembuatan Surat Izin Lingkungan
  • Pembuatan Surat Izin Operasional
  • Pembuatan Surat Izin Investasi
  • Pembuatan Surat Izin Pajak
  • Tahapan Penyelesaian Pembuatan PT

Dengan demikian, jasa pembuatan PT perorangan hingga perusahaan dapat menjadi solusi yang tepat bagikamu yang ingin mendirikan perusahaan dengan proses yang lancar dan tanpa hambatan. 

Memiliki PT sendiri bukanlah hal yang sulit jika Kamu memiliki tim profesional yang siap membantu kamu melalui setiap langkahnya. Jadi, jika Kamu berminat untuk mendirikan PT, jangan ragu untuk menghubungi jasa buat PT dari LegalMax.

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *