Review

Etawanesia, Susu Kambing Etawa Terbaik Tahun 2024

seekor kambing yang diperas susunya lalu dimasukkan ke dalam ember dan produk etawanesia.

Di tengah beragamnya pilihan produk kesehatan yang beredar di pasaran, susu kambing Etawa muncul sebagai salah satu pilihan yang menarik perhatian. Dikenal dengan keunggulannya yang luar biasa dalam membantu menjaga dan meningkatkan kualitas kesehatan, susu kambing Etawa memang bukanlah barang baru di tengah masyarakat. Dalam artikel ini, kita akan membahas salah satu susu kambing etawa terbaik tahun 2024.

Ada satu nama yang belakangan ini semakin sering dibicarakan karena keunggulannya, yaitu Etawanesia. Sebagai susu kambing Etawa terbaik tahun 2024, Etawanesia menawarkan lebih dari sekedar nutrisi, ia menawarkan solusi kesehatan. 

Susu Kambing Etawa, Jadi Minuman Sehari-hari Keluarga 

keluarga yang sedang minum susu kambing

Adik bungsu saya, namanya Abid, pernah mengalami kondisi di mana ia kurang nafsu makan sehingga badannya menyusut. Waktu itu, umurnya baru 3 tahun.

Beberapa kali dibawa ke rumah sakit, dengan segala vitamin yang dikonsumsi untuk meningkatkan nafsu makan, namun tetap saja tidak mempan. Konsumsi susu formula selama beberapa minggu pun tidak ada perubahan.

Waktu itu, adik saya mulai sering sakit-sakitan. Bolak-balik rumah sakit, bahkan, sempat ingin dioperasi. Saya kurang tahu apakah ini ada hubungannya dengan kekurangan nafsu makan yang dialami adik saya atau tidak. Tapi yang jelas, Ayah saya sama sekali tidak ingin adik saya dioperasi. Pasti ada cara lain, kata Ayah saya.

Suatu waktu, Ayah saya berbincang dengan seorang teman. Temannya ini kebetulan berdagang obat-obatan herbal. Teman Ayah saya bilang, “coba dikasih minum susu kambing etawa”. Katanya, susu kambing memiliki tekstur yang lebih halus dan lebih mudah dicerna dibandingkan susu sapi. Ini karena susu kambing memiliki kandungan kasein yang lebih rendah, yaitu protein yang sulit dicerna oleh beberapa orang termasuk anak-anak.

Akhirnya, Ayah saya membeli susu kambing dan alhamdulillah adik saya suka. Setelah rutin minum susu kambing setiap hari, badan adik saya perlahan-lahan mulai berisi. Jujur, saya takjub melihat perubahan adik saya. Dulu, badannya beneran kecil dan enteng banget. Setelah minum sekitar 3 sampai 4 bulan, adik saya sudah mulai membaik. Bahkan, ia sudah tidak sakit-sakitan lagi.

Kondisi adikku sebelum dan setelah minum susu kambing
Kondisi badan adikku sebelum dan sesudah minum susu kambing.

Sekarang, susu kambing etawa ini bukan cuma adik saya yang minum, tetapi seluruh keluarga juga minum, termasuk saya. Ya, walaupun agak mahal dibanding susu sapi, tapi demi kesehatan kenapa tidak. 

Jadi, apa saja manfaat susu kambing etawa? 

Manfaat Susu Kambing Etawa Terbaik Tahun 2024

Susu kambing bisa kamu minum setiap hari layaknya susu biasa. Kandungan gizinya juga sama dengan susu sapi, sama-sama kaya protein, lemak, kalsium, dan vitamin D. Namun, penelitian menunjukkan bahwa susu kambing lebih baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan daripada susu sapi.

Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Melindungi Kesehatan Jantung

Kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Nah, susu kambing tampaknya lebih baik dalam mengontrol kolesterol dibanding susu sapi. Studi menemukan bahwa meminum susu kambing dapat meningkatkan pengeluaran kolesterol dari tubuh, sehingga tidak menumpuk di dalam darah. Artinya, susu kambing berpotensi membantu menurunkan kolesterol.

Tekanan darah tinggi juga meningkatkan risiko penyakit jantung. Susu kambing dapat membantu menurunkan tekanan darah. Jenis kasein (protein) dalam susu kambing menghasilkan peptida yang berfungsi mirip obat penurun tekanan darah, membantu merelaksasi pembuluh darah. 

Selain itu, rasio asam lemak omega 6 dan omega 3 dalam susu kambing pas untuk mencegah penyakit jantung. Susu kambing juga mengandung antioksidan yang melawan kerusakan sel akibat radikal bebas, sehingga semakin melindungi jantungmu.

2. Mendukung Kesehatan Tulang

Kamu mungkin tahu susu sapi sebagai sumber kalsium utama untuk kesehatan tulang. Tapi, susu kambing merupakan pilihan bagus lainnya untuk menunjang kesehatan tulangmu. Susu ini mengandung beberapa nutrisi penting untuk tulang: kalsium, vitamin D, dan fosfor.

Menurut National Library of Medicine, satu gelas susu kambing menyediakan 25% kebutuhan kalsium harianmu. Mineral ini membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang, mencegah cedera dan osteoporosis (tulang rapuh). Vitamin D juga penting untuk penyerapan kalsium – satu gelas susu kambing yang kaya vitamin D mengandung 15% kebutuhan harianmu. Lalu, fosfor juga vital untuk struktur tulang dan gigi. Satu gelas susu kambing mengandung 22% dari kebutuhan harian fosfor.

3. Lebih Mudah Dicerna

Apakah kamu sulit mencerna susu sapi? Susu kambing mungkin bisa jadi alternatif yang lebih cocok. Memang, susu kambing juga mengandung laktosa, dan tidak cocok bagi mereka yang intoleran terhadap laktosa. Namun, susu kambing memiliki persentase asam lemak rantai pendek dan sedang yang lebih tinggi daripada susu sapi. Jenis lemak ini mudah kita cerna lebih cepat daripada yang berantai panjang. Selain itu, susu kambing mempunyai butiran lemak lebih kecil, sehingga semakin meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencernanya.

Sifat-sifat ini membuat susu kambing bermanfaat bagi orang dengan gangguan penyerapan, seperti batu empedu, fibrosis kistik, atau kondisi lain yang menghalangi penyerapan lemak. Kandungan di dalam susu kambing juga membantu menjaga mikrobioma usus yang sehat.

4. Banyak Nutrisi dalam Susu Kambing

Kandungan protein dan laktosa dalam susu kambing mirip dengan susu sapi. Sama seperti susu sapi, susu kambing juga menjadi sumber kalsium dan vitamin D yang baik (asalkan memilih jenis yang difortifikasi dengan vitamin D). Setiap 240 ml susu kambing mengandung:

  • Kalori: 168
  • Lemak: 10 gram
  • Sodium: 122 miligram
  • Karbohidrat: 11 gram
  • Protein: 9 gram
  • Potasium: 498 miligram (11% kebutuhan harian)
  • Fosfor: 271 miligram (22% kebutuhan harian)
  • Kalsium: 327 miligram (25% kebutuhan harian)
  • Vitamin A: 139 mikrogram (15% kebutuhan harian)
  • Vitamin D: 3.2 mikrogram (15% kebutuhan harian)

BACA JUGA: Sistem Pangan Berkelanjutan: Menjaga Bumi Lewat Makanan yang Kita Konsumsi

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Beli Susu Kambing

Saat ini banyak jenis susu nabati – almond, oat, kedelai, kacang mete – sebagai alternatif selain susu sapi dan kambing. Masing-masing punya kandungan gizi yang berbeda. Jika dibandingkan dengan susu nabati, susu kambing jauh lebih tinggi protein.

Saat membeli susu kambing, pastikan memilih yang sudah dipasteurisasi (dipanaskan untuk membunuh bakteri). Susu kambing mentah berisiko karena bisa saja mengandung patogen berbahaya. Untuk itu, U.S Food & Drug Administration (FDA) merekomendasikan untuk memilih yang sudah dipasteurisasi.

Terakhir, kalau kamu alergi susu sapi, berhati-hatilah dengan susu kambing. Ada kemungkinan kamu juga bisa bereaksi terhadap protein pada susu kambing. Menurut penelitian, lebih dari 90% orang yang alergi terhadap protein susu sapi juga bereaksi terhadap protein yang ditemukan dalam susu kambing.

Di sisi lain, sebuah penelitian baru-baru ini juga menemukan bahwa kasein dalam susu kambing, yang berbeda dengan yang ditemukan dalam susu sapi, mungkin tidak menyebabkan alergi. Meski begitu, tetap penting untuk berhati-hati jika kamu memiliki alergi susu.

Rekomendasi Susu Kambing Etawa Terbaik Tahun 2024

Susu etawa merk apa yang paling bagus? Nah, ada salah satu susu kambing etawa murni yang ingin saya rekomendasikan, yaitu Etawanesia. Dari sekian banyak pilihan, Etawanesia mendominasi sebagai susu kambing etawa terbaik tahun 2024. 

Keunikan Etawanesia terletak pada kombinasi dua formula terbaiknya; Susu Kambing Etawa Premium dan Ekstrak Daun Kelor. 

Manfaat Kesehatan Ekstrak Daun Kelor

Ekstrak daun kelor bisa membantu mengatasi beberapa gangguan pencernaan, contohnya:

  1. Kandungan seratnya baik untuk kesehatan sistem pencernaan dan mungkin mencegah kanker usus.
  2. Daun kelor menunjukkan efek pencahar alami, bisa jadi pilihan untuk mengatasi sembelit.
  3. Belum ada penelitian tentang manfaat susu kambing untuk gerd. Namun, dengan keberadaan ekstrak daun kelor, menjadikan Etawanesia cocok untuk penderita gerd atau maag. Karena, dalam satu studi menyebutkan daun kelor dapat mengurangi keasaman lambung sekitar 85%, jadi kemungkinan bermanfaat untuk mencegah gerd.
  4. Sifat antibiotik dan antibakteri pada daun kelor membantu mencegah pertumbuhan patogen penyebab infeksi.
  5. Ekstrak daun kelor juga bisa membantu mencegah penyakit radang usus, efek anti-radangnya melindungi sistem cerna dari kerusakan.

Nah, kombinasi antara ekstrak daun kelor dan susu kambing etawa premium ini tidak hanya meningkatkan nilai nutrisi dari susu kambing itu sendiri tapi juga menambah manfaat ekstra dari daun kelor yang kaya akan vitamin dan mineral.

Mengapa Memilih Etawanesia?

Ada alasan mengapa Etawanesia menjadi salah satu susu kambing terbaik di Indonesia. Selain beberapa manfaat di atas, ada beberapa manfaat lainnya ketika kamu memilih Etawanesia. Berikut ini beberapa manfaatnya:

1. Mengatasi Masalah Pernapasan

Sebagai susu kambing terbaik tahun 2024, Etawanesia efektif dalam membantu mengatasi berbagai masalah pernapasan, seperti sesak nafas hingga TBC, berkat kombinasi unik susu kambing Etawa dan ekstrak daun kelor.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol 

Susu kambing etawa terbaik ini juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang jika dibiarkan tinggi dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung.

3. Mengatasi Nyeri Tulang dan Sendi

Dengan kandungan kalsium yang tinggi, Etawanesia membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mengatasi nyeri tulang serta sendi.

4. Melancarkan Pencernaan

Susu kambing terkenal dengan kemudahannya untuk dicerna, dan Etawanesia menambahkan manfaat ini dengan membantu melancarkan sistem pencernaan sekaligus menurunkan kadar gula darah.

5. Menurunkan Kadar Asam Urat

Bagi penderita asam urat, Etawanesia menawarkan solusi alami untuk membantu menurunkan kadar asam urat, memberikan kenyamanan dan kebebasan bergerak.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Terakhir, mengonsumsi Etawanesia secara rutin dapat menjaga daya tahan tubuh keluarga secara aman, nikmat, dan alami.

Cara Terbaik Minum Susu Kambing Etawanesia

Susu kambing kaya akan vitamin dan mineral, dan juga dikenal sebagai minuman fungsional dan menyehatkan. Kamu bisa langsung minum susu kambing begitu saja. Atau, kamu juga bisa mengganti susu sapi biasa dengan susu kambing untuk membuat resep-resep lezat seperti teh, kopi, dan kue.

Meski begitu, penting untuk kamu berkonsultasi dengan dokter sebelum meminum susu kambing.

Konsultasi ke dokter itu wajib sebelum kamu mengonsumsi susu kambing dalam jumlah banyak atau suplemen herbal apapun. Jangan berhenti atau mengganti pengobatan medis yang sedang kamu jalani dengan ramuan Ayurveda/herbal tanpa konsultasi dengan dokter.

🔔 Panduan Konsumsi ETAWANESIA / ETAWA BIRU:

  • Untuk Pengobatan Penyakit: Dianjurkan minum susu etawanesia sebanyak 3 kali per hari.
  • Untuk Dewasa: Campurkan 3 sendok makan susu etawanesia dengan air hangat sekitar +- 150 cc (3 kali sehari).
  • Untuk Anak di atas 1 Tahun: Campurkan 2 sendok makan susu etawanesia dengan air hangat sekitar +- 150 cc air (2 kali sehari).

Etawanesia cocok untuk ibu yang sedang menyusui. Biarkan etawanesia menjadi pilihan minuman sehat alami bagi keluarga untuk menjalani hidup yang lebih berkualitas, dengan mengonsumsinya secara teratur dan merasakan perbedaannya.

Etawanesia, dengan segala manfaat dan keunikan formulanya, memang layak diakui sebagai susu kambing Etawa terbaik tahun 2024. Bukan hanya karena kualitas produk yang tinggi, tapi juga karena komitmennya untuk memberikan solusi kesehatan yang alami tanpa efek samping. Apalagi karena sudah terdaftar BPOM. Jadi, tidak perlu khawatir dengan keamanannya. 

Bagi kamu yang mencari alternatif produk kesehatan yang lezat sekaligus menyehatkan, Etawanesia bisa menjadi jawaban. Harganya Rp85.000 per box dan dapat kamu beli di berbagai e-commerce kesayangan kamu!

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

15 Komentar

  1. Susu kambing lebih cair atau encer dari susu sapi, saat ini ada yang dijual dalam bentuk bubuk sachet kecil untuk diseduh seukuran 1 gelas 200 cc.

  2. Manfaat dari susu kambing etawa ini lumayan banyak juga, ya. Sayangnya banyak orang yang masih enggan mengonsumsinya karena takut dengan bau prengusnya, padahal demi untuk kesehatan tubuh kita yang sangat bagus, susu kambing etawa ini sangat baik dan recommended untuk diminum

  3. Nutrisi dalam kandungan susu kambing sudah tidak diragukan lagi. Senangnya ini tidak bau prengus, praktis dan mudah menyajikannya ya. Alhamdulillah semoga sehat selalu dengan perantaraan susu kambing ini

  4. Joko Yugiyanto menulis:

    susu enak dan bisa jadi pilihan terbaik untuk nutrisi seluruh anggota keluarga, rasa enak kualitas tetap yg terbaik

  5. Nice info nih, ternyata susu kambing punya banyak khasiat ya..

  6. susu kambing etawa memang sekarang jadi pilihan ya untuk kesehatan, secara banyak sekali manfaatnya dan bagusnya lagi cocok hampir semua usia ya.
    lihat before after Adiknya setelah minum susu kambing etawa jadi ingin cobain ke dua anakku ini nih.

  7. Ternyata lebih mihil dari sufor yang dari protein sapi tapi manfaatnya bagus ya? Aku mau coba juga deh buat minum sekeluarga khususnya buat anak2 biar badannya sehat dan jadi lebih berisi hehe.

  8. Waw, banyak juga manfaat susu kambing etawa ini. Buat yang gak suka susu mungkin bisa diolah menjadi makanan atau apa gitu kali ya

  9. Banyak ya manfaat susu kambing etawa ini. Aku sendiri belom pernah sekalipun konsumsi. Tahu manfaatnya lebih bagus daripada susu sapi, jadi kepengen nyoba deh. Nyari ah susu kambing etawa yang ini. Siapa tahu jadi suka.

  10. Banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh ya kak .jadi tertarik kepingin konsumsi lagi dulu sempat cuma berhenti..

  11. Susu kambing etawa emang sebagus itu yaahhh, beneran kaya manfaat dan yang paling penting adalah cocok untuk semua kalangan.

  12. Susu kambing etawa ini banyak banget manfaatnya ya kak, aku jadi pengen cobain nih

  13. Rahmah menulis:

    Susu kambing memang sangat membantu proses mengembalikan fungsi sendi karena mengandung protein baik

  14. Sering banget dapet insigjt manfaatnya susu kambing etawa ini..
    Segambreng benefitnya buat kesehatan.. mantap kudu nyoba ya..

  15. Sepertinya susu ini sangat cocok untuk saya yang lagi usaha untuk bulking. Protein dan nutrisinya bisa bantu percepat pertumbuhan daging agar badan lebih berisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *