Review

ASUS ROG Phone 8 Series, Wujudkan Mimpi Adikku Jadi Pro Player

Sedikit cerita…

Adikku, Imam, suka sekali bermain game. Dia menghabiskan hampir seluruh waktunya bermain game di smartphone. Dia selalu bermimpi untuk menjadi pro player dan mengharumkan nama bangsa di kancah internasional.

Sebagai kakaknya, saya selalu mendukung mimpinya. 

Hari itu, saya melihat adikku termenung di depan layar smartphone-nya. Wajahnya tampak kecewa. Katanya, dia kalah lagi. Hp-nya lag saat bermain game, jadi dia tidak bisa fokus. 

Saya seringkali menganggap remeh kekecawaan Adikku. Saya cuma bilang, “Main game aja kok segitunya.”

Lambat laun, saya mengerti kekecewaan Imam. Menjadi seorang gamer, memiliki smartphone yang mumpuni adalah hal yang sangat penting. Ponsel yang lag atau memiliki performa yang buruk dapat menghambat performa gaming dan tentu membuat frustrasi.

Saya teringat dengan peluncuran ASUS ROG Phone 8 Series baru-baru ini. Saya yakin, smartphone ini cocok untuk Imam. ROG Phone 8 dirancang khusus untuk para gamer dengan berbagai fitur canggih yang dapat meningkatkan performa gaming.

Saya ingin sekali memberi tahu Imam tentang ROG Phone ini. Tapi… saya lalu berpikir. Apakah dengan memiliki ROG Phone ini akan mengganggu aktivitas belajar adikku? Mengingat pelajaran di sekolah juga menjadi prioritas. 

Saya termenung sejenak, menimbang pro dan kontra. Di satu sisi, saya ingin mendukung mimpi Adikku untuk menjadi pro player. Di sisi lain, saya tidak ingin pelajarannya di sekolah terbengkalai.

Singkat cerita, saya akhirnya memutuskan untuk memberitahu tentang ROG Phone ini tetapi dengan satu syarat. Ia harus menyeimbangkan antara sekolah dan melakukan hobinya bermain game. Mau tidak mau, Imam pun akhirnya setuju.

Mengapa ASUS ROG Phone 8 Series?

Sejujurnya, ada banyak ponsel gaming yang beredar di pasaran. Tapi, seri ASUS ROG Phone 8 ini punya daya tarik tersendiri di mata saya. Saya bukan gamer, tapi melihat desain, spesifikasi, dan fiturnya, saya kok yakin kalau ponsel ini bukan sekadar ponsel gaming biasa. 

Saya selalu merasa kagum dengan betapa jauhnya perjalanan teknologi telah membawa kita. Dulu, ponsel hanya untuk panggilan dan pesan singkat Sekarang, mereka adalah mesin gaming canggih yang membawa pengalaman gaming konsol ke dalam genggaman kita. 

Tak perlu berlama-lama, mari kita bahas mobile gaming satu ini!

Desain Ramping dan Ringan

Tidak butuh waktu lama sebelum saya melihat gambar pertama ASUS ROG Phone 8 Series. Desainnya memukau! Lebih ramping, lebih ringan, dan bezel yang lebih tipis. Saya hampir tidak percaya bahwa ini adalah ponsel gaming. Soalnya, kelihatannya sangat elegan dan modern, seperti yang saya harapkan dari ponsel premium, bukan hanya ponsel gaming biasa.

Desain baru ini tidak hanya soal penampilannya. Saya menyadari bahwa ROG Phone 8 telah dipertajam, diperkecil, tanpa mengorbankan performa. Itu yang membuatnya menjadi ponsel yang sempurna untuk melengkapi gaya hidup seorang gamer. Tidak hanya itu, ponsel ini juga tampaknya menawarkan daya tahan yang kuat, sesuatu yang sangat penting bagi gamer yang sering bermain game berjam-jam.

Saya sering sekali menemukan ponsel gaming yang berat dan canggung. Tapi, ROG Phone 8 ini mematahkan ekspektasi saya bertahun-tahun. Dengan desainnya yang ramping dan ringan, pasti bakal bikin para gamer nyaman untuk bermain dalam jangka waktu yang lama. 

Namun, yang bikin saya makin terkesan adalah adalah bagaimana ROG Phone 8 tidak hanya fokus pada gaming. ASUS menyadari bahwa para pengguna ponsel ini, mencari lebih dari sekadar bermain game. Para gamer tidak hanya dilihat sebagai seorang pemain game, tetapi juga sebagai individu yang memiliki minat dan kebutuhan lain di luar bermain game. Jadi, cocok dimiliki oleh siapapun. 

Performa Tak Tertandingi

Performa yang tak tertandingi menjadi inti dari seri ROG Phone 8. Ditenagai oleh Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang tangguh, didukung oleh RAM LPDDR5X 8533 Mbps, dan penyimpanan UFS 4.0, ponsel ini menawarkan kinerja yang luar biasa. Bagi saya, hal ini sangat menarik,terutama bagi yang suka bermain game dalam sesi yang panjang.

Rapid-Cooling Conductor
Rapid-Cooling Conductor

ROG Phone 8 juga dilengkapi dengan desain termal GameCool 8 yang canggih, termasuk Rapid-Cooling Conductor yang mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang. Ini berarti para gamer dapat bermain game tanpa khawatir akan panas berlebih.

Apalagi, ROG Phone 8 juga dilengkapi dengan pendingin clip-on AeroActive Cooler X terbaru. Meskipun lebih kecil dari pendahulunya, pendingin ini lebih efisien secara termal, mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C. 

Selain performa yang luar biasa, ROG Phone 8 juga menawarkan keandalan yang tinggi. Ini adalah smartphone gaming pertama di dunia yang memenuhi standar IP68, sehingga tahan terhadap debu dan air. Saya merasa lega karena tidak perlu khawatir saat menggunakan ponsel di berbagai situasi, bahkan di tempat-tempat yang berdebu atau lembap.

Tampilan yang Memukau

Tidak hanya performa yang diunggulkan, ASUS ROG Phone 8 series juga menawarkan tampilan yang luar biasa. ROG Phone 8 Pro dilengkapi dengan panel AMOLED fleksibel 6,78 inci terbaru yang mendukung kecepatan refresh adaptif menggunakan teknologi LTPO. 

Hal ini memungkinkan sistem untuk menyesuaikan kecepatan refresh secara otomatis, mengurangi konsumsi daya sesuai dengan tugas yang sedang dilakukan. Saya juga senang dengan kecerahan layar yang ditingkatkan menjadi 2500 nits, sehingga saya bisa menggunakan ponsel ini bahkan di bawah sinar matahari tanpa masalah.

Tidak hanya itu, ROG Phone 8 juga menawarkan kecepatan sampling sentuh hingga 720 Hz untuk respons instan yang mengagumkan. Kolaborasi dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks® juga membuat visual pada layar menjadi lebih akurat, menjadikannya tampilan yang tak tertandingi. Semua fitur ini membuat pengalaman bermain game atau menonton konten multimedia menjadi lebih menyenangkan dan imersif bagi penggun

AI Kamera Tingkat Pro

Lens Macro

Oke, mari kita bahasa dari segi kamera. Memiliki seri ROG Phone 8 ini, saya membayangkan seperti memiliki studio fotografi di saku saya, berkat kecanggihan sistem tri-kamera dari seri ROG Phone 8. Fitur-fitur canggih ini memungkinkan para gamer ataupun kreator, untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan dalam fotografi.

Kamera utama dengan sensor gambar Sony 50 MP terbaru menghasilkan gambar yang jernih dan tajam. Lensa sudut lebar 24 mm memungkinkan kita mengabadikan momen di jalanan yang dinamis, sedangkan mode zoom 2X mengubahnya menjadi lensa serbaguna 50 mm, ideal untuk foto potret dan makanan.

Tidak hanya itu, seri ROG Phone 8 juga dilengkapi dengan lensa telefoto 3X untuk pertama kalinya. Dengan fitur OIS internal, kita bisa mendapatkan hasil yang jernih bahkan dalam kondisi minim cahaya. Dan ketika kita ingin memotret objek yang jauh, lensa telefoto ini benar-benar membantu.

Kamera ultrawide 13 MP juga tak kalah menakjubkan. Dengan lensa free-form dan algoritme canggih, distorsi lensa dihilangkan sehingga kita bisa mendapatkan gambar yang memukau namun tetap terlihat natural.

Seri ROG Phone 8 juga menawarkan kamera swafoto ultrawide 32 MP yang sempurna untuk swafoto grup. Dengan Field of View (FoV) yang ditingkatkan menjadi 90°, kita tidak perlu khawatir tentang siapa yang tertinggal di dalam foto. Sensor RGBW pada kamera swafoto ini juga memastikan gambar yang bersih dengan noise yang minimal, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Seri ROG Phone 8 juga memungkinkan kita merekam video dengan kualitas yang luar biasa. Dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, video menjadi lebih mulus dan bebas guncangan, bahkan saat sedang dalam perjalanan. Teknologi ASUS HyperClarity juga mempertahankan setiap detail dalam foto dengan menggunakan file RAW, sehingga memberikan gambar yang lebih jelas bahkan saat saya memperbesar hingga 30X.

Kemampuan teknologi OZO Audio juga memberi kita pilihan untuk menghilangkan suara angin saat merekam di luar ruangan, atau menangkap audio 3D Surround dengan ketepatan tinggi. Semua fitur ini membuat pengalaman fotografi dan videografi kitamencapai tingkat yang lebih tinggi, memberikan hasil yang luar biasa setiap saat.

Fitur AI ROG Phone 8 Series

Dalam seri ROG Phone 8, fitur AI telah disempurnakan untuk membawa pengalaman bermain game ke level yang lebih tinggi. Ada empat fitur yang ramah bagi para gamer, yang membuat perangkat ini sangat diperlukan bagi para gamer sejati.

AI Pattern Recognition

X Capture serta X Sense 2.0 sekarang mendukung lebih banyak game terbaru berkat teknologi AI Pattern Recognition.

Fitur X Capture dan X Sense

Ada X Capture yang memungkinkan kita menangkap momen penting dengan cepat dan mudah. Ini sangat berguna ketika kita  mau merekam momen epik dalam permainan. 

Kemudian, ada X Sense yang memberikan tips dan bantuan saat kita membutuhkannya dalam permainan. 

Fitur AI Grabber

Selain itu, ada juga AI Grabber yang intuitif untuk menangkap teks. Kini, AI Grabber bahkan dapat mengambil teks langsung dari permainan menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition. 

AI Grabber

Saya juga senang dengan AI Wallpaper yang bisa membuat wallpaper yang tampak menakjubkan menggunakan teknologi Stable Diffusion. Bayangkan, betapa canggihnya ponsel ini.

Fitur AI Semantic Search

Fitur lain yang didukung AI termasuk Semantic Search yang memungkinkan kita menggunakan bahasa alami di Galeri, Launcher, dan Pengaturan.

Fitur AI Noise-cancellation

Yang tak kalah pentingnya, teknologi AI noise-cancellation juga sangat membantu dalam menjaga suara menjadi jernih dan jelas. Ini sangat berguna dalam panggilan suara, panggilan video, dan komunikasi dalam permainan, di mana kebisingan dapat mengganggu konsentrasi kita.

Dengan fitur-fitur AI yang disempurnakan ini, seri ROG Phone 8 tidak hanya menjadi ponsel gaming biasa, tetapi juga menjadi mitra setia bagi para gamer yang ingin menjelajahi dunia permainan dengan lebih dalam dan lebih nyaman.

Fitur AniMe Vision

Dalam seri ROG Phone 8 terbaru, saya menemukan elemen yang benar-benar unik yang memungkinkan saya untuk mengekspresikan kepribadian dan kreativitas saya. Salah satunya adalah logo Aura RGB Lighting yang bisa kita sesuaikan sendiri, memberi sentuhan personal pada ponsel ini.

Namun, hal yang paling menarik adalah fitur AniMe Vision pada ROG Phone 8 Pro / Pro Edition. Ini adalah layar Mini-LED yang terdiri dari 341 elemen, dan kita bisa menggunakan layar ini untuk menampilkan animasi yang sudah ada atau bahkan membuat animasi sendiri. 

Fitur AniMe Vision Light Macro

Tidak hanya itu, kita juga bisa loh membuka animasi rahasia dengan cara yang seru, yaitu dengan menempelkan punggung kedua ponsel bersama-sama. Ini memberikan pengalaman yang benar-benar unik dan menyenangkan bagi pengguna ROG Phone 8 Pro / Pro Edition.

Spesifikasi ROG Phone 8 Series

163.8 x 76.8 x 8.9mm / 225g

ROG Phone 8 Pro Edition & Pro: Phantom Black

ROG Phone 8: Rebel Grey & Phantom Black

Main: 50 MP 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, 1/1.56”, f/1.9

Wide: 13 MP, f/2.2, Free-form Lens

Tele: 32 MP, f/2.4, OIS, 3X optical zoom, pixel binning 1.4μm(Actual output photo: 8 MP)

32 MP RGBW,pixel binning 1.4 μm(Actual output photo: 8 MP)

6.78” flexible AMOLED, FHD+, up to 165 Hz refresh rate, LTPO 1~1 20 Hz, peak brightness 2500 nits

5,500 mAh (typical), Wired 65 W HyperCharge, Wireless 15 W Qi-certified charging

12 GB + 256 GB / 16 GB +512 GB / 24 GB +1 TB

5G SA&NSA: n1 / n2 / n3 / n5 / n7 / n8 / n12 / n18 / n20 / n25 / n26 / n28 / n38 / n40 / n41 / n48 / n66 / n77 / n78 / n79

4G FDD-LTE: B1 / B2 / B3 / B4 / B5 / B7 / B8 / B12 / B17 / B18 / B19 / B20 / B25 / B26 / B28 / B32 / B66

4G TDD-LTE: B34 / B38 / B39 / B40 / B41 / B42 / B43 / B48

WCDMA: 850 / 900 / 1700 / 1800 / 1900 / 2100MHz

GSM: 850 / 900 / 1800 / 1900MHz

Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light sensor, Fingerprint on Display, Gyro (supports ARCore), AirTrigger, WiFi 7 ready, Bluetooth® 5.3, GPS / GNSS / GLONASS / Galileo / Beidou / QZSS / NavIC, 3.5 mm headset, NFC

Harga dan Ketersediaan ROG Phone 8

  • ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black – Rp10.999.000
  • ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey – Rp10.999.000
  • ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black – Rp14.999.000
  • ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black – Rp19.999.000

Promo ROG Phone 8

First Sale Promo :
Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.
Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store.
Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.


Consumer Launch Sales Promo :
Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Mar hingga 23 Mar 2024.

Gimana? Kamu juga tertarik mau beli mobile gaming ini? 

Gak kebayang bakal sesenang apa adikku punya hp gaming sebagus ini!

*) Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien.

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *