Article Ramadhan

7 Tips Berpuasa di Bulan Ramadan Agar Tetap Produktif

Siapa yang sulit menahan rasa lapar saat berpuasa? Bagi yang sudah terbiasa, cara menahan lapar saat berpuasa bukan lagi hal yang sulit. Namun, bagi pemula, pasti sering sekali merasa lapar ketika berpuasa, terutama di bulan ramadan. Nah, kali ini aku mau bagi tips berpuasa di bulan Ramadan agar kamu tetap produktif.

Kelaparan seharusnya tidak membuat puasa menjadi sulit. Reaksi kamu terhadap rasa laparlah yang membuatnya sulit. Jika kamu sedang merasa lapar dan langsung kepikiran untuk cari makan, ada baiknya kamu bertanya pada diri sendiri: “Apakah kamu mengendalikan laparmu, ataukah laparmu yang mengendalikan kamu?”

Apabila kita mengendalikan rasa lapar, kita bisa lebih kuat berpuasa. Jadi, aspek paling penting dari mengendalikan lapar adalah menerimanya. Sebelum mulai berpuasa, niatkan terlebih dahulu bahwa ketika rasa lapar muncul, itu tidak ada apa-apanya. 

7 Tips Berpuasa di Bulan Ramadan

Jangan pernah mencoba membatalkan puasa hanya karena rasa lapar yang menghadang. Puasa dan makan itu bagaikan sepasang yin dan yang. Tubuh manusia membutuhkan keseimbangan antara keduanya untuk kesehatan optimal. Kebanyakan orang jelas menderita entah karena makan terlalu banyak atau makan terlalu sedikit, sehingga ia tidak sanggup berpuasa. 

Bagaimana cara agar kuat berpuasa? Simak artikel berikut ini!

1. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Metode paling sederhana, mudah, dan sehat untuk menghindari lapar saat berpuasa adalah dengan meminum jumlah cairan yang cukup, terutama air. 

Seringkali, lapar sebenarnya adalah tanda haus – jadi kamu harus minum air. Minum air bersih dan sehat akan menjadi senjata nomor satu kamu untuk melawan lapar.

Jumlah air yang direkomendasikan adalah delapan gelas (atau 64 ons) per hari. Lebih banyak minum, lebih bagus lagi. 

2. Sibukkan Diri dengan Pekerjaan Rumah Tangga atau Kantor

Cara lain untuk mengalihkan pikiranmu dari lapar adalah dengan melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga atau aktivitas fisik.

Pekerjaan rumah tangga, seperti membersihkan, atau berkebun membuatmu fokus pada sesuatu selain lapar serta membantu menjaga rumah yang lebih bersih dan teratur serta taman yang rapi. 

Kamu juga bisa coba untuk berkebun, seperti menanam kangkung, tomat, cabai. Selain sehat, bermanfaat dan tentu tidak perlu repot membeli lagi. 

Selain itu, sibukkan diri untuk melakukan beberapa tugas terkait pekerjaan, seperti menyelesaikan laporan, tugas-tugas sekolah, dan lain-lain.

3. Makanlah Makanan yang Kaya Lemak Sehat dan Protein

Makanan yang kamu konsumsi sebelum memulai periode puasa dapat memengaruhi seberapa lama kamu bisa bertahan tanpa makanan selama puasa. 

Cara puasa yang baik untuk kesehatan adalah dengan memilih makanan yang kaya akan lemak sehat dan protein. Ini untuk memberikan energi yang tahan lama dan menjaga perutmu kenyang lebih lama. Misalnya, ayam, daging, ikan, telur, tempe atau tahu.

4. Sibukkan Pikiran dengan Hobi 

Bagaimana cara berpuasa yang benar? Saat merasa lapar, cobalah untuk teralihkan perhatianmu dengan melakukan hobi atau aktivitas yang menyenangkan.

Banyak orang menemukan bahwa saat mereka sibuk dengan sesuatu yang mereka sukai, mereka tidak lagi terganggu oleh rasa lapar. Misalnya, bermain musik, menulis jurnal, bernyanyi, dan lain sebagainya.

5. Niatkan Berpuasa untuk Beribadah kepada Allah

Jika kamu merasa putus asa atau frustasi karena rasa lapar, ingatlah kembali alasan mengapa kamu memulai puasa. Fokus pada tujuanmu bahwa kamu berpuasa semata-mata untuk beribadah. 

Selain itu, ingatlah bahwa rasa lapar itu sementara, tetapi manfaat puasa untuk kesehatan jangka panjangnya jauh lebih berharga.

6. Ubah Kebiasaan Tidur Larut Malam 

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting selama puasa. Kurang tidur dapat meningkatkan produksi hormon lapar dan membuatmu lebih rentan terhadap godaan untuk makan. Usahakan untuk tidur lebih awal dan pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup setiap malam.

7. Melakukan Olahraga Ringan 

Terakhir, tetapi tidak kalah pentingnya, cobalah untuk tetap aktif berolahraga selama periode puasa. Latihan ringan seperti berjalan kaki atau peregangan dapat membantu mengalihkan perhatian dari rasa lapar dan menjaga energi tubuh tetap stabil.

Tapi jangan melakukan olahraga berat seperti kardio saat berpuasa, ya. Karena jenis olahraga ini membutuhkan banyak bahan bakar atau energi.

Meskipun puasa dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatanmu, penting untuk diingat bahwa setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Jika kamu merasa tidak nyaman atau mengalami masalah kesehatan selama puasa, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional medis atau ahli gizi untuk saran yang tepat.

Mengendalikan lapar selama puasa bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan strategi yang tepat, kamu bisa menghadapinya dengan percaya diri. Ingatlah bahwa lapar hanyalah sementara, dan kesabaran serta disiplin akan membantu kamu melewati masa-masa sulit ini. 

Itulah beberapa tips berpuasa di bulan Ramadan. Dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi, aktif secara fisik, dan fokus pada kegiatan yang bermanfaat, kamu dapat mengatasi rasa lapar dan tetap produktif selama periode puasamu.

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *