Article Ramadhan

Tips Memilih Makanan Sehat untuk Sahur dan Buka Puasa

Puasa bukan berarti harus menyiksa diri dengan rasa lapar dan haus. Justru, ini adalah momen untuk membersihkan tubuh dan meningkatkan kesehatan. Tapi, kuncinya ada pada memilih makanan sehat untuk sahur dan buka puasa.

Saat bulan Ramadan tiba, aktivitas berpuasa menjadi bagian penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Ini adalah bulan yang penuh berkah, di mana kita berpuasa dimulai sejak terbit fajar hingga terbenam matahari. 

Namun, menjaga pola makan yang sehat selama bulan Ramadan bisa menjadi tantangan tersendiri, lho. Sahur dan berbuka adalah dua waktu yang penting banget dalam menjaga keseimbangan nutrisi tubuh. 

Nah, kali ini, aku bakal berbagi beberapa tips sederhana tentang bagaimana kita memilih makanan yang sehat untuk sahur dan berbuka.

Cara Memilih Menu Sahur Sehat

Sahur adalah waktu untuk menyiapkan tubuh kita agar siap menghadapi puasa sepanjang hari. Memilih makanan yang tepat untuk sahur bisa membantu kita menjaga energi dan menjauhkan dari rasa lapar yang berlebihan selama puasa.

Berikut adalah beberapa tips sahur agar kuat puasa:

1. Karbohidrat Kompleks

Pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, roti gandum, atau kentang untuk energi yang tahan lama. Hindari nasi putih karena cepat dicerna dan membuatmu mudah lapar.

2. Protein

Protein membantu membangun dan memelihara otot. Pilih telur, ikan, ayam tanpa kulit, tempe, tahu, atau kacang-kacangan. Hindari daging olahan yang tinggi lemak dan garam.

3. Serat

Serat membuatmu merasa kenyang lebih lama. Pilih buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan. Hindari makanan yang digoreng dan berlemak.

4. Air

Minum air putih yang cukup saat sahur agar tubuh terhidrasi selama berpuasa. Hindari minuman bersoda dan kafein.

Pastikan kamu makan sahur dengan porsi secukupnya aja ya, jangan berlebihan. Selain itu, hindari makanan yang terlalu pedas, asam atau berminyak. Dan jangan lupa untuk menyiapkan makanan sahur dari malam sebelumnya agar tidak terburu-buru.

BACA JUGA: 7 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Saat Puasa

Cara Memilih Makanan Sehat untuk Buka Puasa

Berbuka merupakan saat yang dinanti-nantikan setelah seharian menahan lapar dan haus. Namun, penting untuk tidak terlalu berlebihan dalam memilih makanan saat berbuka. Berikut beberapa tips untuk memilih makanan yang sehat saat berbuka:

1. Mulailah dengan Kurma dan Air

Sunnah Nabi Muhammad SAW adalah memulai berbuka dengan memakan kurma dan minum air putih. 

Kurma adalah sumber energi yang baik karena mengandung gula alami dan nutrisi penting. Jika tidak ada kurma, kamu bisa makan yang manis-manis dulu.

Lalu, air putih membantu menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa. 

2. Pilih Makanan Ringan dan Sehat

Hindari mengonsumsi makanan berlemak dan berat saat berbuka. Cobalah untuk memilih makanan ringan dan sehat seperti buah-buahan segar, sup sayuran, atau makanan ringan yang rendah kalori seperti salad.

3. Perhatikan Porsi dan Waktu Makan

Meskipun godaan untuk makan berlebihan saat berbuka bisa besar, penting untuk mengontrol porsi dan waktu makan. Hindari makan terlalu banyak dalam satu waktu karena ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan pencernaan yang lambat.

4. Sertakan Protein dan Karbohidrat Seimbang

Agar tetap kenyang dan energik setelah berbuka, pastikan untuk menyertakan protein dan karbohidrat seimbang dalam makananmu. 

Misalnya, kombinasikan daging tanpa lemak dengan nasi atau roti gandum, atau tambahkan protein nabati seperti kacang-kacangan atau tahu ke dalam sup sayuran.

Contoh Menu Sahur dan Berbuka yang Sehat

Berikut adalah contoh menu sahur sehat agar tidak lemas: 

Sahur:

  • Nasi merah
  • Telur dadar
  • Tumis buncis dan wortel
  • Buah-buahan

Berbuka:

  • Kurma
  • Sup ayam
  • Ikan bakar
  • Sayur lodeh
  • Buah-buahan

Ingat, kunci utama memilih makanan sehat untuk sahur dan berbuka adalah:

  • Pilih makanan yang kaya nutrisi
  • Hindari makanan yang tidak sehat
  • Makan dengan porsi yang secukupnya
  • Minum air putih yang cukup

Dengan mengikuti tips memilih makanan sehat untuk sahur dan buka puasa di atas, kamu bisa tetap sehat dan berenergi selama berpuasa. Selamat mencoba!

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

21 Komentar

  1. Sudah berapa tahun ini, saya kalau sahur hanya dengan air putih saja mbak. Nah, untuk berbuka baru deh makan 😊. Tahun ini , insyaallah mau coba kalau berbuka dengan melengkapinya dengan buah.

    Selamat berpuasa

  2. aku menjaga agar lapar mata saat beli takjil, dan mengurangi konsumsi gorengan dan minuman manis, paling tuh sukanya sayuran yang berkuah seperti sop, nyaman gitu di perut ketika makan, dan wajib makan takjil dengan porsi dikit, nggak langsung makan nasi

  3. Pas banget udah mendekati Ramadan, makasih tipsnya, Kak. Tahun ini lagi belajar mengonsumsi makanan sehat, terutama ngurangin makanan-minuman manis karena saya dulu seneng banget jajan yg manis-manis:D sekarang gantinya dengan banyakin buah aja

  4. Pas banget udah mendekati Ramadan. Tahun ini lagi belajar mengonsumsi makanan sehat, terutama ngurangin makanan-minuman manis karena saya dulu seneng banget jajan yg manis-manis:D sekarang gantinya dengan banyakin buah aja

  5. Kurma menjadi menu andalan saya saat sahur dan berbuka di bulan Ramadhan. Karena selain baik untuk tubuh, ternyata banyak kandungan zat besi dari buah ini yang bagus untuk penyakit anemia yg saya derita.

  6. Firdaus Deni Febriansyah menulis:

    Nasi, tempe, sayur bayam, buah, dan susu. Sepertinya ini sudah memenuhi syarat ya kak sebagai menu berbuka dan sahur bergizi

  7. Wah ngga sabar bentar lagi puasaan. Makasih ya tipsnya mbaa, aku juga insya Allah selalu stok kurma buat sahur dan berbuka. Emang lho kalo saur pake nasi merah awet kenyangnya.

  8. lengkap banget ada cntoh menunya juga hihi saya jg lebih suka sahur buka nasi putih kak, abis subuh udah laper lagi. olahan tepung seperti mi dan roti jg begitu.

  9. Kalo aku sahur mesti berkuah c… apalagi anak-anak hihi..
    Sejauh ini nasi putih tetap juara di meja makan mau sahur atau buka hahaha

  10. Pas banget nih tips nya menjelang puasa, jadi dingetin lagi untuk mengatur pola dan asupan makanan saat puasa biar tetap sehat setelah puasa yess….

  11. Bagus banget tips sehatnya. Alangkah lebih baik lagi jika tips ini tidakhanya diterapkan saat puasa saja, melainkan menjadi lifestyle jangka panjang. Mantap!

  12. Alhamdulillah dapat ilmu baru tentang memilih makanan sehat untuk persiapan bulan Ramadan nanti. Kalau dilihat dari menunya, cukup banyak dan mahal ya Kak hehe.

    Apalagi nasi merah, tentu untuk keluarga saya tidak dapat makan itu setiap hari, bahkan setahun sekali juga belum tentu. Tapi nasi merah memang banyak khasiat dan membuat kenyang lebih lama. Untuk kurma dan roti sih yang paling Teddy sukai hehe.

    Terima Kasih informasinya ya Kak.

  13. Saya sendiri ketika berbuka puasa selalu mengusahakan untuk minum air putih dulu. Jangan yang lain-lain dulu, apalagi minum es. Lalu setelahnya ikuti sunnah dengan makan kurma. Seger beet rasanya.

  14. Saya juga hanya makan sedikit kalau makan sahur. Lebih senang banyakin makan sayur.
    Sedangkan untuk berbuka, suka sedia kurma dan buah-buahan. Kalau makan terlalu banyak malah gak enak perutnya.

  15. Tak terasa puasa tinggal menghitung hari yaa. Terima kasih tips memilih makanan sehat buat sahur dan buka. Kadang tu kalau puasa kadang suka skip merhatiin makanan. Apalagi pas buka tu gorengan begitu menggoda. Yg ada puasa tambah endut huhu. Kudu dijaga badan ini biar kuat deh ya puasanya.

  16. Gak terasa ya sebentar lagi udah mau puasa. Harus pinter-pinter nih ngatur pola makan, jangan sampai kebablasan terutama saat berbuka. Bukan kalap lalu tak terkontrol ya. Harusnya tetap bisa terpenuhi kebutuhan asupan gizi yang pas untuk tubuh

  17. Huwaa sudah ga terasa 2 hari lagi udah ramadhan. Bakalan ruame banget pasti jajanan di sepanjang jalan ketika mau masuk waktu berbuka puasa. Tapi kita emang harua mindful soal makanan yang kita konsumsi yaa

  18. Selamat menjalankan puasa. Insya Allah dengan pilihan menu sehat utk sahur dan berbuka gini, puasa kita akan lancar.

  19. Nah, kalau bisa makan makanan yang bisa memperkuat tenaga ketika puasa ya. Saya ini kok tumben juga sering laper padahal masih hari kedua. Kayaknya kurang serat juga

  20. Wahhhh menarik banget nih untuk tips memilih makanan segat untuk sahur dan buka puasa, walau saya non saya juga ikutan bukber dan puasa. Karena memang jarang banget orang buka saat bulan puasa gini, jadi kalau soal takjil selalu number one hha

  21. Di rumah keluarga tipe yang nggak terlalu suka makan nasi pas sahur jd biasanya diganti sama umbi-umbian. Lebih ringan sih rasanya tapi tetap tahan kok sampai berbuka alhamdulillah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *