Article Ramadhan

7 Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Saat Puasa

Tinggal menghitung hari, kita akan menyambut bulan suci Ramadhan. Siapa nih yang sudah gak sabar ingin cepat-cepat berpuasa? Sudah tahu cara menjaga kesehatan pencernaan saat puasa?

Puasa merupakan ibadah yang identik dengan perubahan pola makan. Menurut penelitian, hasil perubahan pola makan selama berpuasa menyebabkan berbagai perubahan dalam tubuh, terutama dalam saluran pencernaan. 

Puasa memberikan waktu istirahat bagi sistem pencernaan, sehingga dapat mengurangi risiko atau menyembuhkan masalah kesehatan pencernaan.

Hmm.. Nggak heran, kalau banyak orang yang mengalami masalah pencernaan selama bulan puasa. Mulai dari sembelit, asam lambung naik, sampai diare.

Eits, tapi jangan khawatir! Masalah pencernaan saat puasa sebenarnya bisa dicegah lho. Yuk, simak beberapa tips berikut ini:

1. Perhatikan Asupan Makanan

Apa yang perlu dijaga saat puasa?

Nah, salah satu yang paling penting dalam menjaga sistem pencernaan saat puasa adalah dengan memperhatikan asupan makanan setiap harinya.

Terutama bagi yang punya riwayat penyakit lambung atau gastritis, nih! Berdasarkan data tentang penyakit gastritis di Indonesia, prevalensi penyakit tersebut masih cukup tinggi, lho! 

Bagaimana cara memperhatikan asupan makanan selama puasa?

Saat sahur:

Pada saat sahur, pilih makanan yang kaya serat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan karbohidrat kompleks (nasi merah, oatmeal). Serat membantu melancarkan pencernaan dan membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Pastikan kamu mengkonsumsi protein yang cukup, seperti telur, daging ayam, atau ikan. Protein ini membantu menjaga kesehatan dan kekuatan otot.

Selain itu, jangan lupa minum air putih yang cukup, minimal 2 gelas.

Saat berbuka:

Nah, pada saat berbuka, hindari makan berlebihan. Buka puasa dengan porsi kecil dan kurangi makanan yang tinggi lemak, gula, dan garam.

Selain itu, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Jangan lupa, minum air putih yang cukup, minimal 2 gelas.

2. Hindari Makanan Tertentu

Agar pencernaan kita sehat dan lancar selama bulan Ramadhan, ada beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari. Baik selama berbuka ataupun sahur. 

Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama sahur atau berbuka.

  • Makanan pedas: Makanan pedas dapat mengiritasi lambung dan menyebabkan asam lambung naik.
  • Makanan berlemak: Makanan berlemak dapat memperlambat pencernaan dan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat menyebabkan sembelit.
  • Makanan bersantan: Makanan bersantan dapat memicu diare pada beberapa orang.
  • Minuman bersoda: Minuman bersoda mengandung banyak gula dan dapat menyebabkan kembung.
  • Kafein: Kafein dapat menyebabkan dehidrasi dan memperlambat pencernaan.

BACA JUGA: Ciri-ciri Burnout dalam Bekerja dan Dampaknya Pada Kesehatan

3. Perhatikan Waktu Makan

Waktu makan menjadi salah satu poin penting yang gak boleh kamu sepelekan. Jika sudah masuk waktu sahur, jangan tunda-tunda lagi. Segeralah menyantap makanan. Begitupun ketika berbuka.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

  • Makan sahur tepat waktu. Sahurlah minimal 30 menit sebelum imsak.
  • Berbuka puasa tidak terlambat. Segera berbuka setelah adzan maghrib berkumandang.
  • Hindari makan malam terlalu malam. Makan malam idealnya dilakukan 2-3 jam sebelum tidur.

4. Olahraga Teratur

Olahraga teratur dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Lakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari.

5. Kelola Stres

Stres dapat mengganggu kesehatan pencernaan. Kelola stres dengan melakukan kegiatan yang positif, seperti yoga, meditasi, atau mendengarkan musik.

6. Konsumsi Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang dapat membantu menjaga kesehatan saat puasa, terutama pencernaan. Kamu bisa mendapatkan probiotik dari suplemen atau makanan fermentasi seperti yogurt, tempe, dan kimchi.

7. Konsultasi dengan Dokter

Jika kamu mengalami masalah pencernaan yang serius, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tips Tambahan:

  • Makan dengan perlahan dan kunyah makanan dengan baik.
  • Hindari langsung berbaring setelah makan.
  • Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka.
  • Hindari merokok dan minum alkohol.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat menjaga kesehatan pencernaan selama puasa dan menjalankan ibadah dengan lancar.

Ingatlah, kunci utama untuk menjaga kesehatan pencernaan saat puasa adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat dan seimbang.

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

15 Komentar

  1. Masalah pencernaan cukup krusial sih, apalagi bila terjadi pada saat puasa. Kebayang deh rasa gak enaknya. Sebab, biasanya pada saat bulan puasa lah, makanan apa saja masuk perut dan sedikit banyaknya membawa pengaruh.

  2. Tips yang sangat berguna untuk persiapan Ramadan, tapi saya salah fokus dengan tips tambahan yang paling bawah : “Hindari merokok dan minum alkohol”. Plis kak, alkohol tidak hanya mengganggu kesehatan pencernaan saat berpuasa, namun juga akan menyia-nyiakan ibadah puasa selama 40 hari alias ibadahnya tak diterima.

  3. Kalau pencernaan gak sehat, puasa pun gak enak ya. Berbeda jika sehat, maka ibadah juga dapat double2 nikmat dan manfaat.

  4. Saya juga mau nambahin tips nih buat cowo cowo, entah sepengen apapun kalian mau merokok, jangan merokok waktu sahur. Yah okelah buat perokok bisa merokok ketika udah berbuka, itupun jangan banyak banyak, soalnya bakal bikin throat hit dan itu memengaruhi pencernaan rokok tu

  5. baru tahu kalo ternyata kafein dapat memperlambat pencernaan. harus mulai kurang-kurangin kopi sama teh nih.

    anyway, makasih infonya

  6. Wah..tips yg sangat bagus nih. Pas banget menjelang Bulan Ramadan, jadi tak waswylagi menjalani puasa terutama bagi yg punya riwayat sakit lambung. Terima kasih sharing infonya ya…

  7. Amir menulis:

    Kalau aku sih harus hindari makanan pedas, gak enak banget di lambung pas puasa.

  8. ga kerasa ya kak, sebentar lagi puasaa… bener banget sekali sih, yang harus dijaga itu pola makannya kita

  9. Bentar lagi puasa nih… bener banget konsumsi probiotim baik buat pencetnaan saat puasa.. meskipun probiotik yg ada di pasarab sekrg jni kadad gula uwoww tinggi banget huhu

  10. Menjaga pencernaan sangat oenting memang, apalagi ramadhan, makan suka berlebih, dna lambung ga ada jeda istirahat, ini akan sangat mengganggu lambung

  11. Tidak terasa ya, sebentar lagi akan memasuki bulan puasa. Semoga semua selalu sehat saat berpuasa dan ibadahnya dilancarkan sampai hari kemenangan.

  12. Bismillah ya semoga shaum ramadan kita semua lancar yaa dengan tetap memperhatikan asupan gizi dan menjaga makanan juga. emang godaannya duh berat apalagi pas berbuka, pengennya yang manis-manis semua dan porsinya jumbo dan ofkors gorengan, hihihi. eh sahur tuh yang males banget makan sayur, huhuhuhu. minimal kuluban lah yaaa masih aman atau buah

  13. Puasa itu menyehatkan, penting sih memperhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka. Kadang ketika berbuka pengen segala ada. Bagus juga nih tipsnya, yang belum dilakukan paling olahraga selama puasa.

  14. Puasa itu hakikatnya buat menahan diri. Kalau sampai lapar mata, makan apa aja, ya jadi pertanyaan juga. Aku sendiri berusaha buat makan secukupnya. Lagian kalau kebanyakan tuh jadi begah. Bikin ngantuk dan malah gak konsen buat ibadah lainnya

  15. Fenni Bungsu menulis:

    probiotik perlu juga nih buat pas bulan puasa, biar si pencernaan dalam keadaan optimal, sehingga ibadah puasa bisa lancar dijalankan ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *