Advetorial Article

10 Checklist Persiapan Pernikahan, Calon Pengantin Wajib Tahu!

Pernah kebayang gak sih gimana rasanya jadi pengantin? Duduk di pelaminan dengan gaun indah, dikelilingi orang-orang tersayang, dan sah menjadi pasangan hidup orang yang kamu cintai? Pastinya momen yang super spesial dan bikin deg-degan ya! Tapi, sebelum sampai ke momen indah itu, ada satu hal yang gak boleh kamu sepelekan: Persiapan pernikahan.

Eits, jangan panik dulu. Memang, persiapan pernikahan bisa bikin pusing tujuh keliling. Tapi, tenang aja! Kali ini, aku bakal kasih kamu 10 checklist persiapan pernikahan yang wajib kamu tahu.

Apa aja sih yang perlu disiapkan? Yuk, simak artikelnya berikut ini!

Daftar Persiapan Pernikahan yang Wajib Kamu Lakukan Jauh-jauh Hari

Berikut ini 10 persiapan pernikahan yang harus kamu lakukan jauh-jauh hari.

1. Konsep dan Tema Pernikahan

Langkah pertama adalah menentukan konsep dan tema pernikahan. Gimana sih cara menentukannya?

Pertama, tanyalah diri sendiri dan pasangan: “Pernikahan impian kita seperti apa?”. Apakah kamu ingin pernikahan yang tradisional dengan adat istiadat yang kental, modern tapi minimalis, atau nuansa-nuansa lainnya

Kedua, cari inspirasi. Kamu bisa mencari inspirasi dari internet, majalah pernikahan, atau pernikahan teman dan keluarga. Jangan ragu untuk berkreasi dan ciptakan pernikahan yang unik dan mencerminkan kepribadianmu dan pasangan.

2. Anggaran Pernikahan

Setelah kamu dan pasangan menentukan konsep dan tema pernikahan, sekarang saatnya membicarakan hal yang gak kalah penting: anggaran pernikahan.

Kenapa anggaran pernikahan penting?

Pernikahan bisa menjadi acara yang mahal. Dengan membuat anggaran, kamu dapat menghitung perkiraan biaya keseluruhan dan menyesuaikannya dengan kemampuan finansialmu dan pasangan. Hal ini akan membantumu menghindari hutang dan memastikan pernikahan yang terencana dengan baik.

Lalu, bagaimana cara membuat anggaran pernikahan?

Pertama, buatlah daftar semua pengeluaran yang mungkin terjadi. Ini termasuk biaya sewa tempat, katering, dekorasi, busana pengantin, dokumentasi, dan lain-lain. Kedua, cari tahu perkiraan biaya untuk setiap pengeluaran. Kamu bisa mencari informasi di internet, bertanya kepada vendor pernikahan, atau menggunakan kalkulator pernikahan online.

Ketiga, jumlahkan semua perkiraan biaya dan bandingkan dengan kemampuan finansialmu dan pasangan. Keempat, lakukan penyesuaian jika anggaranmu melebihi kemampuan finansialmu. Kamu bisa memilih vendor yang lebih murah atau mengurangi beberapa pengeluaran.

3. Waktu dan Tempat Pernikahan

Memilih waktu dan tempat pernikahan mungkin terdengar sepele. Tapi, gak jarang ada calon pengantin yang kesulitan mendapatkan waktu dan tempat yang tepat untuk melangsungkan pernikahan. Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Pertimbangkan musim, hari libur, dan ketersediaan tempat. Jika kamu ingin menikah di musim hujan, pastikan kamu memiliki tempat pernikahan indoor. Jika kamu ingin menikah di hari libur, pastikan kamu memesan tempat jauh-jauh hari.

Memilih tempat pernikahan yang tepat juga tak kalah penting. Tempat pernikahan harus sesuai dengan konsep dan anggaranmu. Jika kamu ingin pernikahan yang sederhana, kamu bisa memilih tempat pernikahan seperti di rumah atau gedung yang gak terlalu besar. Jika kamu ingin pernikahan yang mewah, kamu bisa memilih tempat seperti di hotel.

4. Vendor Pernikahan

Vendor pernikahan adalah partner yang akan membantumu mewujudkan pernikahan impian. Oleh karena itu, penting untuk memilih vendor yang terpercaya dan berpengalaman.

Bagaimana cara memilih vendor pernikahan yang tepat?

Pertama, lakukan riset terlebih dahulu. Cari informasi tentang berbagai vendor pernikahan di internet, majalah pernikahan, atau pameran pernikahan. Kedua, bandingkan beberapa vendor. Bandingkan harga, layanan, dan portofolio dari beberapa vendor sebelum menentukan pilihan.

Ketiga, baca ulasan dari pelanggan sebelumnya. Ulasan dari pelanggan sebelumnya dapat membantumu mengetahui kualitas layanan vendor. Lalu, temui vendor secara langsung. Temui vendor secara langsung untuk menanyakan lebih detail tentang layanan mereka.

So, siapa saja vendor pernikahan yang kamu butuhkan? Beberapa vendor pernikahan yang penting antara lain:

  • Katering: Katering menyediakan makanan dan minuman untuk tamu pernikahan.
  • Dekorasi: Dekorasi mempercantik tempat pernikahan dan menciptakan suasana yang sesuai dengan konsep pernikahan.
  • Dokumentasi: Dokumentasi mengabadikan momen pernikahan dalam bentuk foto dan video.
  • Busana pengantin: Busana pengantin adalah pakaian yang dipakai oleh pengantin pada hari pernikahan.
  • Musik: Musik menghibur tamu pernikahan dan menciptakan suasana yang meriah.

5. Busana Pengantin

Busana pengantin adalah pakaian yang akan kamu kenakan di hari bahagiamu, dan pastinya kamu ingin tampil menawan dan berkesan.

Pilihlah busana pengantin yang sesuai dengan konsep pernikahanmu. Kemudian, pilihlah busana pengantin yang sesuai dengan bentuk tubuhmu. Jika kamu memiliki tubuh yang curvy, pilihlah busana pengantin yang dapat menonjolkan kelebihanmu dan menutupi kekuranganmu.

Selain itu, lakukan fitting beberapa kali. Fitting sangat penting untuk memastikan gaun atau jas yang kamu pilih pas dan nyaman dipakai.

6. Cincin Pernikahan

Salah satu elemen penting dalam pernikahan adalah cincin pernikahan. Cincin pernikahan adalah simbol cinta dan komitmen antara dua insan yang telah bersatu. Memilih cincin pernikahan yang tepat merupakan hal yang penting karena cincin ini akan kamu pakai setiap hari.

Ada banyak pilihan cincin pernikahan yang tersedia di pasaran. Pilihlah cincin yang sesuai dengan selera dan anggaranmu.

BACA JUGA: Digital Marketing: Pentingnya dan Strategi Efektif untuk Bisnis Anda

7. Dokumen Pernikahan

Di tengah kesibukan mempersiapkan pernikahan, jangan lupa untuk mengurus dokumen pernikahan yang diperlukan. Dokumen pernikahan adalah bukti sah pernikahanmu dan diperlukan untuk berbagai keperluan di masa depan.

Dokumen pernikahan apa saja yang diperlukan? Misalnya, akta kelahiran, KTP, Pas Foto, dll. Cara mengurus dokumen pernikahan berbeda-beda di setiap daerah. Kamu dapat mencari informasi tentang cara mengurus dokumen pernikahan di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat.

8. Undangan Pernikahan

Undangan pernikahan adalah media untuk mengundang tamu dan memberitahukan detail acara pernikahan.

Ada dua jenis undangan pernikahan yang bisa kamu pilih: cetak dan digital.

Undangan pernikahan cetak adalah undangan tradisional yang dicetak di atas kertas. Undangan ini lebih formal dan memberikan kesan yang lebih personal. Namun, undangan cetak biasanya lebih mahal dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diproses.

Undangan digital pernikahan adalah undangan yang dikirimkan melalui media elektronik, seperti email, WhatsApp, atau media sosial. Undangan ini lebih praktis dan hemat biaya.

Lalu, jenis undangan pernikahan apa yang sebaiknya kamu pilih?

Tergantung pada preferensi dan anggaranmu. Jika kamu menginginkan undangan yang formal dan personal, pilihlah undangan cetak. Jika kamu menginginkan undangan yang praktis dan hemat biaya, pilihlah undangan digital.

9. Souvenir Pernikahan

Souvenir pernikahan adalah tanda terima kasih kepada para tamu yang telah hadir di hari bahagiamu. Pilihlah souvenir yang bermanfaat dan berkesan agar tamu selalu mengingat pernikahanmu.

Ada banyak pilihan souvenir pernikahan yang bisa kamu pilih. Souvenir yang bermanfaat seperti handuk kecil, cangkir, atau alat tulis akan selalu dipakai oleh tamu. Souvenir yang berkesan seperti miniatur pengantin, gantungan kunci dengan foto pernikahan, atau bibit tanaman akan mengingatkan tamu pada pernikahanmu.

10. Persiapan Mental dan Fisik

Pernikahan bukan hanya tentang pesta dan dekorasi yang indah. Di balik semua itu, pernikahan adalah tentang dua insan yang berkomitmen untuk menjalani hidup bersama. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan diri secara mental dan fisik sebelum memasuki kehidupan pernikahan yang baru.

Pernikahan akan membawa banyak perubahan dalam hidupmu. Kamu akan belajar untuk hidup bersama orang lain, berkompromi, dan berbagi tanggung jawab. Persiapkan dirimu untuk menghadapi berbagai tantangan dan rintangan dalam pernikahan. Belajarlah untuk berkomunikasi dengan baik, menyelesaikan konflik dengan damai, dan saling mendukung satu sama lain.

Menikah juga berarti siap untuk perubahan fisik. Kamu akan memiliki tanggung jawab baru untuk mengurus rumah tangga dan mungkin memiliki anak. Pastikan kamu memiliki kesehatan yang baik dan stamina yang cukup untuk menjalani kehidupan pernikahan. Makan makanan yang sehat, olahraga secara teratur, dan kelola stres dengan baik.

Undangan Digital: Solusi Modern untuk Pernikahanmu

Di era digital ini, undangan digital menjadi pilihan yang semakin populer bagi para calon pengantin. Undangan digital memiliki beberapa kelebihan dibandingkan undangan cetak, di antaranya:

  • Lebih hemat biaya: Undangan digital tidak memerlukan biaya cetak dan pengiriman.
  • Lebih ramah lingkungan: Undangan digital tidak menghasilkan sampah kertas.
  • Lebih mudah dibagikan: Undangan digital dapat dibagikan melalui email, WhatsApp, atau media sosial.
  • Lebih praktis: Undangan digital dapat dilengkapi dengan informasi yang lebih lengkap, seperti peta lokasi, RSVP, dan akomodasi.

Jika kamu ingin pernikahan yang modern dan praktis, pertimbangkan untuk menggunakan undangan digital. Mau Buat Undangan Online? Ada banyak platform online yang menyediakan layanan pembuatan undangan digital dengan berbagai desain dan fitur menarik. Salah satunya adalah https://helloguest.id/.

Pernikahan adalah momen spesial yang akan selalu kamu ingat sepanjang hidup. Dengan persiapan pernikahan yang matang, kamu dapat mewujudkan pernikahan impianmu dan memulai kehidupan baru bersama pasangan dengan penuh kebahagiaan.

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *