Advetorial Finansial

Taklukkan Era Digital: 7 Jurus Ampuh Mengembangkan Bisnis Anda

Era digital telah merevolusi cara kita hidup, bekerja, dan juga berbisnis. Kini, internet bukan lagi pilihan, melainkan kebutuhan pokok bagi pebisnis yang ingin berkembang dan mencapai kesuksesan. Namun, dengan lautan informasi dan strategi yang berlimpah, tak jarang pebisnis merasa kebingungan dalam menentukan cara mengembangkan bisnis yang tepat.

Oleh karena itu, artikel ini hadir untuk membantu Anda mengarungi era digital dengan 7 rahasia jitu untuk mengembangkan bisnis. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Membangun Fondasi Digital yang Kuat

Pertama, ciptakan website company profile yang profesional dan informatif. Website bagaikan rumah digital Anda, tempat calon pelanggan mengenal dan mempercayai brand Anda.

Pastikan website mudah diakses, mobile-friendly, dan kaya informasi menarik. Lengkapi dengan profil perusahaan, produk/layanan, testimoni, dan kontak yang jelas. Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website profesional untuk memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis.

2. Manfaatkan Dunia Media Sosial

Selanjutnya, manfaatkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan TikTok untuk menjangkau target pasar Anda. Buat konten menarik dan interaktif yang sesuai dengan persona target. Gunakan hashtag dan iklan berbayar untuk menjangkau lebih banyak orang. Bangun komunitas dan jalin interaksi yang positif dengan followers Anda.

3. Memanfaatkan Kekuatan SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah kunci agar website Anda mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. Optimalkan website Anda dengan keyword yang relevan, meta description yang menarik, dan backlink berkualitas. Gunakan Google Search Console dan Google Analytics untuk memantau performa website Anda.

BACA JUGA: 5 Ide Bisnis Rumahan di Era Digital

4. Jelajahi Dunia E-Commerce

Selain itu, buat toko online di platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, atau Lazada. Jangkau lebih banyak pelanggan dan manfaatkan berbagai program promosi yang ditawarkan. Pastikan produk Anda memiliki foto dan deskripsi yang menarik, serta tawarkan layanan purna jual yang memuaskan.

5. Membangun Reputasi Online yang Gemilang

Selanjutnya, kelola ulasan dan komentar online dengan baik. Tanggapi ulasan positif dengan rasa terima kasih dan tanggapi ulasan negatif dengan solusi yang profesional. Dorong pelanggan Anda untuk memberikan ulasan positif dan bagikan pengalaman mereka di media sosial.

6. Mengoptimalkan Email Marketing

Bangun email list dan kirimkan newsletter yang informatif dan menarik kepada pelanggan Anda. Tawarkan promo spesial dan konten eksklusif untuk meningkatkan engagement. Gunakan email marketing untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan Anda.

7. Mengikuti Tren dan Beradaptasi

Dunia digital terus berkembang pesat. Pastikan Anda mengikuti tren terbaru dan beradaptasi dengan perubahan teknologi. Selalu belajar dan tingkatkan skill Anda dalam bidang digital marketing.

Masih Bingung Memulai?

Serahkan pembuatan website company profile Anda kepada Jasa Pembuatan Website Company Profile! Mereka menyediakan jasa pembuatan website profesional dengan desain menarik dan fitur lengkap. Tim mereka yang berpengalaman juga akan membantu Anda membangun website yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan website yang menarik, cara mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih mudah.

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

16 Komentar

  1. Bermanfaat banget ini tips nya utk pengembangan usaha. Apalagi yang masih pemula, kadang masih banyak yang belum tau manfaat website, padahal website ini merupakan rumah dimana orang2 bisa melihat produk2 usahanya dari website yang mereka punya.

  2. No 1 memang penting banget tuh ya.. meskipun ke-6 tips lainnya juga ok banget. Terima kasih sharing tips nya ya..bisa nih kuteruskan ke kerabat yg sdg ingin mengembangkan bisnisnya

  3. kalau bikin blog pribadi kita sih bisa sendiri ya, tapi kalau buat usaha memang lebih baik menggunakan jasa membuat website profesional ya soalnya kan beda fitur dan lain sebagainya. apalagi kalau mau bikin website yang ada fitur checkoutnya. pakai blog sendiri kayaknya susah, huhuhu

  4. Benar. Dalam usaha saat ini mengoptimalkan marketing digital dalam semua platform online sangat membantu.

  5. Jaman sekarang, mau berbisnis juga harus kuatl di media sosial sebagai media marketing. Tipsnya bagus bangeth nih buat yang memulai bisnis tapi bingung

  6. sekarang memang penting banget ya menguasai digital marketing ini dalam bisnis kita karena memang sekarang semua orang mencari sesuatu itu juga lewat internet

  7. Yuni BS menulis:

    Mengembangkan bisnis memang bukan hal yang main-main. Perlu jurus yang mantap untuk memudahkan usaha kita. Aku setuju dengan ketujuh jurus yang sudah disebutkan.

  8. Tepatnya sejak adanya covid, internet benar-benar menjadi kebutuhan dasar. 7 poin di atas, benar-benar poin pokok dalam mengembangkan bisnis berbasis digital.

  9. Aku pengen banget mempelajari e-commerce ini untuk mengembangkan usahaku yang masih rintisan. Semoga nanti berjalan lancar dan membawa berkah deh.

  10. Wuih keren nih, kalau pakek jasa bikin website, gak perlu pusing mikirin SEO

  11. Muhammad Gusti Apriansyah menulis:

    Bisnis digital sekarang harus punya personal branding dan skill copywriting yang kuat, setuju juga sama tips tips di atas

  12. Fenni Bungsu menulis:

    Makasih kak infonya. Bisa diterapkan biar urusan SEO gak pusing lagisemoga konsisten hehe

  13. Aku juga lagi semangat buat belajar digital nih kak, kira kira akan bertahan berapa lama ya? maksudnya eranya gitu, besok besok bakal apa lagi ya yang muncul. Penasaran!

  14. Belajar digital emang penting banget ya sekarang. Siapapun yang tidak mau belajar digital bakal ketinggalan banget. Anw, thank you for sharing kak dila!

  15. Persaingan bisnis semakin ketat. Saat ini kita butuh cara untuk bisnis bisa maju, berkelanjutan dengan memanfaatkan digitalisasi. Setuju dengan poin-poin di atas, optimasi sosial media, SEO, digital marketing, dsb. ini bisa sangat membantu keberlangsungan bisnis zaman sekarang.

  16. ah bener banget ini tips nya, makasih ya.. perlu juga ya belajar SEO, digital marketing, sosial media. tapi kalo ga bisa mengejar ya mendelegasikan pekerjaan itu ke agency saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *