Advetorial

Cara Efektif Mendapatkan Pekerjaan di Website Lowongan Kerja

Pesatnya perkembangan era digital saat ini berdampak kepada pilihan profesi yang semakin beragam. Banyak profesi yang dulunya tidak ada, sekarang justru menjadi profesi yang paling dibutuhkan. Pilihan berkarir menjadi freelance pun semakin diminati karena bisa dilakukan dimana saja dan waktunya lebih fleksibel. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara efektif mendapatkan pekerjaan di website lowongan kerja.

Dalam mencari pekerjaan, situs lowongan pekerjaan adalah salah satu sumber informasi terbaik. Misalnya saja Anda mencari info loker Karawang di situs pencarian kerja, maka akan ada begitu banyaknya pilihan dan tentunya akan ada persaingan yang ketat. Info loker Karawang menyediakan berbagai jenis pekerjaan yang mungkin dari banyaknya pilihan bisa saja sesuai dengan kriteria yang Anda cari.

Untuk para fresh graduate yang sedang mencari-cari pekerjaan, banyaknya pilihan profesi untuk dipilih juga bisa jadi tantangan tersendiri. Ditambah lagi dengan adanya banyak pesaing yang kemampuannya sangat mumpuni. Anda tentunya tidak ingin kalah bersaing dengan fresh graduate lainnya. Penting untuk memiliki strategi yang efektif untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan dan keahlian Anda.

Cara Menemukan Pekerjaan Lewat Situs Loker

Berikut ini cara menemukan pekerjaan melalui situs lowongan pekerjaan dengan efektif.

1. Buat Profil Menarik

Pertama, Anda harus membuat profil yang menarik dan lengkap di situs lowongan pekerjaan yang Anda pilih. Sertakan informasi yang relevan tentang pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan pencapaian Anda. Pastikan untuk memperbarui dan mengoptimalkan profil Anda secara teratur.

2. Tentukan Kriteria Pencarian yang Jelas

Tentukan kriteria pencarian yang jelas tentang jenis pekerjaan yang Anda cari. Tetapkan lokasi, industri, level posisi, dan kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda. Hal ini akan membantu Anda menyaring hasil pencarian dan fokus pada peluang yang paling relevan.

3. Manfaatkan Fitur Filter Pencarian

Manfaatkan fitur filter pencarian yang disediakan oleh situs lowongan pekerjaan berdasarkan kriteria tertentu seperti lokasi, gaji, pengalaman, dan tanggal unggah. Filter ini membantu Anda menemukan pekerjaan yang sesuai dengan preferensi Anda dengan lebih efisien.

4. Langganan Email Newsletter

Banyak situs lowongan pekerjaan menawarkan layanan berlangganan email newsletter yang memberikan pembaruan tentang pekerjaan terbaru tanpa Anda harus terus-menerus memeriksa situs.

BACA JUGA: 4 Cara Mengatur Gaji Agar Tidak Cepat Habis

5. Coba Variasi Kata Kunci atau Istilah

Terapkan strategi pencarian yang luas dengan mencoba variasi kata kunci atau istilah yang relevan dengan posisi yang Anda inginkan. Hal ini dapat membantu Anda menemukan peluang pekerjaan yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

Misalnya:

Posisi yang Diinginkan: Content Writer

Kata Kunci Utama: Content Writer, Penulis Konten, Copywriter, Pembuat Konten, dll.

6. Manfaatkan Beragam Situs Loker

Jangan hanya berfokus pada satu situs loker saja. Jelajahi beberapa situs yang berbeda untuk meningkatkan peluang Anda menemukan pekerjaan yang sesuai. Beberapa situs terkenal seperti LinkedIn, Indeed, Glassdoor, dan JobStreet menawarkan berbagai peluang karir.

7. Konsisten Memantau Situs Loker

Tetap aktif dan konsisten dalam memantau situs lowongan pekerjaan, memperbarui profil Anda, dan melamar pekerjaan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan ragu untuk mengirimkan banyak aplikasi dan terus mengikuti perkembangan.

8. Jaga Komunikasi yang Baik dengan Perekrut atau Perusahaan

Setelah melamar pekerjaan, jaga komunikasi yang baik dengan perusahaan atau perekrut. Tanggapi permintaan informasi atau undangan wawancara dengan tepat waktu dan dengan profesionalitas. Komunikasi yang baik dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Dengan mencoba melakukan cara efektif mendapatkan pekerjaan di atas, Anda dapat meningkatkan peluang yang sesuai dengan kebutuhan dan keahlian Anda. Tetap konsisten, terus aktif, dan jangan ragu untuk mengeksplorasi berbagai peluang karir yang tersedia. Jangan takut untuk mencoba pekerjaan lainnya sebagai awal mula mencari pengalaman. Kesabaran dan konsistensi dalam mencari pekerjaan tentunya akan membuat Anda menemukan pekerjaan yang Anda impikan.

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

16 Komentar

  1. Bener jg. Kadang suka lupa jadinya ga mantau notifikasi job yg udah dilamar pdhl itu penting bgt biar tau perkembangannya.

  2. Jadi inget jaman dulu pas nyari kerja, masih mengandalkan bundelan surat lamaran lalu dikirim via pos sambil berharap-harap ada panggilan. Beruntung sekarang semua jadi semakin mudah dan simpel.

  3. Ternyata situs loker banyak ya, saya tahunya jobstreet. Semoga yang sedang cari kerja segera mendapatkan pekerjaan yang diinginkan

  4. Kudu rutin emang melihat situs lowongan pekerjaan dan pilah pilih mana yang paling cocok. Jangan juga salah pilih situs, harus yang terpercaya supaya job yang ditawarkan juga bertanggung jawab dan dari perusahaan yang terpercaya

  5. Agustina Purwantini menulis:

    Konsisten memantau lowongan kerja yang ada dan rutin cek ricek jawaban dari lamaran yang kita buat; ini sepertinya hal ringan untuk dilakukan, tetapi kenyataannya kerap kali terlalaikan tanpa sengaja.

  6. Dari pengalaman, buatlah profil yang menarik serta isikan selengkap mungkin dan juga capaian selama ini. Tanpa disadari ada yang menawarkan pekerjaan meskipun kita belum apply.

  7. Wah sarannya berharga sekali bagi yang sedang mencari pekerjaan melalui situs lowongan kerja. Jadi diingetin lagi untuk rajin2 ngecek notifikasi pekerjaan biar gak kelewat yess…

  8. sekarang website lowongan kerja udah semakin banyak, dan apply kerjaan jg lebih mudah. tapi yg gak boleh dilupakan adalah etika, mulai dr kirim email lamaran sampai nanti tahap seleksinya

  9. Berkat teknologi internet, mencari lowongan pekerjaan jadi lebih mudah dan simpel. Kalau dahulu semua masih serba versi cetak, lamaran dikirim dalam bentuk hard copy sehingga lumayan juga biaya pengeluarannya.

  10. Cari loker lewat website mamang mudah, apalagi buat para freelancer. Hanya saja menurutku, kalau untuk main job yang wfo susah cari yang sesuai dengan pengalaman. Duh, nasib.

  11. Nice tips nih buat teman-teman yang nyari pekerjaan

  12. Jaman sekarang banyak platform untuk mencari kerja dan mencari tenaga kerja, dan proses lamaran bisa via email. Jaman dulu saya biasanya melihat lowongan pekerjaan di iklan baris koran, dan memasukkan surat lamaran kerja via pos.

  13. Jangan lupa juga untuk pastikan terlebih dahulu bahwa perusahaan yang menawarkan kerja itu jelas dan kredibel

  14. Sekarang orang nyari kerja bisa tinggal klik-klik layar hp ya, Mbak, Bahkan website lowongan kerja sekarang juga sudah ada banyak banget. Apalagi apply nya juga bisa secara online, nggak bingung ngeprint surat lamaran, CV dan turunannya. Praktis banget!

  15. Saya termasuk yang gak mau ketinggalan kalau ada tren baru. Menarik sekali untuk disimak tips yang Kak Dila berikan.

  16. saya juga mengandalkan situs loker saat cari kerja, waktu jadi fresh graduated gitu, jauh sebelum LinkedIn sehype sekarang Jobstreet jadi tempat andalan untuk intip-intip job, sayangnya karena tinggal di daerah job yang sesuai yang dicari masih jarang sih, saya juga biasa cek-cek info di Devsjobindo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *