Advetorial

Menjaga Gigi Tetap Sehat Hingga Tua: Pentingnya Perawatan Gigi Seumur Hidup

Gigi yang sehat merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Meskipun seringkali diabaikan, pentingnya perawatan gigi sejak dini dan kebiasaan menjaga kebersihan mulut dapat membawa manfaat jangka panjang, bahkan hingga masa tua.

Memiliki gigi yang kuat dan sehat bukan hanya tentang penampilan, tetapi juga berdampak pada kualitas hidup seseorang. Untuk itu, penting bagi kita untuk memahami betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi sepanjang hayat. Artikel ini akan membahas beberapa langkah penting untuk menjaga gigi tetap sehat hingga tua.

Pentingnya Perawatan Gigi Seumur Hidup

Perawatan gigi tidak hanya penting pada masa anak-anak atau remaja, tetapi juga sepanjang hidup. Gigi yang sehat memungkinkan seseorang untuk mengunyah makanan dengan baik, berbicara dengan jelas, dan tersenyum tanpa rasa malu. Selain itu, perawatan gigi yang baik juga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan mulut seperti karies gigi, gusi berdarah, dan penyakit periodontal.

Kebiasaan Sehari-hari yang Membantu

Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi:

  • Menyikat Gigi secara Teratur: Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari merupakan langkah dasar dalam menjaga kesehatan gigi. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu menguatkan enamel gigi dan mencegah pembentukan plak.
  • Menggunakan Benang Gigi: Menggunakan benang gigi setiap hari membantu membersihkan sisa makanan dan plak yang sulit dijangkau oleh sikat gigi.
  • Menghindari Makanan dan Minuman Manis: Konsumsi makanan dan minuman manis dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi. Batasi konsumsi makanan yang mengandung gula dan hindari minuman bersoda yang mengandung asam.
  • Rutin Memeriksakan Gigi ke Dokter Gigi: Mengunjungi dokter gigi secara rutin setidaknya dua kali setahun penting untuk mendeteksi masalah gigi secara dini dan melakukan pembersihan profesional.

BACA JUGA: Apakah Kanker Mata Melanoma Bisa Diobati? Intip 3 Cara Pengobatannya Di Sini!

Perubahan Perilaku Seiring Bertambahnya Usia

Seiring bertambahnya usia, perubahan pada gigi dan mulut juga terjadi. Beberapa perubahan perilaku yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi hingga tua meliputi:

  • Perhatian Lebih pada Perawatan Gusi: Gusi cenderung lebih rentan terhadap penyakit seiring bertambahnya usia. Penting untuk memperhatikan kesehatan gusi dengan menyikat gigi secara lembut dan menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik.
  • Pemilihan Makanan yang Tepat: Ketika menua, pilihan makanan juga berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi. Konsumsi makanan yang kaya akan kalsium, seperti susu dan produk susu, dapat membantu menjaga kekuatan gigi dan tulang.
  • Pertimbangkan Penggunaan Tambahan Produk Perawatan Gigi: Beberapa produk perawatan gigi seperti pasta gigi remineralisasi dan obat kumur khusus untuk masalah gigi sensitif dapat membantu mengatasi masalah yang umum terjadi pada gigi yang menua.

Pentingnya Peran Dokter Gigi

Dokter gigi adalah mitra penting dalam menjaga kesehatan gigi sepanjang hidup. Selain melakukan pemeriksaan rutin dan perawatan gigi, dokter gigi juga memberikan edukasi tentang kebiasaan sehat dan memberikan saran yang sesuai dengan kondisi gigi dan mulut seseorang.

Jika Anda mencari pelayanan dokter gigi yang profesional dan berpengalaman, kunjungilah Klinik Gigi Klaten. Dengan tenaga medis yang ahli dan peralatan canggih, mereka menawarkan layanan pembersihan gigi, perawatan gigi berlubang, hingga perawatan ortodonti. Jangan ragu untuk menghubungi dokter gigi klaten dan jadwalkan kunjungan Anda untuk mendapatkan senyuman yang sehat dan indah.

Kesimpulan

Menjaga kesehatan gigi hingga tua membutuhkan komitmen dan perhatian yang konsisten sepanjang hidup. Kebiasaan sehari-hari seperti menyikat gigi secara teratur, menggunakan benang gigi, dan menghindari makanan manis sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi.

Selain itu, pentingnya perawatan gigi juga bertujuan untuk melakukan perubahan perilaku yang sesuai dengan perubahan yang terjadi pada gigi dan mulut seiring bertambahnya usia. Dengan perawatan yang tepat di klinik gigi, Anda dapat menjaga gigi tetap sehat dan kuat hingga masa tua, meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan secara keseluruhan.

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

15 Komentar

  1. kalau diriku emang menjadwalkan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan karena emang keadaan gigi keropos dan gampang berlubang. Jadi harus selalu dikontrol dan diawasi. kalau ada masalah cepat cepat diperbaiki

  2. Bener banget kak, menjaga kesehatan gigi tuh harus dimulai sejak dini karena prosesnya jangka panjang. Alhamdulilah sih di usia sekarang belu ada gigiku yang dicabut apalagi berlubang. padahal cuma sikat gigi rutin gak ganti2 pasta gigi sama rutin periksa ke dokter gigi aj loh…

  3. Iya banget, perawatan gigi ini memang seumur hidup ya. keliru banget nih kalo selama ini kita cuma perhatikan kesehatan gigi anak aja. Memang mereka lebih mudah keropos dan bolong, karena kebiasaan makan yang manis-manis dan kurang bersih giginya. Terutama saat kondisi tidur. Padahal orang tua juga banyak. Kayak aku nih, masih sering juga kena gangguan sakit gigi. Dan yang parahnya, masih takut ke dokter gigi. Huhuhu.

  4. Nah iya, pentingnya perawatan gigi sejak dini dan kebiasaan menjaga kebersihan mulut dapat membawa manfaat jangka panjang, bahkan hingga masa tua, ya.
    Jadi harus rajin melakukan perawatan gigi dan rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi

  5. Pwrawatan gigi emang relatif mahal tapi salah satu faktor estetika wajah dan kesehata organ dalam juga bergantung kesehatan mulut. Jadi wajib periksa seumur hidup sih

  6. bener banget nih, merawat gigi itu amat sangat penting. perlu kedisiplinan diri. coba kita sakit gigi, nangis nggak berhenti, sakitnya minta ampun. harus rutin dan disiplin menerapkan ebiasaansehari-hari seperti di atas.

  7. Natasha menulis:

    Saya udh mulai lakuin semuanya, kecuali rutin ke dokter gigi soalnya bawaannya takuttt hahaha. Tp memang harus rutin sih biar ga banyak masalah

  8. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, ya. Jadi sepakat sekali untuk merawat gigi kita dengan baik, karena kalau sudah sakit giginya, haduh.. sakitnya ga ketulungan

  9. wah iya nih kerasa banget, dulu-dulu abai, padahal merawat gigi itu penting juga, sama seperti merawat bagian tubuh lainnya

  10. Menghindari makanan manis ini yang masih sulit banget.. padahal usia sudah kepala 30an.. ke dokter gigi juga seperlunya saja, duh 🥲

  11. Kesehatan gigi ini salah satu hal esensial, tapi seing disepelekn padahal kalau sakit gigi, sakitnya minta ampun bangt. Makin kesini semoga aja aku makin aware sama hal satu ini.

  12. Kesehatan gigi ini kuakui amat penting, tapi sekaligus paling sering terabaikan. Klo gak sakit biasanya gak bakalan ke dokter gigi. Walah.

  13. Muhammad Gusti Apriansyah menulis:

    Betul banget, kalau gigi sakit atau rusak bikin ga nafsu makan dan lain-lain. Selain itu dengan rutin perawatan gigi bisa menghindari plak di gigi dan nafas jadi lebih segar sih

  14. Memang ya, investasi paling berharga nanti di masa tua adalah investasi kesehatan, termasuk investasi untuk jaga kesehatan gigi dan mulut. Saya sendiri mulai berusaha mengurangi makan makanan manis

  15. Sebagai orang yang bolak balik ke dokter gigi sejak SD aku merasakan emang ke dokter gigi tu bikin gigi lebih sehat ya mbak.
    Cuma sayangnya aku dulu ke dokter gigi krn gigi2ku maju, alhamdulillah skrng udah bener.
    Ini juga kuberlakukan buat anak2ku minimal setahun tu bisa sekali atau syukur2 bisa 6 bulan sekali cuma buat ngecek dan bersihin gigi, supaya gigi mereka lbh sehat dr aku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *