Advetorial

Apakah Kanker Mata Melanoma Bisa Diobati? Intip 3 Cara Pengobatannya Di Sini!

Apakah kanker mata melanoma bisa diobati? Pada tubuh manusia, jaringan merupakan kumpulan sel yang membentuk suatu organ atau fungsi tertentu agar dapat menjalankan perannya dengan baik. Secara umum, ada empat jenis jaringan, yaitu jaringan otot, ikat, epitel, dan saraf.

Kendati demikian, pertumbuhan jaringan yang tidak normal cenderung mengarah pada suatu kondisi bernama kanker. Di antara banyaknya jenis kanker, ada satu jenis kanker yang menjangkit mata nih, namanya adalah kanker mata melanoma.

Duh, mata yang seharusnya menjadi sumber utama semua informasi visual justru harus struggling dengan pertumbuhan sel kanker semacam ini.

Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai apa itu kanker mata melanoma berikut gejala, penyebab, pengobatan, serta pencegahannya, yuk simak pembahasan di bawah ini bersama-sama!

Apa Itu Kanker Mata Melanoma?

Kalau kamu perhatikan, ada begitu banyak jenis warna mata di dunia. Misalnya, orang Eropa dengan warna biru yang khas. Saking cantiknya, tidak jarang kita menyebutnya mata barbie.

In opposite, orang Indonesia memiliki ciri khas warna mata lebih gelap yang semakin serasi dengan kulit sawo matangnya. Namun, tahukah kamu apa yang menyebabkan warna mata berbeda-beda?

Perlu kamu tahu, tubuh kita memproduksi suatu zat bernama melanin yang berfungsi memberikan warna pada tubuh kita, mulai dari rambut, kulit, hingga mata. Semakin banyak zat melanin yang diproduksi oleh tubuh, maka semakin gelap mata, rambut, dan kulit seseorang.

Ngomong-ngomong soal kanker, sel melanosit yang menghasilkan zat melanin (pigmen) pada mata berisiko berkembang menjadi kanker nih, guys. Istilah ini kita sebut dengan kanker mata melanoma.

Kanker mata melanoma termasuk dalam deretan kanker langka yang hanya menyerang 5 orang dari 1 juta populasi. Di samping kelangkaannya, kanker tersebut merupakan jenis kanker yang paling umum menyerang mata. Gejala mungkin tidak nampak pada awal tahapan kanker ini berkembang.

Menurut American Cancer Society, persentase angka kesempatan hidup dalam 5 tahun sebesar 85%, namun persentase tersebut dapat menurun hingga 15% jika kanker telah menyebar ke organ tubuh lainnya atau yang disebut juga dengan metastasis.

Melansir dari laman Healthline, ada 2 jenis kanker mata melanoma yang penamaannya berdasarkan pada lokasi sel kanker tersebut berkembang, yaitu:

  • Melanoma uvea. Kanker mata melanoma uvea merupakan jenis yang paling umum. Kanker ini berpotensi berkembang pada tiga bagian mata, yaitu iris, koroid, dan otot siliar.
  • Melanoma konjungtiva. Kanker mata yang satu ini berkembang pada lapisan permukaan mata. Dalam studi penelitian berjudul Management of Conjunctival Malignant Melanoma: A Review and Update menyebutkan bahwa 2% kasus melanoma kanker terjadi pada bagian konjungtiva.

Gejala Kanker Mata Melanoma

Tidak ada satupun di dunia ini yang ingin terkena kanker. Ibaratnya, kanker bak momok mengerikan bagi siapapun yang mengalaminya.

Bagaimanapun, penting bagi kita untuk membekali diri dengan pengetahuan mengenai kanker mata melanoma sebagai proses pencegahan di masa deapan.

Salah satu topik yang penting untuk digali adalah gejala ketika kanker ini muncul. Ingatlah selalu bahwa semakin cepat suatu penyakit terdeteksi, maka proses pengobatan dan tingkat kesembuhan pun semakin meningkat.

Adapun gejala kanker mata melanoma yang umum muncul, meliputi:

  • Penglihatan buram
  • Penglihatan ganda atau diplopia
  • Mata iritasi
  • Mata merah
  • Mata menonjol
  • Nyeri pada mata
  • Senasi seperti masuknya benda asing pada mata
  • Perubahan pada bentuk pupil
  • Tekanan di dalam mata tinggi
  • Adanya kilatan cahaya pada penglihatan
  • Distorsi penglihatan
  • Ablasio retina atau terlepasnya retina dari lapisan dasarnya
  • Kehilangan penglihatan

Pengobatan Kanker Mata Melanoma

Kanker masuk ke dalam deretan penyakit paling mematikan di dunia. Bagaimanapun, penderitanya tetap memiliki kesempatan untuk hidup dengan melakukan pengobatan sesegera mungkin.

Pada kasus kanker mata melanoma, jenis pengobatan dilakukan berdasarkan lokasi dan ukuran tumor, serta apakah tumor tersebut memunculkan gejala atau tidak.

Secara umum, ada tiga jenis pengobatan kanker mata melanoma yang biasa dilakukan oleh ahli medis, di antaranya meliputi:

1. Pemantauan 

Saat tumor masih berukuran kecil dan perkembangannya cenderung lambat, maka ahli medis akan memilih untuk tidak mengambil prosedur medis apapun sembari melakukan observasi atau pemantauan.

Bagaimanapun, saat ini telah tersedia pengobatan untuk mengobati melanoma kecil lebih cepat dengan pertimbangan menghindari perkembangan yang tidak diharapkan di kemudian hari.

2. Terapi radiasi

Terapi radiasi memang sudah terkenal sebagai pengobatan kanker yang paling umum. Adapun jenis terapi radiasi untuk mengatasi kanker mata melanoma yaitu brachytherapy.

Perlu kita ketahui bersama, brachytherapy adalah terapi radiasi yang dijalankan untuk mengatasi kanker berukuran kecil hingga sedang.

Prosedur ini dijalankan dengan menanamkan cakram radioaktif di dekat tumor selama beberapa hari. Tujuannya adalah untuk merusak sel kanker dan membuat tumor menyusut.

Di samping itu, radioterapi sinar eksternal bisa menjadi opsi lain. Prosedur ini memanfaatkan sinar laser radiasi untuk mematikan sel kanker pada mata.

3. Operasi 

Di saat prosedur lain tidak memungkinkan untuk dilakukan, operasi menjadi pilihan selanjutnya untuk menghilangkan tumor sepenuhnya dari mata.

Pada beberapa kasus, ahli medis akan menghilangkan tumor dan area sekitarnya sekaligus. Namun, pengangkatan seluruh bola mata atau enukleasi merupakan pilihan yang lebih ekstrem saat kerusakan sudah sangat parah.

BACA JUGA: Ciri-ciri Burnout dalam Bekerja dan Dampaknya Pada Kesehatan

Pencegahan Kanker Mata Melanoma

Generally, penyebab kanker mata melanoma sendiri belum diketahui secara pasti, namun ahli medis juga belum membenarkan apakah kanker mata semacam ini bisa dicegah.

Ketika kanker mata melanoma dihubungkan dengan paparan sinar matahari, hal ini belum bisa dibuktikan dalam dunia medis. Kendati demikian, penggunaan pelindung mata dari sinar ultraviolet menurunkan risiko terkena kanker.

American Cancer Society merekomendasikan penggunaan kacamata dengan teknologi pelindung sinar UV saat beraktivitas di luar rumah, terutama saat matahari sedang terik di siang dan sore hari.

Bahkan, mereka mengatakan bahwa paling baik menggunakan kacamata dengan perlindungan terhadap UVA dan UVB sebesar 99%.

Kesimpulan

Finally, kita sudah sampai di penghujung pembahasan kita mengenai kanker mata melanoma. Jadi, apakah kalian sudah semakin tercerahkan mengenai jenis kanker yang satu ini.

Meskipun tergolong langka, kanker mata harus dihindari demi kelangsungan hidup kita di masa tua. Menikmati masa tua sembari berkumpul bersama keluarga terkasih merupakan impian semua orang yang tak ternilai dengan apapun.

Oleh sebab itu, kita harus senantiasa menjaga kesehatan mata sedari dini. Terlebih lagi, kini semakin banyak faktor yang mengancam kesehatan mata seperti halnya gawai, polusi udara, dan lain sebagainya.

Kamu bisa mulai dari diri sendiri dengan menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi, minum air putih 2 Liter sehari, tidur 7-8 jam per hari, berolahraga rutin, dan jangan lupa minum vitamin Eyebost.

Vitamin mata Eyebost adalah vitamin mata yang bertujuan menjaga penglihatan tetap jernih, tajam, dan fokus, meredakan gejala mata iritasi, serta mencegahnya dari berbagai jenis penyakit mata.

Vitamin mata Eyebost terbuat dari 100% bahan-bahan alami seperti ekstrak wortel, bunga marigold, buah bilberry, dan madu asli yang mengandung vitamin A, C, E, serta antioksidan lutein, antosianin, polifenol, dan flavonoid.

Buat kamu yang penasaran apakah Eyebost menimbulkan efek samping, maka jawabannya adalah TIDAK, ya!

Eyebost tidak menimbulkan efek samping sedikitpun karena hanya terbuat dari bahan-bahan alami tanpa pengawet sedikitpun. Selain itu, Eyebost aman dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak di atas 2 tahun, remaja, dewasa, sampai kalangan lanjut usia.

Selain itu, Eyebost memiliki rasa yang manis dan segar buah-buahan, jadi anak-anak dijamin suka deh!

Jadi, buat kamu yang ingin menjaga mata dan mencegah kanker mata melanoma tanpa harus ribet bikin jus wortel setiap hari, mulai konsumsi Eyebost, yuk! Pesan sekarang melalui website resminya dan dapatkan promo menarik serta sesi konsultasi gratis dengan customer service Jangan sampai kehabisan! Ingat mata, ingat Eyebost!

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

28 Komentar

  1. Seiring waktu kualitas mata semakin berkurang. Penyakit mata sangat mudah menyerang bagi mereka yang berusia diatas 50 tahun.

  2. Ngeri juga ya paparan sinar matahari ini. Apalagi kalau udah kelihatan gejalanya bisa tambah overthinking. Mata termasuk indera yang sangat penting bagi manusia. Emang penting banget memberikan nutrisi terbaik untuk mata.

  3. wah info seperti ini nih yang penting banget. apalagi bagi aku yang juga berkaca mata, harus selalu memantau keadaan mata, enggak boleh lalai dengan kesehatan mata

  4. Terima kasih infonya mbak. Penyakit mata kelihatannya semakin banyak ya. Nggak dipungkiri juga sih karena sekarang generasi kita lebih banyak menatap layar tv, laptop, dan juga hp.

  5. Punya mata rabun dan harus pakai kacamata sehari-hari saja udah bikin sedih, apalagi yang menderita kanker mata. Semoga bisa dijauhkan dengan kanker mata melanoma.

  6. Saya baru mangenal kanker mata melanoma ini. Ternyata memang ada banyak sekali potensi penyakit di tubuh kita. Semoga dijauhkan, karena kesehatan sangat mahal. hiks

  7. Ternyata ada kanker mata dan itu jadi salah satu kanker mematikan pula. Aku baru tahu loh… Dan kini diriku mulai paham kenapa harus pakai kacamata pelindung yg anti UV.

  8. Bersyukur bgt dunia pengobatan udh berkembang begitu pesat. Dan percayalah kalo Tuhan menciptakan penyakit, pasti ada obatnya, kecuali pikun dan mati sih. Hehe. Yg ini ga ada obatnya.

    Smg masyarakat yg pny keluhan spt gejala kanker mata melanoma ini bs berobat dgn mudah. Dgn observasi, terapi hingga operasi mkn menurunkan jumlah penderita melanoma di Tanah Air ya kak.

  9. Aduh lumayan serem ya kanker mata melanoma. Jaga kesehatan mata penting sih memang kalo sudah sakit lebib effort lagi usahanya

  10. Thanks for share mba. Aku baru tahu tentang kanker mata melanoma ini.
    Harus lebih memperhatikan kesehatan mata ya. Sehat-sehat selalu untuk kita ya mba

  11. Menjaga kesehatan mata ini memang penting dilakukan, karena dia seperti penuntun jalan. Dan semoga terhindar dari kanker melanoma dengan melakukan pencegahan sedini mungkin.

  12. Saya baru mengetahui kanker mata melanoma ini, semoga dijauhkan dari sakit ini, sehat-sehat dengan menerapkan gaya hidup sehat

  13. Mencegah lebih baik daripada mengobat ya, Mba tapi ternyata belum tahu pasti juga penyebabnya nih. Memang saran yang diberikan dengan pakai kacamata bisa dicoba deh agar tidak langsung melihat matahari yg sedang teriknya.

  14. Eh tapi itu gejalanya kaya mata minus juga nggak sih, sama mata yg kering gitu. Jujur aku baru tahu ini, ngeri juga ya huwaaa 🙁 harus mulai aware jaga kesehatan mata deh. Sehat selalu semuanya ^^

  15. Semoga kita semua dijauhkan ya dari kanker mata melanoma bacanya kok serem bngt ya yang penting kita selalu terapkan hidup sehat buat pencegahan

  16. Ya Allah kanker mata ngeri juga ya, semoga sudah makin canggih dan bisa sembuh dengan tindakan medis.

  17. Eyebost bisa jadi treatment unuk menjaga kesehatan mata keluarha, apalagi sangat cocok dikonsumsi semua usia, bahkan oleh anak-anak

  18. Muhammad Gusti Apriansyah menulis:

    Ternyata mata juga berpotensi terkena kanker ya? Semoga kita semua terhindar dari penyakit tersebut

  19. Aku baru tahu soal Kanker Mata Melanoma ini. Orang kena plus atau minus aja PR ya. Ini malah cancer. Meski sekarang sudah semakin maju, harus dan wajib sih buat tetap menjaga kesehatan kita

  20. Saya baru dengar soal kanker melanoma ini. Terima kasih ya Mbak sudah detail menjelaskan. Saya jadi harus lebih aware lagi sama masalah penglihatan ini.

  21. Hafif Rahman menulis:

    astagfirullah, semoga tidak terjadi pada saya dan semua temen-temen blogger di sini! Aaamiiin

  22. perlu banget nih keluar rumah pake kacamata anti UV atau yang pake kacamata seperti saya perlu ganti dengan yang ada anti uv nya. perlu juga ternyata mengonsumsi vitamin mata ya, auto beli Eyebost ah

  23. Hiii ngeri juga ya paparan sinar matahari ini. Apalagi mata juga termasuk bagian paling penting . Emang harus banyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin nihh

  24. Fenni Bungsu menulis:

    Kalau mata sudah ada tanda-tanda merah gak bisa dianggap sepele ya kak, karena bisa jadi salah satu penyebab yang berakibat ke melanoma ini. Informasi yang bervitamin nih kak. Siip

  25. Kalau ngobrolin kanker ini merinding yaa, ka..
    Karena ya itu yaa.. penyebabnya kadang ga diketahui secara pasti.
    Semoga alarm tubuh seperti apapun, tidak kita abaikan dan bisa dilakukan pengobatan secara tepat.

  26. Lebih ke mengerikan sih mbak kanker mata…pasalnya baru denger penyakir kanker tapi di mata. Tapi apakah ada stadiumnya juga ya?

    Jadi was was kalo soal mata,.karena benda nomor satu di badan

  27. Hendy Liem menulis:

    Bagi conten writer seperti saya, mata adalah aset yang sangat penting. Bayangkan apa bila mata mengalami hal yang tak diinginkan oleh karena itu sangat penting bagi kita semua untuk menjaga aset kita yaitu mata.

  28. kesehatan mata adalah investasi penting bagi kualitas hidup. Jadi, jaga mata kita dan Eyebost menjadi solusi praktis dan efektif untuk merawat kesehatan mata kita. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *