Advetorial

Internet Satelit, Memanfaatkan Peluang WiFi di Daerah Tanpa Sinyal

Internet telah menjadi kebutuhan mendasar di era digital ini, digunakan untuk berbagai aktivitas seperti belajar, bekerja, berbisnis, dan hiburan. Namun, sayangnya, akses internet yang memadai belum merata di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, internet satelit bisa menjadi salah satu peluang bagi kamu untuk membuka usaha WiFi di daerah tanpa sinyal.

Apa itu Internet Berbasis Satelit?

Internet berbasis satelit menggunakan satelit sebagai media transmisi data. Dalam sistem ini, pengguna mengirim dan menerima data melalui antena parabola yang terhubung dengan satelit di orbit bumi.

Keunggulan utama dari internet berbasis satelit adalah kemampuannya menjangkau daerah yang sulit diakses oleh infrastruktur kabel atau serat optik, membuatnya menjadi solusi yang efektif untuk daerah terpencil atau pedalaman.

Kamu dapat memberikan solusi dengan menyediakan WiFi berbayar menggunakan internet berteknologi satelit. Namun, layanan ini dapat memiliki latensi yang lebih tinggi dibandingkan dengan solusi darat, yang dapat memengaruhi performa aplikasi real-time seperti video conference atau gaming.

Meskipun demikian, internet berbasis satelit tetap menjadi pilihan yang relevan untuk menyediakan konektivitas di daerah yang sulit dijangkau oleh infrastruktur darat.

UBIQU: Solusi Internet Satelit dari PSN

UBIQU, layanan internet satelit dari PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN), menjadi pilihan utama. PSN adalah perusahaan satelit swasta pertama di Indonesia, mengoperasikan satelitnya sendiri, dan memiliki kapasitas terbesar. Produk unggulan UBIQU, SINYALKU, adalah layanan internet satelit yang ideal untuk membuka usaha WiFi di daerah tanpa sinyal.

Keunggulan SINYALKU

Adapun keunggulan dari SINYALKU adalah sebagai berikut:

  1. Pemasangan dan Perawatan Mudah: Tanpa biaya bulanan, pemasangan cepat, dan perawatan yang sederhana.
  2. Billing dan Voucher Terintegrasi: Sistem pembayaran dan voucher yang mudah dan terintegrasi.
  3. Harga Paket Fleksibel dan Terjangkau: Paket internet dengan harga terjangkau dan fleksibel.
  4. Layanan Tambahan: Penjualan pulsa GSM dan pembayaran online (PPOB).

Langkah Mudah Memiliki SINYALKU

Berikut ini cara memiliki SINYALKU:

  1. Hubungi Tim UBIQU: Kunjungi www.ubiqu.id atau hubungi layanan pelanggan di 021-5093-8888 untuk konsultasi kebutuhan internet, lokasi pemasangan, dan biaya.
  2. Pilih Paket Internet: Tentukan paket yang sesuai, lakukan pembayaran sesuai ketentuan.
  3. Pengiriman Perangkat: Antena parabola, modem satelit, dan router WiFi outdoor akan dikirimkan ke alamatmu.
  4. Pemasangan oleh Teknisi: Teknisi akan memasang perangkat dan memberikan panduan pengoperasian via aplikasi Android SINYALKU.
  5. Aktivasi dan Mulai Usaha WiFi: Aktifkan perangkat SINYALKU dan jalankan usaha WiFi dengan sistem billing dan voucher terintegrasi.

Tips Memulai Usaha WiFi dengan SINYALKU

Simak juga beberapa tips berikut ini yang perlu kamu perhatikan dalam memulai usaha WiFi di daerah dengan SINYALKU:

1. Mengetahui Target Pasar

Kenali target pasar di daerahmu, apakah warga masyarakat di daerahmu membutuhkan akses internet atau tidak, apakah ada potensi digunakan untuk anak sekolah, pekerja atau rumah tangga. Kamu nanti juga dapat menyesuaikan jenis voucher dari sisi kuota dan harga berdasarkan potensi target pasarnya.

2. Tentukan Lokasi Usaha yang Tepat

Lokasi usaha yang tepat sangat membantu dan mempermudah mendapatkan pelanggan. Kamu bisa memilih lokasi yang strategis yang mudah dijangkau pelanggan dengan lalu lintas orang yang cukup tinggi seperti di pinggir jalan utama atau wilayah padat penduduk tetapi sedikit masuk ke dalam.

3. Kuasai Pengetahuan tentang Internet dan WiFi

Ketika akan memulai usaha, tentu kamu harus memahami betul layanan dan produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu, kamu juga perlu mengetahui hal tentang Internet dan perangkat WiFi.

Tidak dipungkiri kamu mungkin juga akan menemukan pengguna baru yang belum mengetahui tentang internet, email, social media dan lainnya, disini kamu dapat mengenalkan mengenai Internet, memandu membuat email, membuat social media dan berbagai manfaat positif lainnya.

Selain itu kamu juga perlu mengetahui mengenai jaringan WiFi, bagaimana untuk mengoptimalkan kinerja WiFi sekaligus mengatasi kendala jika terjadi kesalahan dalam jaringan WiFi.

4. Harga Voucher yang terjangkau

Tentu saja salah satu tujuan dalam memulai usaha adalah untuk memperoleh keuntungan dari usaha tersebut. Namun bukan berarti kamu harus mematok tarif tinggi untuk keuntungan maksimal.

Kamu dapat membuat voucher yang dapat disesuaikan dengan kebiasaan pelanggan di daerahmu dengan harga yang tidak terlalu tinggi dari tariff yang sudah ditetapkan. Selain itu, kamu juga bisa membuat promo untuk menarik pelanggan untuk terus menggunakan layanan WiFi Internetmu.

5. Fasilitas Tambahan

Sebagai pelengkap, kamu dapat memberikan fasilitas tambahan untuk pelanggan untuk kenyamanan dalam berinternet. Kamu dapat menyediakan kursi, meja, serta tempat yang teduh untuk kenyamanan pelanggan.

Kamu juga dapat menyediakan berbagai minuman atau juga makanan ringan (camilan) untuk menemani pelanggan yang tengah memanfaatkan layanan WiFi.

SINYALKU sendiri juga menyediakan fasilitas layanan tambahan berupa pembayaran online (PPOB) untuk pembelian pulsa, game online, pembayaran listrik dan lain-lain yang dapat menambah pendapatan usahamu.

Usahakan pada saat memulai usaha, kamu juga melakukan promosi untuk mendatangkan pelanggan. Dapat berupa pemasangan banner atau spanduk, poster, selebaran atau mempromosikan dari mulut ke mulut.

Dengan langkah-langkah ini, tidak hanya mendapatkan keuntungan, namun juga memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan internet saltelit di daerah tanpa sinyal. Selamat mencoba!

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *