Review

Coba Insto Dry Eyes, Solusi Mata Kering Depan Laptop!

Insto Dry Eyes

Sebagai content writer yang tiap hari menatap layar laptop, masalah kesehatan mata memang menjadi prioritas penting. Selain gangguan penglihatan jarak jauh alias mata minus, mata saya kerap kali mengalami rasa perih jika terlalu lama depan laptop. Untungnya, setiap mata saya mulai menunjukkan gejala mata kering, saya langsung tetesi Insto Dry Eyes. Hasilnya? Gak usah ditanya!

Sejujurnya, saya memang tipe orang yang gampang skeptis masalah produk obat-obatan dalam segala macam bentuk, termasuk obat tetes mata. Saya takut obat-obatan bisa membuat saya ketergantungan. Tapi, kenapa saya pada akhirnya memutuskan untuk memiliki obat tetes Insto ini?

Yuk simak ulasan saya berikut ini!

Awal Mula Gejala Mata Kering Menyerang

Awal mula gejala mata kering menyerang
Dokumen pribadi

Saya sudah menggunakan kacamata minus dari kelas tiga SMP. Di umur saya yang sudah 28 tahun, tentu masalah mata ini tetap menjadi persoalan yang krusial dong. Apalagi pekerjaan saya melibatkan banyak waktu di depan layar laptop. Mulai dari mengedit naskah, menulis artikel, dan berinteraksi dengan berbagai platform online. 

Di tahun 2021, saya sudah mulai merasakan gejala yang mengganggu pada mata saya. Saat itu, saya sedang memasuki semester awal kuliah S2. Awalnya, saya anggap ini sebagai sesuatu yang sementara. Kupikir ‘Ah ntar juga sembuh, kok.’ Namun, seiring berjalannya waktu gejalanya semakin intens dan menghambat produktivitas kerja saya.

Jadi, setiap kali saya duduk di depan layar laptop untuk waktu yang lama, mata saya terasa kering dan perih. Sensasi seperti ada pasir di mata membuat saya nggak bisa fokus dan pekerjaan jadi terhambat. Saya malah sibuk dan lebih sering menggosok-gosok atau mengedip-ngedipkan mata untuk mengurangi rasa nggak nyaman.

Nah, pada malam hari, ketika seharusnya mata mendapatkan istirahat, gejala mata kering saya makin berasa. Kadang-kadang juga disertai dengan rasa gatal yang sulit diatasi. Pergantian antara lingkungan yang terlalu ber-AC dan waktu yang dihabiskan di depan layar laptop semakin memperburuk kondisi mata saya.

Setelah beberapa hari merasakan gejala yang sama, saya memutuskan untuk mencari informasi lebih lanjut. Ternyata apa yang saya alami adalah tanda-tanda mata kering yang harus segera diobati. 

Gejala Mata Kering yang Umum Terjadi 

gejala mata kering yang umum terjadi
Ilustrasi/canva

Dalam penelitian cross-sectional dengan partisipasi 400 pasien, ditemukan bahwa sekitar 30% dari mereka yang mencari perawatan dari dokter mata mengalami gejala mata kering.

Ada 3 gejala umum mata kering, di antaranya sebagai berikut:

1. Mata Pegel/Lelah

Mata yang terasa pegal seringkali menjadi tanda bahwa mata sedang kering. Kadang-kadang, kamu bisa merasakan seolah-olah ada beban atau kelelahan pada mata, terutama setelah berlama-lama menggunakan komputer atau membaca.

2. Mata Sepet

Mata sepet adalah keadaan di mana kelopak mata terasa keras atau lengket. Terasa seolah-olah ada sesuatu yang mengganjal atau menyebabkan ketidaknyamanan di mata. Terkadang, kondisi ini juga dapat terasa seakan-akan ada benda asing seperti pasir di dalam mata.

3. Mata Kering/Perih

Sensasi mata yang kering adalah gejala klasik dari sindrom mata kering. Ini dapat disertai dengan sensasi terbakar atau perih. Mata perih ini juga dapat mempengaruhi penglihatan dan kesehatan mata  kita secara keseluruhan.

Gejala ini dapat menjadi lebih buruk saat berada di lingkungan yang berangin, dalam ruangan yang ber-AC, atau saat terpapar asap rokok. Faktor-faktor seperti penggunaan komputer, membaca, atau kontak lensa juga dapat memperburuk gejala mata kering.

BACA JUGA: Mengatasi Beban Keuangan Generasi Sandwich: Bisa Yuk Punya Tabungan!

Penyebab Mata Kering

Penyebab mata kering
Ilustrasi/canva

Penyebab utama mata kering bisa bervariasi, tetapi satu faktor yang umum adalah penurunan produksi air mata seiring bertambahnya usia karena perubahan hormon. 

Di sebuah pusat perawatan tingkat lanjut, penelitian menemukan bahwa 54,3% dari pasien yang berusia 40 tahun ke atas mengalami mata kering. Ini bisa dialami baik oleh pria maupun wanita, tetapi lebih sering terjadi pada wanita, terutama setelah mengalami menopause.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan mata kering:

1. Penyakit tertentu: Beberapa kondisi medis seperti rheumatoid arthritis, sindrom Sjögren, penyakit tiroid, dan lupus dapat berkontribusi pada mata kering.

2. Masalah kelopak mata: Blefaritis (pembengkakan atau kemerahan kelopak mata), entropion (kelopak mata masuk), dan ektropion (kelopak mata menghadap ke luar) juga dapat menjadi penyebab.

3. Paparan lingkungan: Faktor-faktor seperti asap, angin kencang, atau cuaca sangat kering dapat mempengaruhi kelembapan mata.

4. Aktivitas sehari-hari: Menggunakan komputer atau membaca dalam waktu lama, serta aktivitas lain yang mengurangi jumlah kedipan mata, dapat menyebabkan mata kering. 

5. Penggunaan lensa kontak: Menggunakan lensa kontak dalam waktu yang lama juga dapat berkontribusi pada masalah mata kering.

6. Operasi mata refraksi: Beberapa orang mengalami mata kering setelah menjalani operasi mata refraksi seperti LASIK.

7. Penggunaan obat-obatan: Beberapa jenis obat, seperti diuretik, beta-blocker, antihistamin, obat tidur, obat kecemasan, antidepresan, dan obat sakit maag, dapat menyebabkan mata kering. Oleh karena itu, penting untuk memberi tahu dokter mata tentang semua obat, baik resep maupun non-resep, yang sedang kamu konsumsi.

Bahaya Mata Kering

Bahaya mata kering
Ilustrasi/canva

Memangnya mata kering berbahaya? Tentu saja! Mata kering, jika tidak diatasi dengan baik, dapat menyebabkan sejumlah masalah dan bahaya bagi kesehatan mata dan kenyamanan penglihatan. 

Selain kita merasa nggak nyaman, berikut adalah beberapa potensi bahaya apabila mata kering tidak diatasi:

1. Iritasi Mata

Mata kering dapat menyebabkan iritasi dan perih. Sensasi terbakar dan gatal pada mata juga sering terjadi, yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

2. Gangguan Penglihatan

Mata kering dapat mempengaruhi ketajaman penglihatan. Penglihatan kabur atau buram dapat terjadi karena kurangnya lapisan air mata yang merata di permukaan mata kita.

3. Kerusakan pada Permukaan Mata

Kurangnya kelembaban dapat menyebabkan kerusakan pada permukaan mata. Ini dapat mengakibatkan luka atau goresan pada kornea, yang memerlukan perawatan medis.

4. Infeksi Mata

Mata yang kering cenderung lebih rentan terhadap infeksi. Kekurangan air mata dapat mengurangi kemampuan mata untuk membersihkan diri dari bakteri dan kotoran, meningkatkan risiko infeksi konjungtiva atau kornea.

5. Kerusakan pada Lapisan Mata

Kekurangan kelembaban dapat merusak lapisan air mata dan menyebabkan perubahan pada struktur dan fungsi mata, yang dapat memengaruhi kesehatan mata secara keseluruhan.

6. Peningkatan Risiko Penyakit Mata Lainnya

Mata kering juga dapat menjadi faktor risiko untuk pengembangan penyakit mata lainnya, seperti blepharitis (peradangan kelopak mata) atau sindrom mata kering yang parah.

Insto Dry Eyes, Solusi Mata Kering

Mengatasi mata kering dengan insto dry eyes
produk Insto Dry Eyes/ Dokumen Pribadi

Jika ditanya, kenapa mesti pakai Insto Dry Eyes dan bukan yang lain? Seperti yang saya katakan di awal, saya adalah tipe orang yang terlalu skeptis persoalan obat. 

Sebelum memutuskan membeli, tentu yang saya lakukan terlebih dahulu adalah riset. Bagaimana obat tetes mata ini bisa membuat mata saya jadi lebih baik. 

Ada tiga macam-macam Insto dan kegunaannya masing-masing, yaitu Insto Cool Eye Drop, Dry Eyes, dan Insto Regular Eye Drops. Ketiga varian ini berukuran mini dengan isi 7,5 mL. Jadi, sangat mudah dibawa kemana-mana.

  1. Varian pertama, Insto Cool Eye Drop, memberikan sensasi dingin pada mata, merilekskan, dan menghilangkan perih akibat debu. 
  2. Varian kedua, Insto Dry Eyes, berfungsi sebagai pelumas mata yang cocok untuk mata kering dan terasa panas. 
  3. Varian terakhir, Insto Regular Eye Drops, digunakan untuk mengatasi mata merah dan iritasi ringan akibat debu, asap, dan lainnya. 

Karena gejala saya adalah mata kering, maka yang saya butuhkan adalah Dry Eyes. Harga Insto Dry Eyes di apotik yaitu Rp17.000. Cukup murah, bukan? 

Ternyata, setelah saya telusuri, ada kandungan yang memang efektif untuk mengatasi gejala kekeringan pada mata. Berikut ini dua zat aktif yang terkandung di dalam Insto Dry Eyes:

Hydroxypropyl methylcellulose 3,0 mg 

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa Hydroxypropyl methylcellulose (HPMC) telah terbukti mampu membantu mengobati mata kering pada pasien usia lanjut dan penderita diabetes selama operasi fakoemulsifikasi. 

Nah, dalam perawatan mata, HPMC ini berguna untuk membuat tetes mata menjadi lebih kental. Sehingga dapat melekat lebih lama pada mata dan memberikan kelembutan yang lebih lama. 

Selain itu, HPMC juga berfungsi sebagai bahan pengental dalam cairan yang disuntikkan, membantu menjaga kestabilan dan kelangsungan formulasi obat. Dengan kata lain, HPMC memberikan manfaat dalam membuat obat tetes mata lebih efektif dan juga berfungsi dalam berbagai bentuk formulasi obat untuk perawatan mata.

Benzalkonium chloride 0,1 mg

Benzalkonium chloride (BAK) adalah zat aktif yang sering digunakan dalam obat tetes mata. Sekitar 70% formulasi obat mata mengandung bahan ini. Beberapa manfaat penggunaan BAK dalam tetes mata termasuk kemampuannya melawan berbagai jenis bakteri dan jamur, meningkatkan penetrasi obat ke dalam kornea, serta menjaga obat tetes mata agar tetap steril dan aman untuk kamu gunakan.

BACA JUGA: 4 Cara Mengatur Gaji Agar Tidak Cepat Habis

Manfaat Insto Dry Eyes

manfaat insto dry eyes
Dokumen Pribadi

Nah, adapun beberapa manfaat #InstoDryEyes adalah berikut ini:

1. Sebagai Efek Pelumas Seperti Air Mata

Insto Dry Eyes memberikan efek pelumas yang mirip dengan air mata alami. Hal ini membantu meningkatkan kelembaban pada mata, khususnya pada kondisi di mana produksi air mata alami kita berkurang.

2. Mengatasi Gejala Kekeringan pada Mata

Produk tetes mata ini memang dirancang khusus untuk mengatasi gejala mata kering. Dengan memberikan tambahan kelembaban, produk ini membantu mengurangi sensasi kering, perih, dan tidak nyaman yang seringkali terkait dengan kekeringan pada mata. Untuk mata merah, bisa menggunakan Insto Red Eyes.

3. Meringankan Iritasi Mata

Insto Dry Eyes juga bermanfaat untuk meredakan iritasi pada mata yang disebabkan oleh kekurangan produksi air mata. Ini dapat terjadi pada kondisi medis tertentu seperti rheumatoid arthritis, keratoconjunctivitis, dan xerophthalmia, di mana mata cenderung lebih rentan terhadap iritasi akibat kurangnya kelembaban alami.

4. Penggunaan pada Penderita Rheumatoid Arthritis

Bagi penderita rheumatoid arthritis yang sering mengalami gangguan pada produksi air mata, bisa menggunakan Insto Dry Eyes sebagai solusi mata kering dengan memberikan kelembaban ekstra untuk mata.

5. Pelumas untuk Mata Palsu

Selain itu, Insto Dry Eyes juga dapat berfungsi sebagai pelumas untuk mata palsu. Penggunaan yang tepat membantu menjaga kenyamanan dan kelembaban pada mata buatan.

Cara Penggunaan Insto Dry Eyes

cara penggunaan insto dry eyes
ilustrasi/Canva

Buat kamu yang kesulitan atau pertama kali menggunakan obat tetes mata, berikut adalah cara penggunaannya:

  1. Pastikan tangan kamu bersih sebelum menyentuh mata atau menggunakan tetes mata. 
  2. Pegang botol Insto Dry Eyes dengan hati-hati. Periksa apakah tutupnya rapat dan tidak rusak. 
  3. Kemudian, posisikan diri kamu dengan nyaman, entah itu berdiri atau duduk. Jika kamu menggunakan cermin, pastikan memiliki cahaya yang cukup untuk melihat mata dengan jelas.
  4. Buka tutup botol Insto Dry Eyes. Pastikan tidak ada debu atau partikel lain yang masuk ke dalam botol saat dibuka.
  5. Gunakan jari tengah pada satu tangan untuk menarik lembut kelopak mata bagian bawah. Ini membuka sedikit ruang untuk menghindari sentuhan langsung antara mata dan ujung botol tetes mata. Ini sama seperti saat kita menggunakan softlens atau lensa kontak ke mata.
  6. Tahan botol tetes mata di atas mata yang terbuka. Dengan lembut, teteskan satu atau dua tetes Insto Dry Eyes ke dalam kantung mata di bawah kelopak mata yang ditarik. Pastikan ujung botol tidak menyentuh mata atau area sekitarnya.
  7. Setelah meneteskan obat, tutup mata Anda dan berkedip beberapa kali untuk meratakan cairan di permukaan mata.
  8. Pastikan untuk menghindari kontak langsung antara ujung botol dan mata. Hal ini dapat mencegah kontaminasi dan mempertahankan kebersihan produk.
  9. Setelah selesai, tutup botol tetes mata dengan rapat. Pastikan tidak ada sisa obat yang menetes di sekitar tutup.

Oh iya, jika kamu menggunakan lensa kontak, jangan gunakan Insto Dry Eyes secara bersamaan ya. Jika perlu, tunggu beberapa menit setelah menggunakan tetes mata sebelum memasang lensa kontak. Perhatikan juga petunjuk penggunaan pada kemasan Insto Dry Eyes dan ikuti anjuran dokter atau profesional kesehatan mata. 

Bagaimana Efek Setelah Penggunaan?

efek setelah penggunaan
ilustrasi/Canva

Memang saat awal digunakan agak perih, ada sensasi panas yang normalnya terjadi karena efek dari tetes mata. Sensasi perih atau dingin ini sifatnya sementara kok dan akan mereda seiring waktu. Ini adalah respons alami mata terhadap bahan dalam tetes mata.

Selain sensasi perih, beberapa orang juga mungkin mengalami penglihatan buram sesaat setelah menggunakan tetes mata. Hal ini umumnya disebabkan oleh cairan yang menyebar di permukaan mata dan akan segera membaik ketika cairan merata dan mata beradaptasi.

Jadi, penting untuk memberi waktu bagi mata untuk beradaptasi dengan tetes mata, terutama jika ini adalah penggunaan pertama kali. 

Kesimpulan

Overall, Insto Dry Eyes adalah #solusimatakering yang efektif tanpa menyebabkan mata terasa sepet atau lelah. Sejak saya menggunakan obat tetes mata ini, saya nggak lagi terganggu dengan gejala mata kering yang bikin produktivitas menurun. Tapi ingat, selalu perhatikan perubahan apapun pada mata dan konsultasikan dengan profesional kesehatan jika kamu memiliki kekhawatiran, ya.

Referensi:

  1. Prevalence and associated factors of dry eye: Our experience in patients above 40 years of age at a Tertiary Care Center [2015]
  2. Ocular benzalkonium chloride exposure: problems and solutions [2021]
  3. Hydroxypropyl methylcellulose 2% for dry eye prevention during phacoemulsification in senile and diabetic patients [2018]

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

71 Komentar

  1. Sejauh ini, insto emang solusi untuk mata kering. Karena sebagai pekerja yang aktivitasnya hampir 6 jam di depan komputer harus menjaga banget kondisi mata biar tetap sehat.

    1. Lebih baik menjaga daripada mengobati ya. Apalagi Insto ini mudah didapatkan dan harga juga terjangkau

  2. Memang kak aku kalau seharian memakai kontak lens, mata selalu kering… bahkan softlensnya suka menempel hingga agak sulit dilepaskan, jadi kadang setelah soft lens bs terlepas, aku langsung memakai insto dry eyes. Memang insto adalah andalan bagi mata bermasalah.

  3. Bekerja di depan komputer sehari-hari memang cukup melelahkan. Meski banyak yang bilang pekerjaan di depan komputer adalah hal yang cukup menyenangkan karena (biasanya) dalam ruangan ber-AC dan tidak banyak beraktivitas di luar ruangan. Namun, rasa lelahnya juga cukup terasa. Apalagi di bagian mata. Menatap layar monitor selama berjam-jam itu cukup melelahkan dan kadang bisa bikin kepala pusing. Setelah mencari tau lebih detail, ternyata bisa disebabkan oleh mata yang terlalu kelelahan karena terlalu lama menatap layar monitor/komputer.

    Seperti Kak Dila, Saya juga cukup takut tergantung kepada obat-obatan. Namun, karena sudah berkaitan dengan produktivitas, akhirnya milih pakai Insto untuk pencegahan mata kering dan sesekali membiasakan diri untuk break sejenak dari menatap layar komputer.

    1. Era menulis:

      Valid kak… Bahkan, sudah pakai kacamata anti radiasi juga tetap bisa kering. Untungnya sedia insto di rumah

  4. Pas banget Kak. Daku barusan aja pakai Insto Dry Eyes untuk atasi mata kering. Bagi pekerja yg sering menatap layar emang kudu nyetok Insto ya.

  5. Gusti Afriansyah menulis:

    Bener banget, terutama bagi yang kerja di depan layar komputer atau HP wajib banget punya Insto Dry Eyes ini biar mata gak kering

    1. Daku pun juga demikian Kak Gusti,
      Jadinya kudu antisipasi biar mata tetap sehat
      Karena mata sebagai aset masa depan

  6. Wah iya, ya, baca artikel ini aku baru sadar bahwa kerjaanku ngandelin mata banget. Jadi mesti jaga kesehatan mata banget.

  7. Saya juga punya mata minus dan keluhan saya biasanya mata kadang perih dan ber-air ketika berkendara, kata dokter sih karena efek terkena angin kencang. Tapi gada salahnya saya coba varian dari insto ini nanti.

  8. Aku selalu sedia Insto Dry Eyes di tas kak. Apalagi dengan kondisi debu dimana-mana seperti ini. Setelah ditetesi Insto Dry Eyes tuh mata terasa sejuk banget dan tidak perih lagi…

  9. kalau sudah di depan laptop kadang kita suka lupa waktu memang, tau-tau mata sudah perih dan kering saja. Kalau sudah begitu, waktunya rehat dan coba Insto Dry Eyes untuk mata kembali segar

  10. Wah. Selama ini saya pikir mata gatal dah perih itu hanya karena debu. Bisa jadi ternyata karena mata terlalu lelah karena berhadapan dengan layar pc atau handphone.

    Saya sendiri yang paling takut makai obat-obatan mata. Setelah baca ini adi paham, ternyata Insto itu bisa beberapa varian ya. Sepertinya kondisi saya cukup Insto dry Eyes aja.

    Oh iya. Terima kasih atas informasinya. Sangat menyenangkan membaca storinya sekaligus solusi obat mata yang dijelaskan.

  11. Artikelnya manfaat banget kak, lengkap dengan referensi ilmiahnya, suka!
    Insto emang udah dikenal sebagai produk tetes mata andalan keluarga di Indonesia. Sekarang baru tahu kalau sudah ada tiga varian. Untuk cairan tetes mata ini sendiri apa boleh sering diaplikasikan ke mata kak? Ada efek sampingnya ga ya..

  12. Ternyata banyak ya kak penyebab mata gatal itu. Saya pribadi beberapa kali terkendala dengan mata karena pemakaian softlense. Penting nih selalu sedia Insto.

  13. untung ada insto kan dan semua jadi lebih mudah, kemasan mungil jg bikin siapa saja dengan mudah mengantongi karena pas gitu aja

  14. wa iya setuju banget kita yg kerjaannya banyak di laptop wajib sedia insto dry eyes. akupun sedia selalu apalagi aku si kacamata dikit dikit mata pegel sepet

  15. Agak-agak mirip nih sama yang dulu pernah aku alami. Jadi dulu kan tempat kerja ber-AC. Trus kerjaan banyak ngadep ke laptop. Dah lah, sering sepet bener rasanya mata. Dan karena dulu aku nggak tahu, akhirnya aku gucek tuh mata. Benar saja, mataku malah tambah nggak beres.

  16. Sama mbaaa aku juga jadi skeptis kalau urusan mata, kalau obat yg diminum sih nggak terlalu. Udah overthingking duluan aja takut malah tambah perih, ehh pas cobain Insto Dry Eyes nggak perih malah merasa mata jadi nggak kering lagi dan kembali seperti semula. Penting banget menjaga kesehatan mata, secara kan kerjaan emang menggunakan laptop terus setiap hari ya mbaaa.

  17. Kalo mata sering sepet lihat kejulidan netizen, itu gejala apa ya, Kak? Hehehe….
    Tiga gejala mata kering di atas kualami juga, Kak, makanya kami selalu sedia Insto di rumah.

  18. Asli sih, mata capek banget kalo depan laptop. Kering, jadi mudah gatel gitu. Biasanya sih juga sedia insto nih, buat jaga² biar mata tetep jernih.

  19. Aku ya berasa banget mbak usia2 sekarang gak jaga kesehatan mata dulu huhu. Makanya nih kalau depan gadget atau laptop aku tu gak memandang terus ke monitor jd aku selingin. Gak enak banget mata kering terasa gatal, kalau digaruk bisa iritasi pula. Emang penting yang namanya tetes mata selalu kita sediakan, khususnya buat yang sering menata[ layar monitor yaa.

    1. #menatap

  20. Seringnya sih pegel dan pedes rasanya, kalau sudah kelamaan natap layar. Malah kadang sampai buat baca kayak berbayang gitu. Tapi kalau mau pakai obat tetes kok khawatir 🤭. Jadi biasanya cuma ninggalin layar saja untuk beberapa jam

  21. aku juga stok insto kak di rumah soalnya kerjaku depan laptop dan banyak depan layar nih

  22. Saya juga merasakan gejala2 mata kering & sdh coba pakai jg Insto Dry Eyes. Alhamdulillah mata udah normal sekarang. Baru tau lho kalo bahayanya seserem itu. Makasi ulasannya mbak.

  23. Kalau udah kelamaan natap laptop atau layar hp sih berasa gatel gitu mata, kayak kadang sampe merah. Bahkan pakai kacamata UV juga tetep begitu

  24. Bayu Fitri menulis:

    Selalu bawa Insto Dry Eyes sih kalau Aku soalnya kerjaanku mantengin layar laptop hehehe

  25. cocok buat saya yang sering banget depan laptop akhirnya mata jadi cepet kering atau pas banget sering ke lapangan jadinya mata sering kena debu perih akhirnya juga kering, saya sering juga kemana-mana membawa Insto dry eyes ini, ukurannya juga travel friendly banget

  26. Insto tetes mata selalu saya gunakan ketika mata mulai iritasi terlalu banyak di depan laptop

  27. Orang sekarang memang butuh insto dry eyes deh krn umumnya sering di depan gawai

  28. Yuni BS menulis:

    Kerjaan sehari-hari menuntut mata untuk menatap layar laptop lebih lama. Kadang mata terasa pegel gitu. Akhir-akhir ini aku pakai insto kalau pas udah terasa pedes mataku.

  29. Aku pernah banget mengalami mata perih kayak gini waktu sedang mengerjakan perangkat ajar yang borongan. Duhhh rasanya nggak enak banget. Untung ada teman yang punya insto waktu itu. Tapi nggak tahu itu yang dry eyes apa bukan.

  30. Gejala yang paling sering kurasakan sih mata pegal dan cepat lelah ini.. ternyata itu salah satu gejala mata kering ya.. Untung ada Insto Dry Eyes..

    1. Iya ka..
      Aku gak ngalamin gejala seperti ini, tapi anakku mulai ngeluh kalau ada waktu-waktu tertentu, matanya tuh gatal dan blurry gitu.. Jadi kudu sedia Insto Dry Eyes untuk usia berapa pun ya..

  31. Nggak enak banget emang mata kering. Apalagi pas dikejar deadline, beugh, bawaannya jadi pengen nampol wadidaw ya.

    1. Iyaaa benerrr ga enak bangey kalau mata kering. Makanya harus punya insto

      1. Gusti Afriansyah menulis:

        Setuju, Insto Dry Eyes ini emang bagus banget buat mata kering dan nyaman juga gak bikin perih

  32. Amir menulis:

    Untuk menjaga kesehatan mata, saya menggunakan keyboard eksternal. Inspirasi ini saya dapat dari seorang blogger yang memakai keyboard eksternal yang membuat jarak pandang ke layar laptop jadi lumayan jauh namun tetap terlihat. Sehingga bisa untuk berjaga-jaga.

    1. Pantas saja banyak freelance yang pakai keyboard eksternal ini ya. Ternyata ada manfaatnya juga untuk mata.

  33. wah aku juga suka sepet matanya kalau lama depan layar… jadi aku juga selalu sedia insto dry eyes

  34. Aku juga sedia Insto Dry Eyes di rumah. Hampir setiap hari natap layar, emang bikin pegel mata dan kayanya terasa kering. Jadi daripada kenapa-kenapa, lebih baik sedia dulu ya

  35. Sudah lama banget ini saya tidak pakai produk tetes mata. Sekarang ada varian yang pas buat saya yg suka didepan laptop. Besok coba cek ke apotik terdekat semoga adaa

  36. Relate sih, kerja terlalu lama depan laptop apalagi sampai Berjam jam emang sering bikin mata perih. Saya juga pernah ngalamin. Sayangnya waktu itu gak langsung ditangani jadinya makin parah. Selain depan laptop juga depan tablet. Ini sama aja sih efeknya. Makanya sekarang udah sedia selalu insto dry eyes juga. Kerasa keset keset dikit langsung pake.

  37. Ukurannya yang kecil memang menjadikannya simpel untuk dibawa ke mana-mana di dalam tas ya. Perlu sedia insto untuk mencegah mata kering. Apalagi kalo punya kerjaan yang seharian bisa natap layar monitor.

  38. iya banget nih meski ga terlalu sering keluar, tapi paparan debu yang banyak itu bikin mata kadang jadi ga enak rasanya. Perlu juga sepertinya sedia insto buat macan ternak (emak-emak cantik anter-jemput anak) macam saya ini, hehehe

  39. Mata kering, merah dan sepet memang gak nyaman. Bikin gak pede kalau mau keluar rumah. Segera meneteskan Insto bisa jadi solusinya ya. Kandungan Insto yang terpercaya dan aman bikin kita menggunakannya juga tenang

  40. Harganya murah, manfaat nya banyak. Drumah juga sy stok insto buat kesehatan mata.

  41. Muhammad Gusti Apriansyah menulis:

    Cocok banget ini untuk yang aktivitas terus di depan layar, kebetulan pakai ini jadi mata gak kering lagi

  42. Saya juga pakek dong kak. Gausah ragu lagi sama insto mah

  43. Fenni Bungsu menulis:

    Kalo udah sepet mata memang gak asik, dan perlu waspada ya jangan sampe kering matanya

  44. Pas banget akhir-akhir ini mataku rasanya nggak enak banget, pas baca artikel ini kayaknya gejala mata kering. Emang beneran harus sedia insto dry eyes ya buat pencegahan.

  45. insto emang jadi obat mata yang selalu tersedia dirumah hihi biar kalau mata kering/ merah langsung aja di tetesin

  46. wah mesti dicoba nih, mata udah mulai rada2 kurang nyaman gara2 di depan PC dan HP muluk, maklum lah blogger dan pegiat Medsos mah rada susah lepas, baru keingetan ada insto yah ..

  47. Lasmicika menulis:

    Beneran kalo pas banyak deadline kerjaan online tuh mata suka perih gegara kelamaan liat layar. Fix, Insto solusinya.

  48. Kalau diabaikan, ternyata gejala mata kering ini sudah semakin ke tahap yang lebih serius dan berbahaya yaa.. Kudu selalu sedia Insto Dry Eyes sih yaa… Agar mata sehat dan jauh-jauh dari radang, infeksi sampai kerusakan mata yang parah lainnya.

  49. Halo salam kenal, nama kita sama nih, Dila..hehe. Saya juga udah pakai kacamata sejak kecil yaitu kelas 5 SD bahkan (mah adu nasib). Dan emang klo perihal mata jadi hati2 banget. Apalagi klo udah fokus nulis di laptop, mata jadi kering dan saya juga pakai Insto Dry Eyes supaya mata segar lagi

  50. Obat tetes mata paling dibutuhkan oleh mereka yang kerjanya mengelas bahan logam atau besi. Apalagi ketika kemasukan debu besi. Hanya obat tetes mata solusinya.

  51. selama ini tetes mata Insto selalu jadi andalan saya kalo ada masalah mata. oya saya pernah coba tetes mata merk lain tapi kayak ada rasa perih gitu pas pertama kali coba. Kalo Insto ini so far yg paling cocok dan aman di mata

  52. aku punya masalah sama mata, sepertinya mata kering. jadi aku selalu bawa insto ke mana-mana, soalnya kalau gak pakai ga kuat banget mata. kenapa ya? 🙁

  53. Memang kalau lama di depan laptop atau sceen time yang panjang bisa bikin mata kering. Untunglah ada Insto buat ngatasin gejala mata kering

  54. Insto udah jadi teman kemana mana si kalau aku mba, karena seringnya mata kering dan panas efek debu atau layar laptop.

  55. Mata kering memang gak nyaman sih,kak terutama yang banyak kerja di depan layar gitu. Tentu selalu siap sedia Insto Dry Eyes deh di rumah biar ketika butuh uda ada deh.

  56. Shalikah menulis:

    Mata kering memang membuat mata gak nyaman banget ya Kak. Dampak jangka panjangnya pun bisa kemana-mana. Itu kenapa, punya solusi yang cepat ato pertolongan pertama seperti insto ini jadi penting untuk mengatasi mata kering.

  57. Mata kering memang ga bisa dibiarkan ya. Kalau ga gitu bisa menimbulkan akibat yang parah. Makanya penting ya, Kak untuk menjaga kesehatan mata. Salah satunya dengan menggunakan Insto ini

  58. Amir menulis:

    Mata kering emang mengganggu ya. Cara paling tepat adalah dengan mengurangi paparan gadget, tapi ya itu, kayak gak bisa sih kalau gak main gadget.

  59. kalau aku ada gejala lain kak, mata kayak ketusuk gitu. nah kalo udah kerasa gitu biasanya diikuti air mata cuman sedikit keluarnya. udah deh auto pake insto. tapi aku masih pake yang cool. baru kemarin ganti sama yang dry eyes. lebih enak sih efeknya ke mata

  60. paling sebel kalo lagi dikejar deadline eh mata kering, gatel, gimanaa gitu, ga nyaman. mungkin memang lelah juga sih ya kelamaan depan laptop ga dijeda waktu, hehe

  61. Hafif Rahman menulis:

    sekarang sering banget terjadi mata kering, tapi karena tau produk insto jadinya sering stok di tas sehingga bisa sat set obati pake insto

  62. Insto ini jadi cocok ya digunakan buat yang punya mata kering. Cobain deh nanti*

  63. Eca menulis:

    Kalau soal mata, sekecil apapun masalahnya, aku pasti tangani dengan baik sih. Cuma masih suka ngeluh2 pas netesinnya. Kudu minta orang terdekat dlu. Harus lebih rajin next time.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *