Seputar Beasiswa

Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri Tanpa TOEFL/IELTS 2023

Ingin kuliah di luar negeri tapi tidak punya sertifikat TOEFL atau IELTS? Aku ada solusinya nih. Eits, bukan pake joki ya! Tahu nggak sih kalau ada beberapa beasiswa luar negeri yang tidak mensyaratkan tes bahasa tersebut? Mau tahu apa saja? Yuk, simak rekomendasi beasiswa luar negeri tanpa TOEFL/IELTS berikut ini.

Beasiswa Luar Negeri Tanpa TOEFL/IELTS

TOEFL/IELTS mungkin membebani kamu yang belum memiliki skor yang memadai. Namun, ada kabar baik nih bagi yang ingin melanjutkan studi di luar negeri tanpa harus mengikuti tes TOEFL atau IELTS. Beberapa negara dan lembaga pendidikan menawarkan kesempatan beasiswa luar negeri yang tidak mensyaratkan tes TOEFL atau IELTS. 

Berikut adalah beberapa rekomendasi beasiswa luar negeri tanpa TOEFL 2023:

1. Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS)

Buat kamu yang punya impian ke Korea Selatan, mending nggak usah tunda-tunda lagi. Ada beasiswa Global Korea Scholarship (GKS) yang menanti kamu. Jadi, program Beasiswa S1 luar negeri fully funded 2023 ini diadakan oleh Pemerintah Korea Selatan untuk memberi kesempatan ke pelajar dari luar negeri untuk kuliah di universitas-universitas top di sana.

Nah, yang bikin beasiswa ini makin worth it adalah nggak ada tes TOEFL atau IELTS yang harus kamu ikuti. Jadi, kamu tidak perlu pusing-pusing lagi deh ngurusin tes bahasa Inggris.. Tapi tetap, ya, kemampuan bahasa Inggris yang bagus akan jadi keuntungan plus di proses seleksinya.

Sebelum bisa merasakan manfaat dari Beasiswa GKS ini, tentunya ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Gak usah khawatir, persyaratannya tidak banyak kok

Berikut ini adalah beberapa persyaratan umum yang perlu kamu perhatikan:

  • Warga Negara: Beasiswa ini tersedia untuk pelamar dari seluruh dunia. 
  • Usia: Untuk program sarjana (S1), kamu harus berusia di bawah 25 tahun. Sedangkan untuk program magister (S2) dan doktor (S3), batas usia maksimalnya adalah di bawah 40 tahun. 
  • IPK: Selain itu, penting juga untuk memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di atas 80% dari institusi pendidikan terakhir yang kamu ikuti.

Sebelum mulai kuliah, kamu bakal diberi pelatihan bahasa Korea. Jadi, buat yang belum lancar bahasa Korea, jangan khawatir. kamu bakal diajarin kok. Seru banget bisa belajar bahasa baru, kan?

2. Türkiye Burslari Scholarship

Nah, buat kamu yang lagi hunting beasiswa S1 luar negeri fully funded 2023/2024 tanpa perlu pusing dengan tes TOEFL atau IELTS, Türkiye Burslari Scholarship ini wajib kamu coba!

Salah satu kelebihan beasiswa ini adalah tidak ada syarat sertifikat bahasa. Jadi, meskipun kamu tidak perlu tes bahasa inggris, kamu tetap bisa mendapatkan beasiswa penuh untuk kuliah di Turki.

Beasiswa ini terbuka untuk program S-1, S-2, dan S-3, serta mencakup:

  • Biaya sekolah
  • Asrama buat tempat tinggal
  • Tiket pesawat pulang pergi
  • Kursus Bahasa Turki selama setahun

Oh iya, meskipun bukan jadi syarat utama, sertifikat Bahasa Inggris yang sudah kamu punya masih bisa jadi nilai plus saat proses seleksi, lho! Jadi, jangan lupa lampirkan sertifikat tersebut. 

Selain itu, ada beberapa jurusan dan universitas yang mungkin tetap minta nilai TOEFL/IELTS, jadi sertifikatnya tetap bisa kamu gunakan. Jangan lupa juga, kalau kamu punya sertifikat bahasa lainnya, seperti bahasa Arab, kamu tetap bisa melampirkan. Hitung-hitung bisa jadi nilai tambah, bukan?

BACA JUGA : Panduan Lengkap Cara Mendaftar Beasiswa: Persiapan Hingga Pengiriman Aplikasi

3. Beasiswa Pemerintah Rusia 

Selanjutnya ada beasiswa Pemerintah Rusia. Pemerintah Rusia memberikan kesempatan buat kamu yang mau kuliah S-2 di sana tanpa harus menguasai bahasa Rusia. 

Syaratnya gak susah kok. Kamu cuma perlu memiliki IPK S-1 minimal 3,20 saja. Kalau kamu punya IPK segitu, jangan sampai lewatkan kesempatan ini, ya!

Buat fasilitasnya, kamu tidak perlu khawatir. Beasiswa ini akan membantu kamu bisa survive di negara beruang merah itu, dengan:

  • Biaya kuliah: Semua biaya kuliah kamu akan ditanggung, jadi kamu tidak perlu memikirkan biaya kuliah lagi.
  • Uang saku: Kamu juga bakal dapat tunjangan hidup (uang saku) yang membantu kamu memenuhi kebutuhan sehari-hari selama kuliah di Rusia.
  • Akomodasi asrama: Mereka juga bakal menyediakan tempat tinggal di asrama buat kamu. Jadi, kamu tidak perlu pusing cari tempat tinggal lagi.

Jadi, dengan fasilitas ini, beasiswa ini bener-bener jadi pilihan yang menarik buat kamu yang pengen kuliah S-2 di Rusia. Jangan lewatkan kesempatan emas ini, ya! Persiapkan diri kamu dan pastikan kamu memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan. 

4. Romanian Government Scholarship

Pengen kuliah di negara dengan arsitektur yang unik dan menarik? Nah, ada nih kesempatan buat kamu daftar beasiswa penuh untuk kuliah di Rumania. Rumania itu sendiri terletak di Eropa Tengah dan Tenggara.

Jadi, Pemerintah Rumania, lewat Kementerian Luar Negeri mereka, menyelenggarakan beasiswa buat warga negara asing yang mau kuliah di sana. Yang penting, kamu tidak boleh jadi warga negara Uni Eropa. 

Nah, kabar baiknya, kamu tidak perlu repot mencari sertifikat kemampuan bahasa Inggris buat daftar beasiswa ini.

Kalau kamu berhasil dapat beasiswa ini, kamu bakal dapat fasilitas berikut:

  • Biaya studi: Semua biaya kuliah kamu akan ditanggung, jadi gak perlu mengkhawatirkan biaya kuliah lagi.
  • Akomodasi dan asrama: Mereka juga bakal bantu kamu cari tempat tinggal yang nyaman selama kamu kuliah di Rumania.
  • Uang saku bulanan: Nah, yang lebih enaknya lagi, kamu bakal dapat uang saku tiap bulan. 

Buat mahasiswa S-1, kamu bakal dapet 65 Euro (sekitar Rp 979.000). Kalo mahasiswa S-2, kamu bakal dapet 75 Euro (sekitar Rp 1.129.000). Sementara buat mahasiswa S-3, kamu bakal dapet 85 Euro (sekitar Rp 1.280.000). Lumayan banget, kan?

BACA JUGA : 5 Beasiswa S2 Luar Negeri Paling Bergengsi yang Patut Kamu Coba

5. China Government Scholarship (CGS)

Selanjutnya, kamu juga bisa coba daftar beasiswa China Government Scholarship (CGS) nih! Beasiswa ini berasal dari pemerintah China dan bisa kamu dapatkan untuk kuliah jenjang S-1, S-2, atau S-3 di China. Menariknya, beasiswa ini tidak mensyaratkan kamu untuk punya sertifikat TOEFL loh!

Ada dua skema beasiswa yang CGS tawarkan, yaitu beasiswa penuh dan parsial. Beasiswa yang kamu dapatkan tergantung dari cara pendaftarannya. Jika mendaftar langsung ke universitas tujuan, kamu bisa dapat beasiswa penuh. Sedangkan, jika mendaftar melalui Kedutaan Besar China di Indonesia, kamu bisa dapat beasiswa penuh atau parsial.

Kalau kamu beruntung mendapat beasiswa penuh, maka kamu akan mendapatkan fasilitas seperti biaya kuliah, tempat tinggal, uang saku, asuransi kesehatan, dan biaya buku. Tapi kalau kamu dapat beasiswa parsial, kamu akan mendapatkan beberapa dari fasilitas beasiswa penuh saja.

6. Monbukagakusho/MEXT

Beasiswa terakhir yang nggak boleh kamu lewatkan adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan Jepang, atau yang lebih dikenal sebagai Monbukagakusho/MEXT. Beasiswa ini bakal bikin impianmu kuliah di Jepang jadi kenyataan. Kamu juga gak perlu sertifikat TOEFL atau IELTS untuk daftar!

Beasiswa Monbukagakusho/MEXT ini terbuka bagi lulusan SMA/sederajat yang berminat untuk melanjutkan studi S-1 di Jepang. Jadi, MEXT ini merupakan beasiswa S1 luar negeri fully funded 2023 tanpa TOEFL buat kamu yang ingin merasakan pendidikan tinggi di negeri Sakura ini.

Nah, gimana cara mendapatkan beasiswa ini? Pertama-tama, kamu harus melewati proses seleksi yang ketat. Kementerian akan menilai berbagai aspek seperti prestasi akademik, kemampuan bahasa Inggris, motivasi, serta kualitas kepemimpinanmu. 

Jika berhasil lolos seleksi, kamu akan mendapatkan fasilitas yang sangat menarik dari beasiswa ini. Beberapa fasilitas yang biasanya diberikan adalah:

  • Biaya kuliah: Beasiswa Monbukagakusho/MEXT akan menanggung biaya kuliahmu di Jepang. Kamu akan bebas khawatir tentang biaya pendidikan yang mahal di universitas Jepang yang kamu pilih.
  • Biaya hidup: Kamu juga akan mendapatkan tunjangan bulanan sebagai biaya hidup selama studi di Jepang. Tunjangan ini akan membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makan, transportasi, dan akomodasi.
  • Tiket pesawat: Beasiswa ini juga mencakup tiket pesawat pulang-pergi dari negaramu ke Jepang. 
  • Kursus bahasa Jepang: Jika kamu belum memiliki kemampuan bahasa Jepang yang memadai, beasiswa ini juga menyediakan kursus bahasa Jepang sebelum memulai studi di universitas. Ini akan membantu kamu untuk beradaptasi dengan lingkungan akademik di Jepang.

Dengan mendapatkan beasiswa Monbukagakusho/MEXT, kamu akan bisa fokus pada studi dan mengalami kehidupan perkuliahan yang luar biasa di Jepang tanpa perlu khawatir tentang biaya-biaya tersebut.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba mendaftar beasiswa ini dan wujudkan impianmu untuk kuliah di Jepang!

Penutup

Nah itu dia rekomendasi beasiswa luar negeri tanpa TOEFL atau IELTS. Tapi, ingat ya, kemampuan bahasa Inggris yang bagus tetap penting buat kamu. Jadi, pastikan kamu punya kemampuan bahasa Inggris supaya bisa bersaing untuk mendapatkan beasiswa di atas. Jangan lupa juga cek situs web resmi masing-masing beasiswa untuk info lebih detail tentang persyaratan dan cara daftarnya. Yuk, semangat buat mengejar impianmu kuliah di luar negeri!

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *