Seputar Beasiswa

Pelajari Cara Memilih Program Studi S2 yang Tepat

Kamu udah kepikiran mau melanjutkan studi S2? Jika iya, kamu sudah tahu apa yang harus kamu persiapkan sebelum daftar? Yap, memilih program studi. Sebelum kamu mulai daftar dan apply, kamu harus bisa pilih program studi yang pas dan sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Di artikel ini, kita bakal bahas beberapa hal yang penting buat kamu pertimbangkan berkaitan dengan cara memilih program studi S2.

1. Minat dan Kecakapan

Saat memilih program studi untuk melanjutkan S2 baik di dalam dan di luar negeri, penting untuk memilih program yang sesuai dengan minat dan kecakapan kamu. Jangan memilih program hanya karena popularitas atau karena orang lain menyarankan. Pastikan kamu memilih program yang benar-benar kamu minati dan memiliki kecakapan yang kamu butuhkan. Dengan kamu memilih sendiri berdasarkan minat tentu kamu akan merasa puas dan menikmati proses pembelajaran nantinya.

Jika kamu kesulitan menentukan minat dan kecakapan kamu, lakukan evaluasi diri dan bertanya kepada diri sendiri. Apa bidang yang selalu kamu sukai sejak kecil? Apa kegiatan yang kamu nikmati dan merasa termotivasi? Dengan mengetahui minat dan kecakapan kamu, kamu akan lebih mudah memilih program studi yang tepat dan sesuai.

2. Linear dengan Jurusan S1

Dengan memilih program studi yang linear dengan jurusan waktu S1, kamu dapat memperdalam pengetahuan dan keterampilan yang telah kamu kuasai selama masa kuliah S1. Dengan begitu, kamu juga memungkinkan untuk menjadi ahli yang lebih kompeten dalam bidang tersebut.

Selain itu, memilih program studi yang linear dengan jurusan waktu S1 dapat memudahkan kamu untuk beradaptasi dengan lingkungan akademik di tingkat S2. Kamu mungkin sudah familiar dengan mata kuliah dan metode pembelajaran yang diajarkan dalam jurusan tersebut sehingga dapat membantu kamu untuk lebih cepat beradaptasi.

Tak hanya itu, kamu juga dapat meningkatkan kredibilitasmu saat melamar pekerjaan. Misalnya, seorang dosen dapat mengajar di berbagai program studi yang sesuai dengan keahlian mereka. Asalkan mereka memiliki kualifikasi akademik yang cukup dan pengalaman di bidang tersebut.

3. Keunggulan Program Studi

Setelah mengetahui minat dan kecakapan kamu, selanjutnya mempertimbangkan keunggulan program studi. Saat mencari program studi yang tepat, pastikan kamu memilih program studi yang memiliki reputasi baik. Selain itu, juga diakui oleh banyak universitas dan perusahaan. Selain itu, perhatikan juga akreditasi dan peringkat program studi tersebut.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa kunjungi website resmi perguruan tinggi yang kamu tuju. Website resmi perguruan tinggi biasanya memiliki informasi lengkap mengenai program studi yang mereka tawarkan, termasuk keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh program studi tersebut. Informasi tersebut bisa berupa program kurikulum, fakultas, dosen, infrastruktur, dan fasilitas lainnya. Kamu bisa membaca informasi tersebut dan membandingkannya dengan program studi yang ditawarkan oleh perguruan tinggi lain.

Kamu juga bisa manfaatkan situs-situs web yang memungkinkan kamu untuk mencari universitas di seluruh dunia berdasarkan kategori seperti program studi, lokasi, atau biaya studi. Misalnya, QS World University Rankings Website, Times Higher Education (THE), UniPage, atau StudyPortals.

Kamu juga dapat mempertimbangkan program studi yang menawarkan kesempatan magang atau praktik langsung. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh pengalaman praktis yang berkaitan dengan program studi kamu, yang akan menjadi nilai tambah saat mencari pekerjaan di masa depan.

4. Biaya Studi

Jika kamu tidak mengikuti program beasiswa, biaya studi adalah faktor penting yang harus kamu pertimbangkan saat memilih program studi untuk melanjutkan S2. Apalagi jika kamu memilih kuliah di luar negeri. Pastikan kamu mengetahui biaya studi yang diperlukan. Agar kamu bisa mempertimbangkan kemampuan keuangan kamu sebelum memilih program studi tersebut.

Selain biaya studi, perhatikan juga biaya hidup dan akomodasi di tempat kamu melanjutkan studi. Ada baiknya untuk melakukan riset biaya hidup dan akomodasi sebelum memutuskan program studi yang akan kamu ambil. 

Contohnya kamu ingin berkuliah di negara Belanda. Biaya hidup di sana berbeda-beda tergantung kota yang kamu tempati tinggal. Oleh karena itu, kamu harus membuat perencanaan keuangan yang matang dan memastikan bahwa kamu memiliki cukup dana untuk membiayai seluruh program studi kamu.

BACA JUGA : 5 Beasiswa S2 Luar Negeri Paling Bergengsi yang Patut Kamu Coba

5. Kesempatan Karir

Saat memilih program studi untuk melanjutkan S2, penting untuk mempertimbangkan kesempatan karir di masa depan. Pastikan program studi yang kamu pilih memiliki potensi untuk memberi kamu kesempatan karir yang baik dan memuaskan di masa depan.

Cari tahu informasi tentang tingkat keberhasilan lulusan program studi tersebut dalam mendapatkan pekerjaan di bidang yang sesuai dengan program studi mereka. Selain itu, perhatikan juga peluang kerja di negara tempat kamu melanjutkan studi. Jika kamu berencana untuk kembali ke negara asal setelah menyelesaikan studi, pastikan program studi yang kamu pilih dapat membuka peluang karir di negara kamu.

Kesimpulan

Memilih program studi yang tepat untuk melanjutkan S2 adalah keputusan yang penting dan harus dipikirkan dengan matang. Ada beberapa pertimbangan penting yang harus kamu pikirkan saat memilih program studi, seperti minat dan kecakapan, keunggulan program studi, biaya studi, kesempatan karir, dan kebutuhan khusus.

Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, kamu dapat memilih program studi yang tepat untuk memperoleh kepuasan dan manfaat dari studi S2 di luar negeri. Ingatlah bahwa memilih program studi yang tepat dapat membantu kamu mencapai tujuan akademik dan karir kamu di masa depan. Semoga artikel tentang cara memilih program studi S2 ini dapat membantu kamu dalam memilih program studi yang tepat.

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *