Seputar Beasiswa

Rekomendasi Beasiswa S2 Dalam Negeri yang Buka di 2023/2024

Pendidikan S2 merupakan jenjang pendidikan yang sangat penting dalam pengembangan karir akademik atau profesional seseorang. Namun, biaya kuliah yang tinggi seringkali menjadi kendala bagi sebagian besar calon mahasiswa S2. Oleh karena itu, untuk membantu memudahkan akses pendidikan, beberapa institusi menyediakan berbagai macam beasiswa S2. Berikut adalah beberapa rekomendasi beasiswa S2 dalam negeri yang buka di tahun 2023.

1. Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan adalah lembaga yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan S2 atau S3 di dalam maupun luar negeri. Beasiswa LPDP menawarkan biaya kuliah, biaya hidup, serta biaya penelitian untuk mahasiswa yang terpilih.

Beasiswa ini sudah buka untuk gelombang pertama pada Januari 2023. Sedangkan gelombang kedua akan buka pada bulan Juni 2023. Kamu dapat memantau informasi terbaru melalui website resmi LPDP di lpdp.kemenkeu.go.id atau melalui akun media sosial LPDP.

Calon penerima beasiswa harus melewati proses seleksi yang ketat dan kompetitif. Persyaratan yang kamu butuhkan antara lain adalah memiliki prestasi akademik yang tinggi, punya pengalaman yang relevan dengan bidang studi yang kamu pilih, serta lulus tes TOEFL dan TPA (Tes Potensi Akademik).

Sebagai informasi tambahan, beasiswa LPDP juga memiliki persyaratan khusus untuk calon penerima beasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 di luar negeri. Persyaratan tersebut antara lain adalah melalui proses seleksi wawancara dan memiliki rencana studi yang jelas dan terukur.

2. Beasiswa Unggulan (BU)

Beasiswa Unggulan merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) untuk mendukung mahasiswa Indonesia yang berprestasi dan memiliki potensi akademik yang tinggi.

Proses seleksi program beasiswa Unggulan meliputi seleksi administrasi, tes tertulis, tes wawancara, serta verifikasi dan validasi dokumen. Selain itu, calon penerima beasiswa juga akan dinilai dari berbagai aspek seperti kepemimpinan, pengalaman organisasi, dan karya tulis ilmiah.

Program beasiswa ini biasanya buka setiap tahunnya pada akhir tahun atau awal tahun berikutnya. Namun, calon penerima beasiswa dapat memantau informasi terbaru mengenai beasiswa Unggulan melalui website resmi Kemdikbudristek di https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/ atau melalui akun media sosial resmi Kemdikbudristek.

3. Beasiswa Kominfo

Beasiswa Kominfo S2 merupakan program beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk mendukung pengembangan sumber daya manusia (SDM) di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Untuk kamu yang ingin melanjutkan studi S2 di bidang TIK di dalam maupun luar negeri, beasiswa ini sangat cocok untuk kamu

Saat ini, pendaftaran Program Beasiswa Tahun 2023 resmi buka pada 22 Februari 2023 dan tutup pada 25 Maret 2023. Informasi mengenai persyaratan dan pelaksanaan pendaftaran dapat kamu lihat melalui laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika atau melalui tautan beasiswa.kominfo.go.id

4. Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia juga menyediakan Beasiswa Pendidikan Indonesia untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S1, S2, atau S3 di universitas yang terpilih di dalam dan luar negeri.

Tanggungan atau manfaat yang diberikan oleh beasiswa Pendidikan Indonesia berbeda-beda tergantung pada program studi dan jenjang pendidikan yang dipilih. Namun, manfaat yang diberikan biasanya mencakup biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat, dan asuransi kesehatan. Beasiswa ini juga memberikan tunjangan bulanan untuk biaya hidup selama masa studi.

Beasiswa Pendidikan Indonesia untuk tahun 2023 buka bersamaan dengan beasiswa LPDP. Untuk mengetahui tanggal pasti dan persyaratan pendaftaran, kamu dapat memantau situs resmi Kemendikbud di https://beasiswa.kemdikbud.go.id/.

5. Beasiswa Djarum Foundation

Program beasiswa Djarum Foundation merupakan salah satu program beasiswa unggulan yang dikelola oleh Yayasan Djarum. Program ini ditujukan bagi mahasiswa S1/Sarjana yang ingin melanjutkan studi S2/Magister baik di dalam maupun luar negeri. Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, serta tiket pesawat PP bagi penerima beasiswa yang studinya di luar negeri.

Pihak penyelenggara beasiswa Djarum saat ini belum membuka mekanisme pendaftaran untuk tahun 2023. Namun, berdasarkan informasi dari laman Beasiswa Djarum Plus, pada 2022 lalu pendaftarannya buka pada pertengahan Maret hingga pertengahan Mei 2022.

Proses seleksi program beasiswa Djarum Foundation cukup kompetitif dan meliputi beberapa tahap, termasuk seleksi administrasi, tes kemampuan akademik, tes psikologi, serta wawancara. Kriteria seleksi meliputi prestasi akademik, kepemimpinan, keterampilan bahasa Inggris, serta motivasi dan tujuan studi yang jelas.

Untuk informasi terbaru tentang beasiswa Djarum Foundation tahun 2023, Anda dapat mengunjungi website resmi mereka di www.djarumfoundation.org atau mengikuti akun media sosial mereka seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.

BACA JUGA: Ketahui Persiapan Mendaftar Beasiswa S2 di Dalam maupun di Luar Negeri

6. Beasiswa Pendidikan Magister Agama Islam Negeri (PM-AIN)

Untuk para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 di program studi Agama Islam, beasiswa Pendidikan Magister Agama Islam Negeri (PM-AIN) ini patut kamu coba. Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai penyelenggara beasiswa ini berupaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam bidang keagamaan Islam.

Informasi terkait beasiswa PM-AIN tahun 2023 sebagai berikut:

  • Pendaftaran buka pada bulan Mei 2023.
  • Pendaftaran dapat kamu lakukan secara online melalui website resmi PM-AIN.
  • Persyaratan umum antara lain: Warga Negara Indonesia, berusia maksimal 35 tahun, memiliki gelar Sarjana atau setara, memiliki IPK minimal 3.00, dan sebagainya.
  • Besaran beasiswa yang kamu dapatkan sebesar Rp. 3.000.000,- per bulan untuk jenjang S2 dengan lama studi maksimal 2 tahun.
  • Selain itu, penerima beasiswa juga akan mendapatkan biaya pendidikan, biaya riset, dan biaya peralatan maksimal sebesar Rp. 10.000.000,- per tahun.

Untuk informasi lebih lanjut terkait persyaratan dan mekanisme pendaftaran beasiswa PM-AIN, bisa mengunjungi website resmi di https://pm-ain.kemenag.go.id/.

7. Beasiswa S2 Tanoto Foundation

Tanoto Foundation merupakan organisasi filantropi oleh pengusaha sukses Sukanto Tanoto dan keluarganya, yang memberikan dukungan dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan pemasyarakatan. Salah satu program yang mereka tawarkan adalah Beasiswa S2 Tanoto Foundation untuk studi dalam negeri.

Beasiswa S2 Tanoto Foundation khusus untuk mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi S2 dalam negeri di beberapa universitas yang telah bekerjasama dengan Tanoto Foundation. Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, dan bantuan penelitian.

Untuk tahun 2023, informasi terkait pendaftaran Beasiswa S2 Tanoto Foundation masih belum tersedia. Namun, para calon pelamar dapat mengakses informasi terbaru seputar beasiswa ini melalui laman resmi Tanoto Foundation di https://www.tanotofoundation.org/id/.

Biasanya, pendaftaran buka setiap tahunnya, dan persyaratan serta tahap seleksinya dapat bervariasi tergantung pada program studi yang diambil dan universitas yang dituju. Oleh karena itu, sebaiknya para calon pelamar tetap memantau informasi terbaru di situs web resmi Tanoto Foundation.

8. Beasiswa S2 GESP

Organisasi internasional GSEP (Global Sustainable Electricity Partnership) menghadirkan Beasiswa S2 GSEP yang bertujuan membantu mahasiswa dari negara-negara berkembang untuk mengejar pendidikan S2 dalam bidang energi berkelanjutan. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya perjalanan ke dan dari universitas.

Untuk tahun 2023, informasi tentang beasiswa S2 GSEP dalam negeri belum tersedia. Namun, para calon penerima beasiswa dapat mengunjungi situs web GSEP di https://www.globalelectricity.org/ untuk memperoleh informasi terbaru tentang beasiswa ini, termasuk syarat dan ketentuan, jadwal pendaftaran, dan tanggungan yang diberikan. Sebagai informasi tambahan, beasiswa S2 GSEP yang buka pada tahun 2022 memberikan tanggungan sebesar $21.000 per tahun untuk kuliah dan biaya hidup selama 2 tahun.

9. Beasiswa S2 UGM

Terakhir, beasiswa S2 UGM (Universitas Gadjah Mada) adalah salah satu beasiswa yang disediakan oleh Universitas Gadjah Mada untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi S2 di UGM. Beasiswa ini khusus untuk mahasiswa yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang baik serta memenuhi persyaratan yang berlaku.

Tanggungan yang diberikan oleh beasiswa S2 UGM bervariasi tergantung jenis beasiswa dan kebijakan yang ditetapkan oleh universitas. Namun, pada umumnya, beasiswa ini memberikan dukungan finansial untuk biaya kuliah, biaya hidup, dan bantuan akademik seperti bimbingan tesis atau seminar. Besaran tanggungan juga berbeda-beda tergantung pada program studi yang kamu pilih dan prestasi akademik kamu.

Informasi mengenai beasiswa S2 UGM tahun 2023 dan kapan dibukanya pendaftaran belum tersedia karena masih belum ada pengumuman resmi dari UGM. Namun, biasanya pendaftaran buka setiap tahun pada periode Februari-Maret. Untuk informasi lebih lanjut dan pembaruan terkini, dapat mengunjungi website resmi UGM di https://www.ugm.ac.id/ .

Penutup

Demikianlah beberapa rekomendasi beasiswa S2 dalam negeri yang buka di tahun 2023. Beasiswa tersebut dapat menjadi peluang bagi para calon mahasiswa S2 untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi dengan biaya yang lebih terjangkau. Pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan masing-masing beasiswa secara teliti dan menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk melamar beasiswa. Selamat mencoba dan semoga sukses!

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *