#SaveEarth Tips and Tricks

Cara Memilah Sampah dengan Baik dan Manfaatnya

Ilustrasi cara memilah sampah dengan baik

Memilah sampah dengan baik menjadi salah satu solusi untuk mengurangi jumlah sampah yang menumpuk dan berdampak buruk pada lingkungan. Sampah yang tidak terkelola dengan baik dapat menimbulkan masalah kesehatan dan lingkungan yang serius. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan kita bahas tentang cara memilah sampah dengan baik dan beberapa manfaatnya untuk lingkungan.

Cara Memilah Sampah dengan Baik

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memilah sampah agar lingkungan sekitarmu menjadi bersih dan terawat.

1. Pisahkan Sampah Organik dan Anorganik

Sampah organik seperti sisa makanan dan daun kering dapat kamu jadikan kompos yang baik untuk keperluan pertanian. Sedangkan sampah anorganik seperti plastik dan kertas bisa kamu daur ulang. Pisahkan sampah organik dan anorganik dengan baik agar proses pengolahan dapat kamu lakukan secara efektif.

2. Buatlah Tempat Sampah yang Terpisah

Pisahkan tempat sampah organik dan anorganik agar memudahkan proses pengolahan. Tempatkan tempat sampah organik di area terbuka yang cukup jauh dari area hunian. Sedangkan untuk tempat sampah anorganik, bisa kamu tempatkan di dalam ruangan atau area terbuka yang khusus untuk sampah.

3. Gunakan Tiga Wadah untuk Memilah Sampah

Pisahkan sampah menjadi tiga bagian yaitu sampah organik, sampah anorganik yang bisa didaur ulang, dan sampah anorganik yang tidak bisa didaur ulang. Dengan menggunakan tiga wadah untuk memilah sampah, proses pengolahan dapat kamu lakukan secara lebih efektif.

4. Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Sangat penting untuk tidak membuang sampah sembarangan. Buang sampah pada tempat sampah yang telah disediakan. Jangan membuang sampah di sembarang tempat seperti sungai, jalan raya atau area hijau.

5. Buang Sampah pada Waktunya

Membuang sampah secara teratur agar tidak menumpuk dan menimbulkan bau tidak sedap. Buang sampah pada waktu yang tepat, jangan menunggu sampai penuh dan menimbulkan bau tidak sedap.

6. Hindari Mencampurkan Sampah Berbahaya dengan Sampah Lainnya

Hati-hati dengan sampah yang berbahaya. Hindari mencampurkan sampah berbahaya seperti baterai dan lampu pijar dengan sampah organik atau anorganik. Karena jika kamu campurkan dengan sampah organik atau anorganik dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan manusia dan alam.

7. Gunakan Kantong Sampah yang Berbeda untuk Memilah Sampah

Gunakan kantong sampah yang berbeda untuk memilah sampah organik dan anorganik. Dengan menggunakan kantong sampah yang berbeda, proses pengolahan dapat kamu lakukan secara lebih efektif.

8. Mengenal Jenis Sampah

Ketahui jenis sampah yang kamu hasilkan, karena jenis sampah tersebut akan mempengaruhi proses pengolahan sampah. Ada beberapa jenis sampah yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa di antaranya seperti : sampah organik, sampah anorganik, sampah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), sampah elektronik, sampah konstruksi, sampah hijau, dan sampah makanan. Perlu kamu ingat untuk tidak mencampurkan sampah organik dengan sampah anorganik.

9. Mengikuti Aturan Pengelolaan Sampah

Ikuti aturan pengelolaan sampah yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan lingkungan sekitar. Setiap daerah mungkin memiliki aturan yang berbeda-beda terkait dengan pengelolaan sampah. Oleh karena itu, penting untuk memahami dan mengikuti aturan yang berlaku.

10. Manfaatkan Sampah untuk Kreasi Seni atau Kerajinan Tangan

Sampah juga bisa kamu manfaatkan untuk kreasi seni atau kerajinan tangan. Contohnya, botol plastik bekas bisa kamu jadikan pot tanaman, atau kertas bekas bisa kamu jadikan kertas daur ulang. Selain membantu mengurangi jumlah sampah yang kamu hasilkan, kreasi seni atau kerajinan tangan dari sampah juga bisa memberikan nilai tambah yang estetis dan kreatif.

BACA JUGA : Green Marketing dan Green Consumer Behavior: Solusi Menyelamatkan Bumi

Manfaat Mengolah Sampah dengan Baik

Dengan memilah sampah dengan baik, kita bisa mengurangi jumlah sampah yang kita hasilkan dan membantu lingkungan menjadi lebih bersih dan sehat. Beberapa manfaat dari memilah sampah dengan baik antara lain:

1. Mengurangi Pencemaran Lingkungan

Dengan memilah sampah, kita bisa mengurangi jumlah sampah yang orang-orang buang ke tempat pembuangan akhir (TPA) atau area terbuka. Hal ini akan membantu mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah.

2. Meningkatkan Efisiensi Pengolahan Sampah

Dengan memilah sampah, proses pengolahan sampah dapat kamu lakukan secara lebih efektif dan efisien. Seperti penjelasan sebelumnya bahwa, sampah organik bisa kamu jadikan pupuk kompos untuk pertanian, sedangkan sampah anorganik bisa kamu daur ulang atau kamu olah menjadi bahan bakar alternatif.

3. Meningkatkan Kualitas Udara

Sampah yang tidak terkelola dengan baik dapat menimbulkan bau tidak sedap dan merusak kualitas udara. Dengan memilah sampah, bau tidak sedap dari sampah dapat dikurangi dan kualitas udara bisa ditingkatkan.

4. Menjaga Kelestarian Lingkungan

Dengan memilah sampah, kita bisa membantu menjaga kelestarian lingkungan. Proses pengolahan sampah yang baik dan benar akan membantu mengurangi dampak negatif pada lingkungan dan menjaga kelestarian alam.

5. Mengurangi Penggunaan Sumber Daya Alam

Dengan memilah sampah dan mengolahnya kembali menjadi bahan yang berguna, kita bisa mengurangi penggunaan sumber daya alam yang berharga. Dengan demikian, kita bisa membantu menjaga keberlangsungan sumber daya alam yang ada.

Intisari 

Memilah sampah dengan baik merupakan hal yang penting untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh sampah. Dengan melakukan langkah-langkah sederhana seperti memisahkan sampah organik dan anorganik, buang sampah pada tempat yang tepat, dan mengikuti aturan pengelolaan sampah, kita bisa membantu mengurangi jumlah sampah yang kita hasilkan dan menjaga kelestarian lingkungan.

Selain itu, dengan memanfaatkan sampah untuk kreasi seni atau kerajinan tangan, kita juga bisa memberikan nilai tambah yang estetis dan kreatif pada sampah yang sebelumnya dianggap sebagai limbah.

Namun, untuk mencapai hasil yang optimal dalam memilah sampah, diperlukan dukungan dari semua pihak, baik individu maupun pemerintah. Pemerintah terutama lembaga pengelolaan sampah dapat membantu dengan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memilah sampah dan cara-cara yang benar dalam mengelolanya. 

Selain itu, pemerintah juga dapat memberikan infrastruktur yang memadai, seperti tempat sampah yang cukup, tempat pembuangan akhir (TPA) yang terkelola dengan baik, serta fasilitas pengolahan sampah yang ramah lingkungan. Ikuti cara memilah sampah dengan baik di atas agar kamu merasakan manfaatnya.

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *