Seputar Beasiswa

Perbedaan TOEFL dan IELTS, Wajib Baca Sebelum Daftar Beasiswa!

Ternyata, masih banyak nih yang masih belum mengetahui apa sih perbedaan TOEFL dan IELTS. Apakah keduanya bisa digunakan sebagai syarat untuk mendaftar beasiswa di dalam atau di luar negeri? Bagi kamu yang sedang menyiapkan dokumen beasiswa, ada baiknya untuk memahami dengan jelas terkait perbedaan kedua tes ini.

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) dan IELTS (International English Language Testing System) adalah tes bahasa Inggris yang paling umum untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris bagi para pelajar dan calon mahasiswa yang berasal dari negara non-Inggris. Meskipun kedua tes ini bertujuan sama, yaitu mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang, namun ada beberapa perbedaan yang perlu kamu pahami.

Berikut ini perbedaan antara TOEFL dan IELTS:

1. Jenis Soal

Pertama adalah jenis soalnya. TOEFL sendiri memiliki dua tipe yaitu TOEFL ITP dan TOEFL iBT. Untuk TOEFL iBT terdiri dari empat bagian: Listening, Reading, Speaking, dan Writing sedangkan TOEFL ITP terdiri dari tiga bagian saja, yaitu Listening, Structure and Written Expression, dan Reading.

Sementara itu, IELTS terdiri dari dua tipe tes: Academic dan General Training. Bagian Listening dan Speaking pada IELTS sama dengan TOEFL, namun bagian Reading dan Writing memiliki perbedaan. Tes IELTS Academic lebih fokus pada membaca dan menulis akademik, sedangkan tes IELTS General Training lebih fokus pada situasi kehidupan sehari-hari.

TOEFL terdiri dari soal-soal pilihan ganda, sementara IELTS terdiri dari beberapa jenis soal seperti pilihan ganda, menulis esai, dan wawancara. Dalam hal ini, TOEFL menekankan kemampuan membaca, mendengar, dan memahami soal secara cepat dan tepat, sedangkan IELTS lebih menekankan kemampuan menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris.

BACA JUGA: Tips Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula Tanpa Menghafal

2. Durasi Ujian

TOEFL dan IELTS memiliki perbedaan durasi ujian yang cukup signifikan. Kalau dalam hal durasi, TOEFL ITP memang lebih memiliki waktu yang lebih sedikit dibandingkan dengan test yang lain. TOEFL ITP ini terdiri dari tiga bagian yang harus kamu selesaikan dalam waktu 115 menit. Di mana masing-masing durasinya yaitu: Listening memiliki 50 soal dengan durasi 35 menit; Structure and Written Expression memiliki 40 soal dengan durasi 25 menit; reading memiliki 50 soal dengan 55 menit.

Berbeda dengan TOEFL ITP, TOEFL iBT memiliki durasi 4 jam untuk mengerjakannya. Sementara IELTS terdiri dari empat bagian yang harus kamu selesaikan dalam waktu 2 jam 45 menit. Dalam hal ini, TOEFL iBT lebih memakan waktu, sehingga membutuhkan konsentrasi yang lebih lama.

3. Skala Penilaian

TOEFL dan IELTS memiliki skala penilaian yang berbeda. Untuk skala penilaian TOEFL iBT yaitu skala 0 hingga 120, TOEFL ITP yaitu skala 310 – 677, dan IELTS adalah skala 0 hingga 9. Dalam hal ini, IELTS memiliki skala yang lebih simpel, sehingga lebih mudah kamu pahami. Skor pada kedua tes ini dihitung berdasarkan jumlah jawaban benar dalam setiap bagian tes.

4. Tujuan Ujian

Keduanya sama-sama bertujuan untuk menilai kemampuan bahasa Inggris seseorang yang bukan penutur asli, namun ada perbedaan dalam tujuan penggunaannya. TOEFL biasanya sebagai salah satu syarat untuk masuk ke perguruan tinggi atau universitas di Amerika Serikat atau negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama dalam pendidikan. Sementara itu, IELTS lebih banyak untuk tujuan migrasi, bekerja, atau studi di luar negeri.

5. Penggunaan Ujian

TOEFL dan IELTS ternyata penggunaannya berbeda-beda di masing-masing negara loh. Misalnya saja, di Amerika Serikat, TOEFL iBT lebih sering digunakan, sementara di Inggris, IELTS lebih sering digunakan. Khusus untuk TOEFL ITP, kamu tidak lagi bisa menggunkannya untuk mendaftar beasiswa ke luar negeri.

Meski demikian, masih banyak univesitas ternama di Indonesia yang menggunakan TOEFL ITP sebagai syarat kelulusan mahasiswa. Juga beberapa beasiswa yang didanai oleh pemerintah Indonesia masih memerlukan TOEFL ITP sebagai salah satu syarat kemampuan berbahasa inggris, seperti beasiswa LPDP, Beasiswa Unggulan, dan lain-lain.

Oleh karena itu, jika kamu ingin mengambil tes bahasa Inggris untuk tujuan tertentu, penting untuk mengetahui jenis tes yang paling sering digunakan di negara tersebut. Meskipun ada perbedaan antara TOEFL dan IELTS, tetapi keduanya memiliki nilai yang sama dalam mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang. Oleh karena itu, penting untuk memilih tes yang sesuai dengan tujuan kamu dan mempersiapkan diri dengan baik untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu.

Penutup

Perbedaan TOEFL dan IELTS dapat kamu lihat dari segi format tes, skor, durasi tes, ketersediaan, dan tujuan penggunaannya. Pilihan tes yang tepat tergantung pada tujuan dan kebutuhan pribadi masing-masing individu. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan penelitian terlebih dahulu sebelum memilih tes yang tepat untuk mencapai tujuan kamu.

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

1 Komentar

  1. […] BACA JUGA : Perbedaan TOEFL dan IELTS, Wajib Baca Sebelum Daftar Beasiswa! […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *