Tips and Tricks

Tips Tidur Nyenyak dan Berkualitas di Malam Hari

freepik.com

Jika kamu tertarik membaca artikel ini, berarti kualitas tidur kamu sedang tidak baik-baik saja. Padahal, tidur merupakan bagian penting yang harus terpenuhi oleh tubuh. Ketika tidur menjadi nyenyak dan berkualitas, aktivitas sehari-hari bisa ikut lancar. Nah, saya punya beberapa tips tidur nyenyak dan berkualitas yang bisa kamu terapkan.

Namun, sebelum membahas tentang tips agar tidur nyenyak dan bangun segar, pahami dulu tentang bagaimana ciri tidur yang berkualitas itu. Apakah tidur kita sudah tergolong berkualitas atau belum? Dan apa saja penyebab tidur yang tidak berkualitas. 

Simak artikel ini sampai habis ya.

Ciri Tidur yang Berkualitas

Tidur itu bukan hanya sekadar istirahat di malam hari, loh. Ada beberapa ciri atau kriteria agar tidur kita itu benar-benar sudah berkualitas. Menurut Konsultan Kesehatan AMLIFE, Edward Yong, kualitas tidur yang baik itu punya tiga ciri utama. 

1. Durasi

Normalnya, orang dewasa tidur dalam waktu 7-8 jam per hari. Tidur dengan rentang waktu tersebut akan berpengaruh pada kesehatan dan kebugaran. Sebaliknya, jika tidur kurang, akan berdampak serius pada kondisi fisik, mental, dan emosional. 

2. Kontinuitas

Kamu sering terjaga di malam hari? Jika iya, berarti tidur kamu kurang berkualitas. Kontinuitas tidur ditandai dengan waktu tidur yang tidak terhenti hingga kita terbagun esok hari.

3. Kedalaman

Kedalaman tidur atau tingkat kenyenyakan juga penting agar tidak bisa berkualitas. Tidur yang lebih nyenyak akan membuat tubuh kita lebih segar dan bisa beraktivitas penuh. Namun, jika setelah bangun kamu masih tetap merasa lelah, berarti kamu punya masalah pada kedalaman tidur yang mempengaruhi kualitas tidurmu.

Penyebab Tidur Tidak Berkualitas

freepik.com

Philips Indonesia melakukan survei terhadap 13.000 orang dewasa di 13 negara. Ternyata, hampir 50 persen mereka tidak puas dengan kualitas tidurnya. Kemudian sebanyak 60 persen dari mereka tidak tahu penyebab mengapa tidur mereka tidak berkualitas. Lantas, apa yang membuat tidur tidak berkualitas? Ada beberapa penyebab tidur tidak nyenyak dan sering terbangun, di antaranya:

1. Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Kafein merupakan zat yang ada dalam minuman seperti kopi, minuman bersoda, teh, atau minuman berenergi. Jika mengkonsumsinya secara berlebih, akan membuat kualitas tidur menjadi berkurang. 

2. Waktu Tidur yang Terlalu Larut

Jika kamu sering tidur di atas jam 12 malam, cobalah mengatur ulang jadwal tidurmu. Karena tidur yang terlalu larut malam akan memunculkan berbagai macam penyakit, loh. Misalnya, sakit kepala, sakit punggung, diabetes, hingga gangguan mental. Ini tentu akan mempengaruhi kualitas tidur kamu. 

3. Penggunaan Gadget

Mengapa banyak literatur yang menyarankan untuk tidak bermain gadget sebelum tidur? Karena, paparan radiasi blue light dari layar gadget dapat mempengaruhi kualitas tidur. Ketika terlalu lama menatap layar elektronik, ini dapat mengganggu produksi melatonin otak sehingga membuat kita kehilangan rasa kantuk. 

4. Konsumsi Makanan Berat Sebelum Tidur

Banyak yang mengira kalau makan sebelum tidur itu bagus untuk menambah berat badan. Namun, kenyataannya akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Di mana ketika langsung tidur setelah makan makanan berat, seseorang akan mengalami mental exhaustion. Yaitu, mimpi buruk yang bisa saja mengganggu kualitas tidur. 

5. Stress Berlebih

Stress berlebih juga dapat mempengaruhi kualitas tidur kamu, loh. Jika kamu sedang mengalami aktivitas berat di sepanjang hari yang membuat otak terus bekerja dan memikirkan banyak hal, maka tentu tidak baik untuk tidurmu. Stress akan menghasilkan kortisol serta adrenalin sehingga membuat kamu kesulitan untuk tidur di malam hari. 

Baca Juga : Kejahatan Siber Merajalela, Betapa Pentingnya Menjadi Nasabah Bijak

Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

freepik.com

Setelah memahami tentang ciri dan penyebab tidur tidak berkualitas, maka saatnya untuk membahas tips biar tidur lebih nyenyak. Philips Indonesia juga mencatat bahwa ada sekitar 58 persen orang yang tidak tau cara mengatasi kesulitan tidurnya. Oleh karena itu, mari kita bahas bagaimana cara mengatasi kesulitan tidur ala animo life.

1. Perbanyak Eksposur Cahaya Matahari

Satu jam pertama di pagi hari, pergilah keluar rumah untuk mendapatkan sinar matahari pagi. Matahari pagi dapat membuat hormon kortisol meningkat. Ilmuwan mengatakan bahwa di dalam tubuh kita akan terjadi reaksi untuk membentuk kortisol dan melatonin. Kedua hormon ini akan berkontribusi pada istirahat kita. Oleh karena itu, pastikan setiap pagi setelah bangun tidur, setidaknya kamu terkena sinar matahari selama 30 menit.

2. Jangan Minum Kopi di Sore Hari

Minum kopi di sore hari tentu akan memberikan efek buruk pada kualitas tidur malam. Bagaimana itu bisa terjadi? Kafein sudah mulai berefek sesaat setelah masuk ke dalam tubuh. Efeknya mulai terasa kira-kira sekitar 30-60 menit setelah dikonsumsi. Minum kopi secara berlebihan akan membuat kafein dapat tinggal di tubuh dalam waktu yang lama, sekitar 8-14 jam. Oleh karena itu, perkirakan waktu mengkonsumsi kafein untuk menjaga kualitas tidur kamu.

3. Jangan Makan Menjelang Tidur

Jika makan sesaat sebelum tidur, metabolisme tubuh akan dipaksa bekerja keras untuk membakar kalori. Tak hanya itu, pola makan yang seperti ini juga akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, terutama pada seseorang yang memiliki penyakit maag. Ini akan mengakibatkan kualitas tidur terganggu. Oleh karenanya, makan malam sebaiknya dilakukan minimal 5 jam sebelum waktu tidur malam.

4. Berhenti Bekerja Menjelang Tidur

Jika kamu terlalu banyak bekerja, bahkan masih tetap aktif pada jam-jam tengah malam, kualitas tidur kamu tentu akan terganggu. Upayakan untuk tidak lagi memikirkan pekerjaan di malam hari. Jangan terlalu memaksakan diri dalam bekerja. Ada kalanya untuk beristirahat agar tidak mengalami stress dan depresi. Selain mempengaruhi kualitas tidur, kesehatan juga bisa menjadi buruk.

5. Letakkan Gadget Jauh dari Tempat Tidur

Jika sinar matahari dapat membantu dalam meningkatkan kinerja tubuh dan kualitas tidur, maka sinar biru dari perangkat elektronik malah sebaliknya. Dapat mengganggu hormon melatonin dalam tubuh. Akibatnya bisa menurunkan kuantitas dan kualitas tidur kita. Tak hanya itu, sinar biru juga bisa menyebabkan kerusakan pada mata secara permanen. Oleh karena itu, mengurangi penggunaan perangkat elektronik, terutama gadget sangat penting. Saat tidur, letakkan gadget jauh dari tempat tidur atau dapat kamu simpan di luar kamar agar tidak tergoda untuk menyentuhnya.

6. Bangun dan Tidur di Jam yang Sama Tiap Hari

Pola tidur yang tidak teratur akan mengganggu kualitas tidur. Tidak mudah memang untuk mengatur pola tidur yang baik jika sudah kebiasaan dalam begadang. Oleh karena itu, atur ulang pola tidur kamu. Misalnya jam 10 malam sudah harus tidur, dan jam 5 pagi harus bangun. Buat tubuhmu terbiasa dengan jam tidurmu. 

Nah itu dia beberapa tips tidur nyenyak dan berkualitas di malam hari. JIka sudah paham, mulailah mengatur pola tidur kamu. Akibat tidur tidak nyenyak dan tidak berkualitas akan menimbulkan berbagai macam penyakit dan menurunkan sistem kekebalan tubuh. 

Sumber: 

https://www.sfidn.com/article/post/pengaruh-cahaya-terhadap-kualitas-tidur

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210607145111-255-651286/sinar-matahari-pagi-bisa-bikin-tidur-malam-lebih-lelap

https://hellosehat.com/pola-tidur/insomnia/bagaimana-kopi-mempengaruhi-tidur-anda/

https://www.klikdokter.com/info-sehat/kesehatan-umum/benarkah-makanan-bisa-pengaruhi-kualitas-tidur

https://www.halodoc.com/artikel/kata-dokter-pentingnya-mengatur-pola-tidur-yang-tepat

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

1 Komentar

  1. […] BACA JUGA : Tips Tidur Nyenyak dan Berkualitas di Malam Hari […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *