Tips and Tricks

10 Tips Agar Budget Liburan ke Jogja Lebih Hemat

Tugu Yogyakarta/ unspalsh.com

Yogyakarta adalah salah satu kota yang wajib kamu kunjungi ketika sedang merencanakan liburan. Oleh karena itu, memikirkan budget liburan ke Jogja sangatlah penting. Sebab, jika memiliki dana yang pas-pasan, akan mengganggu perjalanan liburan kamu.

Kota ini terkenal dengan segala sesuatunya yang serba murah. Mulai dari transportasi, penginapan, hingga makanan. Meski demikian, membuat rincian biaya juga penting agar terhindar dari over-budget. Berikut ini tips agar biaya trip ke Jogja lebih hemat. 

1. Siapkan Jadwal Perjalanan/Itinerary

Pexels.com

Jika merencanakan liburan, tentu hal utama yang harus kamu lakukan setelah menentukan tanggal dan lokasi adalah menyiapkan jadwal perjalanan/itinerary. Membuat jadwal perjalanan yang matang akan membantu kamu dalam menghemat waktu dan uang.

Kamu bisa mulai dengan menulis perkiraan biaya liburan ke Jogja yang mungkin akan kamu keluarkan. Mulai dari biaya transportasi, penginapan, makan, harga tiket wisata, hingga oleh-oleh. 

Setelah mempersiapkan itinerary secara rinci, kamu harus memastikan bahwa jadwal tersebut akan terlaksana dengan baik. Pastikan kamu merencanakan itinerary yang realistis dengan mengingat waktu yang kamu miliki. 

Perlu diingat, terlalu banyak lokasi yang dikunjungi akan merusak jadwal yang kamu rencanakan sebelumnya. Misalnya, kamu bisa mengunjungi dua sampai tiga lokasi dalam sehari. Namun, kamu boleh saja mengubahnya dengan melihat situasi yang ada di lapangan. 

2. Nikmati Perjalanan Naik Kereta Ekonomi

Unsplash.com

Agar tidak mengeluarkan biaya jalan-jalan ke Jogja yang mahal, kamu bisa menggunakan transportasi kereta api kelas ekonomi. Harganya mulai dari harga Rp74.000 tergantung rute. 

Ada banyak kereta api kelas ekonomi yang bertujuan/singgah di Jogja. Misalnya, KA Bengawan (Jakarta-Solo), KA Gaya Baru Malam Selatan (Jakarta – Surabaya), KA Progo (Jakarta – Jogja), KA Jaka Tingkir (Jakarta – Solo), dan lain-lain.

Bagi yang belum pernah naik kereta, perlu diingat bahwa kursi kereta ekonomi berbeda dengan kereta eksekutif dan bisnis. Kursinya berhadap-hadapan dan tidak memungkinkan untuk beristirahat atau tiduran seperti di kereta eksekutif maupun bisnis.

Oleh karena itu, jika perjalanan cukup jauh, kamu bisa membawa perlengkapan seperti bantal kecil untuk tidur. Selain itu, sebaiknya membawa bekal selama perjalanan. Sebab, makanan di kereta akan lebih mahal dibandingkan makanan dari luar.

3. Pilih Penginapan yang Terjangkau

Pexels.com

Selain transportasi, hal paling penting yang harus diperhatikan adalah pemilihan tempat tinggal atau penginapan selama liburan. Pilih penginapan yang terjangkau tapi tetap nyaman dan bersih. 

Sebagai kota yang ramah backpacker, Jogja memiliki banyak penginapan murah. Mulai dari harga Rp 40.000/malam sudah bisa diisi oleh dua sampai empat orang. 

4. Gunakan Transportasi Umum Trans Jogja

Unsplash.com

Trans Jogja merupakan salah satu alternatif transportasi bus dalam kota yang murah dan cepat. Harga tiket Trans Jogja hanya Rp3.500 untuk sekali jalan. Namun, jika kamu menggunakan tiket berlangganan, tarifnya hanya Rp2.700 saja sekali jalan. 

Sebelum naik Trans Jogja, kamu wajib membeli tiket terlebih dahulu. Apabila ke Jogja dengan tujuan liburan saja, kamu bisa membeli tiket sekali jalan atau single trip. Kamu akan memperoleh tiket yang berbentuk seperti kartu pintar yang secara otomatis terbaca oleh sistem.

Setelah membeli tiket, segeralah mencari tahu rute tujuan yang dilalui Trans Jogja. Hal ini bisa kamu temukan melalui internet atau melalui aplikasi Trans Jogja di playstore smartphone kamu. Dengan begitu kamu lebih mudah memperoleh informasi mengenai rute dan jadwal operasinya.

Jika telah mengetahui rute, berangkatlah ke halte yang sesuai dengan tujuan kamu. Ketika bus datang, kamu hanya cukup melambaikan tangan dan akan berhenti tepat di depan halte. 

Cara pembayarannya hanya perlu memasukkan tiket pada mesin elektronik dan tiket akan ditelan secara otomatis. Setiap harinya Trans Jogja beroperasi dari jam 06.00 WIB sampai 19.00 WIB. Bus ini memiliki 17 rute yang mengitari kota Jogja.

5. Sewa Motor Jika Berdua

Pexels.com

Jika kamu tak ingin repot naik bus, kamu bisa menyewa motor jika hanya berdua. Untuk harga sewa motor di Jogja sangat beragam tergantung jenis motornya. Mulai dari Rp70.000 per hari kamu sudah bisa rental motor. Harga ini belum termasuk sewa bensin. 

Sebelum sewa motor, kamu harus memperhatikan tempat rental yang kamu pilih. Tanyakan beberapa hal seperti sistem pengantaran kendaraan, fasilitas yang didapatkan, hingga kualitas motor yang akan digunakan. 

Biasanya pemilik motor akan mengantarkan ke lokasi kamu. Kamu hanya perlu memberikan alamat di mana kamu tinggal. Sementara fasilitas yang biasanya diberikan seperti dua buah helm, surat kelengkapan motor, dan jas hujan. 

6. Sewa Mobil Jika Rombongan

Pexels.com

Jika hendak ke Jogja bersama keluarga atau teman-teman, kamu lebih baik menyewa mobil. Mulai dari harga Rp160.000 per hari, kamu sudah bisa menyewa mobil. 

Sebaiknya kamu memesan mobil jauh hari sebelum keberangkatan ke Jogja, terutama pada musim liburan. Sebab, kamu akan beresiko membayar harga yang lebih tinggi atau bahkan tidak mendapatkannya sama sekali. 

Tidak jauh berbeda dengan rental motor, ketika menyewa mobil sebaiknya perlu memastikan beberapa hal. Mulai dari harga, kualitas hingga perlengkapan atau fasilitas. Jadi, kamu harus pandai dan teliti dalam memilih agen rental mobil. 

7. Mengunjungi Tempat Wisata Murah dan Gratis

Taman Sari Yogyakarta/ Pexels.com

Sebagai kota wisata, tentu saja Jogja memiliki banyak tempat-tempat liburan yang menarik. Harga tiketnya pun gratis dan terjangkau.

Misalnya, di pagi hari kamu bisa berburu sunrise di Gereja Ayam dengan harga tiket hanya Rp20.000 per orang. Di siang hari, kamu bisa mengunjungi Taman Sari dengan arsitekturnya yang cantik dan instagramable. Harga masuknya hanya Rp3.000 saja.

Di sore hari, kamu mungkin bisa mengunjungi Pantai Parangtritis menikmati sunset. Lalu, malam hari kamu bisa jalan-jalan di Malioboro atau alun-alun kidul. 

8. Jangan Pilih Tempat Wisata yang Saling Berjauhan

Pexels.com

Ada baiknya untuk tidak mengunjungi tempat-tempat wisata yang saling berjauhan. Apalagi jika hanya menggunakan transportasi umum. Kamu perlu memperkirakan waktu tempuh dan jarak antar satu lokasi dengan lokasi lainnya. 

Oleh karena itu, mengunjungi tempat wisata yang berdekatan sangatlah penting guna menghemat waktu dan biaya transportasi.

9. Makan di Warung Lokal

Unsplash.com

Jika ingin menghemat biaya, jangan sekali-kali makan di restoran mahal. Di Jogja ada banyak tempat makan yang murah tapi enak, meskipun itu berada di pinggir jalan.

Jogja juga sangat terkenal dengan kulinernya yang khas. Oleh karena itu, sayang apabila tidak mencoba kuliner-kuliner khas Jogja. 

10. Jangan Ragu Menawar Harga

Unsplash.com

Apabila kamu ingin membeli oleh-oleh, jangan ragu menawar harga. Penjual kadang mematok harga yang lebih tinggi bagi turis-turis yang datang ke Jogja. Apalagi kalau kamu berjalan sendirian.

Alangkah lebih baik kalau kamu membuat list barang atau oleh-oleh yang akan kamu beli. Cari tahu harga barang terlebih dahulu sebelum turun berbelanja ke pasar atau tempat-tempat souvenir lainnya. Nah, itu dia tips budget liburan ke Jogja yang bikin suasana jalan-jalan kamu semakin menyenangkan.

Sumber : 

https://travel.kompas.com/read/2020/11/10/090300627/5-langkah-persiapan-yang-sebaiknya-dilakukan-sebelum-pergi-liburan

https://wolipop.detik.com/travel/d-1838061/5-langkah-mudah-menyusun-jadwal-perjalanan-liburan

https://www.cekaja.com/info/biaya-liburan-di-jogja

https://kumparan.com/jendela-dunia/budget-liburan-ke-jogja-selama-3-hari-dengan-harga-terjangkau-1y5dftwNk0l

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *