Tips and Tricks

Tips Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula Tanpa Menghafal

Hai, Readers! Kali ini aku mau bagi tips buat kalian yang lagi pengen belajar bahasa inggris. Banyak banget nih yang nanya-nanya di YouTube aku tentang gimana sih cara belajar bahasa inggris dari nol? Nah, mari kita kupas tuntas tema kali ini.

Sebelum kita ke inti pembahasan, aku mau disclaimer dulu nih. Bahwa apa yang aku bagikan adalah berdasarkan pengalaman pribadi. Oleh karena itu, tips ini tidak mutlak harus kamu coba ya, readers. Ada banyak cara lain yang juga bisa kamu coba dan menurut kamu efektif. 

Oh iya, belajar bahasa inggris itu tidak instan ya, melainkan perlu proses yang panjang agar bisa benar-benar menguasai. Aku sendiri sampai sekarang masih belajar kok. Karena dalam bahasa inggris itu ada berbagai macam tingkatan, mulai dari Basic, Intermediate dan Advanced. 

Tingkatan ini bisa menjadi indikator sejauh mana kemampuan kita dalam berbahasa inggris. Misalnya, ketika kita sudah menguasai Basic, berarti langkah selanjutnya adalah mempelajari level Intermediate. Nanti deh aku bahas lebih dalam di tulisan selanjutnya. So, mari kita bahas tips belajar bahasa inggris bagi pemula.

Nikmati Film Tanpa Terjemahan

Barangkali kamu sudah bosan dengan anjuran ini. Tapi, menonton film berbahasa inggris tanpa subtitle atau terjemahan benar-benar akan membantumu meningkatkan skill listening kamu loh. Memang pada awalnya akan sangat sulit, tapi lama kelamaan akan terbiasa.

Tips yang biasa aku lakukan adalah menonton film berulang kali sampai cukup memahami dialognya. Pemutaran film pertama aku masih menggunakan subtitle. Nah, setelah memahami betul dialog dan jalan cerita, aku sudah menonaktifkan subtitle-nya. 

Aku saranin kamu nonton film Harry Potter dengan aksen britishnya yang khas. Selain karena jalan ceritanya yang menarik, juga menggunakan bahasa inggris yang relatif lebih mudah dan cocok untuk berbagai kalangan. 

Coba Dengerin Podcast

Berbeda dengan film yang menampilkan audio visual, podcast hanya bisa didengar melalui rekaman audio. Saat ini, ada banyak podcast-podcast yang berbahasa inggris yang bisa kamu dengarkan kapanpun dan dimanapun.

Kamu bisa download aplikasi podcast seperti Google Podcast, Anchor, Pocket Cast, Spotify, dan lain-lain. Banyak banget loh podcast-podcast khusus buat kamu yang pengen belajar bahasa inggris. Biasanya, yang lagi belajar TOEFL/IELTS pun harus membiasakan diri mendengarkan podcast untuk melatih listening sekaligus menambah pengetahuan.

Tips buat kamu yang belajar bahasa inggris melalui podcast, coba dengarkan konten yang sesuai dengan minat kamu. Misalnya kamu suka tema olahraga, cari konten podcast yang sesuai dengan tema itu. Kamu tidak perlu mengerti semua yang diperbincangkan. 

Waktu pertama kali belajar melalui podcast, aku mulai dengan mendengarkan audio rekaman tersebut dari awal sampai akhir dengan rileks dan tenang. Cobalah untuk terbiasa dulu mendengarkan percakapan bahasa inggris. Kemudian ulang lagi dan kamu bisa pause audio tersebut lalu ucapkan kalimat yang ingin kamu tiru. Ini efektif banget loh buat melatih listening sekaligus speaking kamu.

Jangan lupa temukan, catat, dan terjemahkan kata-kata yang menurut kamu masih asing. Hal ini bertujuan untuk menambah kosakata kamu dalam bahasa inggris. Rekomendasi podcast yang bisa kamu dengarkan di antaranya: All Ears English Podcast, BBC Podcast, The RealLife English Podcast, dan masih banyak lagi. 

Tambah Wawasan dengan Membaca Buku atau Novel

Kamu suka membaca novel atau buku? Jika iya, mulailah membaca buku berbahasa inggris sebagai wadah kamu dalam belajar. Selain menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, membaca buku berbahasa inggris dapat meningkatkan skill reading kamu loh.

Mulailah dengan membaca buku yang enteng, misalnya membaca buku anak-anak dengan kalimat yang sederhana. Tidak perlu malu, sebab tujuan kita untuk belajar. Membaca buku yang terlalu tebal dan diksi yang rumit membuat kamu malah capek dan bosan. 

Jika mau lebih mudah dan praktis, aku biasanya membaca e-book lewat e-readers yang sudah disertai dengan build-in dictionary. Jadi tinggal meng-highlight kata-kata yang sulit dan secara otomatis kamu langsung tahu artinya.

Latih Skill Speaking

Selain mengasah kemampuan dalam listening dan reading, speaking adalah skill yang tidak kalah penting. Cobalah untuk membiasakan berbicara dalam bahasa inggris. Jangan pedulikan grammar yang benar atau salah. 

Cari lawan bicara yang sama-sama ingin belajar bahasa inggris. Atau jika tidak punya lawan bicara, kamu bisa melatih speaking kamu secara mandiri. Caranya dengan merekam diri sendiri ketika berbicara. Dengan mendengar suara rekaman kamu sendiri, kamu bisa mengetahui letak kesalahan dalam bahasa inggris kamu. 

Menulislah!

And… the last one but not least adalah membiasakan menulis dalam bahasa inggris. Ketika kamu sudah menguasai listening, reading, dan speaking, kamu tidak akan kesulitan lagi dalam menulis bahasa inggris. 

Tipsnya adalah menulislah setiap hari, entah itu catatan harian atau kalimat-kalimat sederhana yang dapat menambah kosakata kamu. Kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk mengecek susunan kata atau grammar tulisan kamu. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa mengecek tulisan kamu di aplikasi cek grammar bahasa inggris. 

Nah, itu sedikit tips dari aku yang bisa kalian coba. Jangan ragu untuk memulai, karena kamu tidak akan pernah bisa jika tidak pernah memulai. Yuk bisa yuk!

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

1 Komentar

  1. […] BACA JUGA: Tips Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula Tanpa Menghafal […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *