Article Beranda

Era New Normal, Kerja di Coworking Space Lebih Fleksibel dan Tetap Produktif

Sejak masuknya COVID-19 di Indonesia, pemerintah melakukan berbagai upaya yang komprehensif dalam menangani pandemi ini. Sesuai anjuran World Health Organization (WHO), berbagai negara termasuk Indonesia mulai menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari cuci tangan, tidak berkumpul/melakukan pertemuan, menjaga jarak, membatasi keluar rumah, bahkan hampir seluruh kota melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga lockdown. Akibatnya, banyak kantor baik pemerintah maupun swasta yang menerapkan skema bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Skema WFH merupakan bagian dari konsep telecommuting (bekerja jarak jauh), yang sebenarnya bukan hal baru dalam dunia kerja, bahkan telah dikenal sejak tahun 1970-an sebagai salah satu upaya mengatasi kemacetan lalulintas dari perjalanan rumah-kantor pulang-pergi setiap hari.

Walaupun demikian, konsep ini biasanya diberlakukan dalam kondisi normal dan bukan karena adanya pandemi seperti sekarang ini. Meski pemberian vaksin sudah disebarluaskan, penerapan WFH telah menjadi tatanan baru dari kehidupan keseharian kita.

Berbagai macam upaya yang dilakukan baik individu maupun kelompok untuk menciptakan suasana kerja senyaman mungkin agar tetap bisa menghasilkan produktivitas yang sama seperti saat bekerja di kantor.

Namun, sebagian pekerja kantoran, yang setiap hari berangkat ke kantor, bertemu dengan rekan kerja, atasan, dan mengerjakan tumpukan kertas di atas meja telah menjadi rutinitas harian, bekerja dari rumah menjadi hal yang baru.

Dalam jurnal yang ditulis Oswar Mungkasa berjudul “Bekerja dari Rumah (Working From Home/WFH): Menuju Tatanan Baru Era Pandemi COVID-19”, ada beberapa kendala dan masalah yang kerap kali dihadapi pekerja kantoran saat bekerja dari rumah:

Pertama, pekerja yang terbiasa dengan suasana kantor konvensional menjadi kesulitan dalam berkoordinasi dengan rekan kerja. Dibutuhkan penjadwalan kerja yang lebih rapi bahkan mungkin perlu ditetapkan waktu tetap untuk berkumpul di kantor.

Kedua, tidak terlihat batasan jelas antara kantor dan rumah, bahkan cenderung waktu kerja menjadi tanpa batasan.

Ketiga, pekerja jarak jauh cenderung terlihat seperti pengangguran dan berdampak pada hubungan dengan tetangga dan keluarga. Keluarga dan tetangga mungkin menjadi marah ketika pekerja jarak jauh tidak ikut serta dalam pekerjaan rumah tangga dan lingkungan walaupun kenyataannya berada di rumah.

Nah, dengan permasalahan di atas, tentu saja akan berdampak buruk pada kinerja atau produktivitas kita dalam bekerja. Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan Lembaga Pengetahuan Indonesia (LIPI) bertajuk “Produktvitas selama work from home: Sebuah Analisis Psikologi Sosial”, sebanyak 25 persen pekerja ternyata mengaku produktivitasnya menurun saat WFH. Penyebabnya antara lain karena kurang pengawasan hingga banyaknya gangguan saat bekerja.

Lantas bagaimana solusinya? Salah satunya adalah dengan memanfaatkan coworking space.

Coworking Space, Solusi Kebutuhan Kerja di Masa Pandemi

instagram.com/lets.gowork

Coworking space memang telah menjadi salah satu solusi bagi kebutuhan kerja di masa pandemi. Ketika seorang pekerja menjadi bosan dengan ruang kerja yang begitu-begitu saja atau mereka tidak memiliki ruang lain selain kamar tidur yang selama ini digunakan, mereka akan mencari space yang lebih nyaman, tenang, dan aesthetic.

Pada umumnya, coworking space dipahami sebagai sebuah lingkungan/ruang dimana beberapa profesi dapat bekerja dalam suatu area secara bersamaan baik dalam ruang privat ataupun ruang kerja terbuka.

Ruang kerja pada coworking space digunakan oleh orang-orang dengan latar yang berbeda-beda antara lain yaitu, enterpreneur, freelancer, startup, asosiasi, konsultan, investor, artis, peneliti , pelajar, dan lain-lain. Nah, dengan latar belakang masing-masing, disinilah para coworkers dapat saling berinteraksi, membangun komunikasi dan menawarkan keahliannya masing-masing.

Rekomendasi Coworking Space Terbaik di Indonesia

instagram.com/lets.gowork

Siapa yang tidak mengenal GoWork, salah satu perusahaan penyedia coworking space yang tersebar di beberapa titik di Indonesia, seperti di Jakarta, Surabaya, Bali, Tangerang, dan Medan. GoWork sendiri menyediakan ruang kerja yang menginspirasi dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk membantu perusahaan-perusahaan tumbuh dan berkembang.

Dengan menggunakan konsep work and play, kebutuhan untuk bekerja dan bermain dapat terpenuhi dalam waktu yang sama.

Selain itu, GoWork juga menggunakan rancangan interior yang modern, elegan, dan nyaman untuk mendorong kreativitas dan produktivias para pekerja.

Lantas apa saja fasilitas dan layanan yang ditawarkan GoWork?

1. Hot Desk

Layanan Hot Desk adalah pilihan bagi yang ingin bekerja secara fleksibel dan nyaman di area umum. Dengan tambahan variabilitas opsi harian, mingguan, dan bulanan, coworkers dapat dating kapanpun, ambil meja apapun yang tersedia dan mulai bekerja. Tak hanya itu, setiap hari akan ada suasana baru seperti pola kursi yang berubah-ubah sehingga para coworkers bisa mendapatkan jaringan dan mampu berkolaborasi dengan orang yang berbeda setiap hariya. Cukup bawa laptop saja, pilih tempat duduk yang terbuka dan mulai bekerja. Harganya sangat terjangkau, hanya Rp125.000 per hari sudah bisa menikmati suasana bekerja layaknya di perusahaan besar.

2.  Dedicated Desk

Jika memilih layanan ini, coworkers akan mendapatkan tempat yang sama setiap harinya. Dengan meja khusus yang sangat ideal bagi orang-orang yang ingin bekerja secara permenan di tempat yang sama setiap hari. Layanan ini memungkinkan coworkers menikmati bagian terbaik dari bekerja di suatu komunitas sambil masih memiliki ruang untuk melakukan keperluan pribadi.

3. Private Office

GoWork dapat menampung tim hingga 20 orang. Sehingga baik perorangan maupun per tim akan memiliki akses 24/7 ke kantor pribadi yang sempurna untuk tim yang membutuhkan ruang produktif dan kolaboratif untuk bekerja. Setiap kantor pribadi siap dipakai dan sepenuhnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan coworkers agar bisa terus berkembang. Harga Rp 2.800.000 /org/bulan sudah cukup membooking Private Office bersama dengan tim di perusahaan.

4. Enterprise Solutions

Nah, untuk layanan ini, para coworkers dapat meminta desain ruang kantor berdasarkan kesukaan dan keperluan sendiri. Layanan ini dapat memilih lokasi dengan harga yang tepat dan ruang kantor dapat disesuaikan dengan perkembangan perusahaan hingga 500 orang di lokasi-lokasi strategis di Indonesia. Selain itu, dapat memilih dan menyesuaikan tata letak ruangan yang lebih efektif dan dilengkapi desain ruang kantor agar sesuai dengan kebutuhan branding coworkers. Manfaat lainnya adalah GoWork akan membantu pengusaha untuk mengelola kantor, mulai dari optimasi ruang kerja hingga utilitas dan keamanan, serta membantu mengembangkan ukuran kantor sehingga tidak perlu bingung saat anggota tim bertambah.

5. Virtual Office

GoWork tidak hanya menyediakan ruang kantor yang fleksibel dan nyaman bagi para coworkers, tetapi juga menyediakan alamat bisnis untuk perusahaan yang sedang berkembang. Untuk itu, layanan virtual office GoWork adalah pilihan yang tapat karena dapat diatur sesuai dengan kebutuhan tim perusahaan. Dengan memakai layanan ini, perusahaan dapat memiliki alamat kantor di area bisnis ekslusif di Indonesia. Harganya hanya kisaran Rp5.400.000/year.

Selain layanan di atas, ada berbagai manfaat dan keunggulan yang dirasakan bagi para coworkers, di antaranya:

1.Membangun Sebuah Komunitas Kerja

Selain sarana dan prasarana yang mumpuni, faktor komunitas juga menjadi salah satu penentu sebuah coworking space ramai dikunjungi atau tidak. GoWork tidak hanya memiliki variasi ruang dan tempat untuk orang-orang bekerja, tetapi juga menyediakan ruang sewa yang dapat digunakan oleh komunitas-komunitas tertentu untuk mengadakan acara atau kegiatan seperti layanan Ruang Acara dan Ruang Meeting yang telah disediakan.

2. Meningkatkan Peluang Bersosialisasi

Tentu saja berada di Coworking Space GoWork, kita akan bertemu dengan member lain yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Ini adalah waktu yang tepat untuk bersosialisasi. Ketika ada waktu senggang atau tempat-tempat umum berpapasan dengan member lainnya seperti ruang santai, kantin, toilet menjadi momen yang untuk bertegur sapa dan berkenalan. Membangun lingkungan yang menyenangkan dengan bersosialisasi, bekerja pun akan semakin fun di GoWork.

3. Suasana kerja yang lebih kondusif dan kreatif

Di era new normal, ada banyak hal-hal yang bisa mengganggu selama bekerja jarak jauh. Misalnya, jika kita bekerja di rumah, di mana jika anggota keluarga lainnya tidak mengetahui jam-jam kerja kita maka pekerjaan akan menjadi berantakan. Oleh karenanya, dengan memilih lokasi kerja di GoWork kita juga bisa memilih suasana kerja yang lebih nyaman dan tidak terganggu dari kebisingan rumah yang dihuni anak-anak atau keluarga besar lainnya.

4. Memperluas jaringan personal maupun profesional dengan cepat

Coworking space memiliki peran penting untuk mempertemukan para freelancer dengan para profesional melalui kegiatan workshop, pelatihan maupun kegiatan lain. Dengan adanya kegiatan seperti itu, coworkers di GoWork benar-benar mampu membangun jaringan komunitas yang lebih luas baik personal maupun profesional dengan cepat.

Nah, bagaimana? Jika kalian merasa ingin mengubah ritme kerja dan menjadi lebih produktif di era new normal ini, kalian bisa coba bekerja di salah satu dari 30 lokasi GoWork yang kini tersebar di penjuru Indonesia. GoWork tentu saja akan terus melebarkan sayapnya dengan membuka kantor diberbagai titik di seluruh Indonesia. Baru-baru ini, GoWork meresmikan gerai coworking space terbarunya di Medan. Ke depannya, tak hanya di Medan, tapi juga di Yogyakarta, Palembang, dan Makassar. Dengan menjadi anggota GoWork, kalian bisa kerja dari seluruh lokasi ini, as much as you want to! Hmm, jadi gak sabar menikmati coworking space GoWork di daerah tempat tinggalku, Kota Makassar!

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *