Article Beranda Review

Lim Hee Kyung, Dobrak Stereotip Kuno tentang Perempuan di Drama True Beauty

instagram.com/viuindonesia

Masih ingat dengan serial drama korea True Beauty yang booming baru-baru ini? Sebuah drama yang menceritakan tentang seorang anak SMA bernama Lim Ju Kyung yang tidak percaya diri dengan wajahnya. Ia lantas mengubah wajah dan penampilannya lewat polesan make up. Lim Ju Kyung memiliki seorang kakak bernama Lim Hee Kyung. Meski bersaudara, mereka memiliki perbedaan yang cukup mencolok, mulai dari wajahnya, cara berpakaiannya hingga karakter dan kelakuannya. Jika Lim Ju Kyung adalah orang yang tidak percaya diri, kekanak-kanakan dan pemalu, maka sebaliknya Lim Hee Kyung adalah perempuan yang agresif, dewasa, cantik dan pintar. Meski bukan karakter utama, penonton drama ini nyatanya banyak yang mengidolakan sosok Lim Hee Kyung.

Namun, sebelum membaca lebih lanjut tentang Lim Hee Kyung dan bagaimana ia bisa menjadi sosok panutan yang mengispirasi, bagi yang belum nonton, ada baiknya tonton dulu drama korea True Beauty  agar bisa memahami alur cerita di dalam drama ini. Drama ini hanya ada di aplikasi Viu. Aplikasi Viu adalah layanan streaming jutaan drama Asia, program variasi, anime dan berita hiburan lainnya yang paling banyak diunduh di Play Store.

Saya merekomendasikan aplikasi ini bukan tanpa alasan. Ada beberapa keunggulan aplikasi ini yang tidak bisa kalian dapatkan pada aplikasi video streaming lainnya. Alasan paling utama adalah karena Viu merupakan aplikasi video streaming paling utama di Asia Tenggara. Menurut laporan terbaru AMPD Media Partners Asia (MPA), Viu menduduki posisi teratas dalam kategori jumlah pengguna, serta peringkat kedua untuk pelanggan berbayar dan menit streaming di antara video streaming platform utama di Asia Tenggara.

Sementara itu, pelanggan berbayar tumbuh 47 persen dari tahun ke tahun pada 2020. Viu mencatat pertumbuhan yang tinggi dalam monetisasi dengan overall revenue naik 30%. Pencapaian ini didorong subscription revenue sebagai pendorong utama yang meningkat 62 persen dari tahun ke tahu. Viu juga mengungguli tingkat pertumbuhan pasar video OTT di kawasan Asia Tenggara dan Taiwan atau Greater Southeast Asia (GSEW) dengan pertumbuhan pendapatan 63%, dibandingkan pertumbuhan pendapatan di kawasan GSEA secara keseluruhan sebesar 17%, berdasarkan laporan MPA.*

Kenapa harus menonton di Viu?

Pertama, karena penggunaannya yang mudah dan praktis. Saya sendiri sudah berlangganan aplikasi ini selama hampir dua tahun, mengingat banyaknya drama-drama korea on-going yang sayang jika dilewatkan. Dengan kelengkapan fitur yang disediakan dan tampilan yang sederhana, memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian.

Kedua, Viu telah memiliki izin untuk menayangkan serial drama televisi Asia, terkhusus drama korea. Sehingga ketika kita menonton drama di aplikasi ini sama dengan memberi kredit kepada artis maupun kru produksi yang telah bersusah payah membuatnya.

Selain itu, aplikasi Viu ini telah menyediakan pilihan secara gratis maupun premium untuk menonton film atau drama korea terbaru dan berbagai film lainnya sesuai dengan keinginan penggunanya melalui berbagai perangkat seperti ponsel, tablet, desktop. Kita juga dapat menonton video secara online atau mengunduhnya terlebih dahulu untuk dapat disaksikan secara offline.  

Kelebihan lainnya karena konten yang disediakan selalu update. Para pecinta drama korea tidak lagi menanyakan drama terbaru yang sedang on-going, sebab semuanya telah tersedia di aplikasi ini. Disertai sinopsisi pada setiap episode, memudahkan pengguna untuk mengetahui apakah drama tersebut bagus atau tidak. Dilengkapi pula fitur subtitle bahasa Indonesia.

Bagaimana cara menonton drama korea gratis di Viu?

Viu menyediakan paket dasar dan paket premium. Pada paket dasar, pengguna bisa menikmati semua video yang disedikan secara gratis (hampir 70 persen video disediakan secara gratis), sehingga pengguna tidak perlu mendaftar dan berlangganan.

Namun, video atau drama korea terbaru biasanya dibungkus dalam paket premium sehingga mengharuskan pengguna untuk registrasi dan berlangganan. Dengan paket premium ini semua konten dalam aplikasi Viu dapat diakses.

Paket Viu premium bisa dibeli dengan menggunakan metode pembayaran via GoPay dan potong pulsa.

Untuk pengguna android, cara membeli paket Viu premium menggunakan GoPay yaitu: Buka aplikasi Viu, lalu klik profil dan pilih ‘ubah jadi premium’, kemudian pilih paket viu yang diinginkan, di halaman cara pembayaran pilih GoPay, kemudian pilih ‘lanjut ke aplikasi Go-Jek’ dan bayar.

Untuk pengguna desktop, kunjungi situs Viu, pilih log in, lalu klik profil dan pilih ‘paket saya’ atau ‘ubah jadi premium’. Setelah itu pilih dan klik paket Viu Premium yang diinginkan dan pilih ‘GoPay’ untuk metode pembayaran. Kemudian scan kode QR menggunakan aplikasi GoJek, lalu bayar.

Sedangkan cara pembayaran via potong pulsa, caranya gampang, setelah mengunjungi situs web Viu, pilih paket Viu yang diinginkan dan pilih ‘Pulsa’ untuk metode pembayaran. Setelah itu masukkan nomor telepon yang aktif lalu klik ‘ingatkan saya’. Secara otomatis pulsa akan dipotong atau ditambahkan dalam tagihan pascabayar untuk nomor telepon yang dimasukkan.

Daripada streaming drama korea di situs-situs illegal dan penuh iklan, yuk download aplikasi Viu dan nonton drama korea favoritmu hanya di aplikasi Viu!

Nah, kembali lagi ke sosok Lim Hee Kyung. Hal apa yang membuat tokoh ini menjadi panutan dan mendapat banyak perhatian dari penonton?

1. Lim Hee Kyung adalah seorang kakak yang penyayang

Pemeran Lim Hee Kyung dan Lim Ju Kyung (instagram.com)

Sebagai anak perempuan pertama, tentu saja punya tanggungjawab yang besar bagi keluarganya. Ia adalah harapan bagi orang tua dan adik-adiknya. Hee Kyung dengan sifatnya yang dewasa dan bertanggung jawab mampu memberi rasa aman dan menjadi pelindung bagi adik-adiknya. Satu-satunya tempat bagi Ju Kyung untuk mencurahkan isi hatinya hanyalah kepada Hee Kyung. Saat Ju Kyung tertimpa masalah pun termasuk saat dicampakkan oleh Su-Hoo, Hee Kyung-lah yang mampu menasehatinya.

2. Pekerja keras dan tidak gampang menyerah

 instagram.com/tvndrama.official

Hee Kyung bekerja di sebuah perusahaan industri hiburan. Saat itu, ia sedang mengejar dua orang penyanyi dan penulis lagu bertalenta untuk kembali bergabung ke dunia hiburan yakni Lee Su-Ho dan Han Seo-Joon. Berbagai cara ia lakukan untuk membujuk mereka, namun semua usahanya sia-sia. Meski begitu, Hee Kyung tidak pernah menyerah untuk menunjukkan kepada mereka bahwa dengan bakat menyanyi dan menulis lagu, mereka pantas berada di panggung hiburan.

3. Mampu melawan ketidakadilan di tempat kerja

 instagram.com/tvndrama.official

Fenomena wanita bekerja bukan merupakan hal baru. Perkembangan jamanlah yang membuat tidak adanya batasan bagi seorang wanita untuk bekerja. Namun tak dapat disangkal apabila dalam bekerja, wanita kerapkali mendapat problematika. Problematika yang muncul dalam kehidupan Hee Kyung adalah saat ia mendapat perlawanan dari atasannya. Saat ia berusaha membujuk Su-Hoo dan Seo Joon untuk bergabung ke agensinya, secara diam-diam boss Hee Kyung memindahkannya ke divisi lain. Ia merasa bahwa keputusan sepihak yang dilakukan oleh bosnya sangatlah tidak adil. Apalagi sejak ia mengetahui bahwa lagu ciptaan Su-Hoo yang selama ini diincarnya tiba-tiba debut tanpa sepengetahuan dirinya dan bahkan penulisnya sendiri.

4. Mengungkapkan perasaan lebih dulu

 instagram.com/tvndrama.official

Hanya ada segelintir perempuan yang berani mengungkapkan isi hatinya lebih dulu kepada lelaki pujaannya. Lim Hee Kyung salah satunya. Bahkan dia tanpa ragu mengajaknya berkencan duluan. Selama ini ada stereotip kuno yang melekat bahwa perempuan tidak boleh mengajak kencan laki-laki lebih dulu. Namun, karakter Hee Kyung mampu mendobrak pakem tersebut. Dengan cara yang unik, ia mampu meluluhkan hati seorang laki-laki yang disukainya, Han Joon Woo.

Lim Hee Kyung Dobrak Stereotip Kuno tentang Perempuan

Berbicara tentang stereotip kuno yang mengakar dalam budaya patriarkat masyarakat kita, baik itu di Indonesia maupun di negara lain memang selalu menjadi hal yang menarik. Sosok Lim Hee Kyung mungkin salah satu contoh dari banyaknya film atau drama yang mengangkat tentang kehebatan perempuan dalam segala bidang. Sehingga inilah yang banyak mengubah persepsi masyarakat bahwa perempuan tidak hanya bisa mengurus masalah dapur, kebersihan rumah ataupun melayani suami, tetapi juga bisa melakukan apa yang biasanya dilakukan oleh laki-laki.

Ketika kita menonton dan menyimak film dengan seksama, secara tidak sadar kita akan menerima perspektif dan ideology yang mengkristal dibenak kita. Perlu diketahui bahwa sesungguhnya apa yang ditampilkan di televisi adalah realitas yang tumbuh dan berkembang di sekitar kita.  

Dapat dikatakan bahwa sosok Lim Hee Kyung menggambarkan kekuasaan perempuan. Kekuasaan perempuan yang dimaksud adalah bagaimana karakter perempuan digambarkan tidak hanya berkuasa atas dirinya sendiri, tapi juga mempunyai pengaruh terhadap karakter lain. Subyektivitas Hee Kyung digambarkan sebagai perempuan yang maskulin dan heroik. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana ia mengganti ban mobil Han Joon Woo yang mogok, menjemputnya saat pulang kerja dengan megendarai mobil lalu mengajaknya berkencan, membelikan hadiah dan bahkan lebih dulu melayangkan ciuman kepada kekasihnya itu.

Karakter Perempuan di Drama Korea

Seiring perkembangan zaman, serial drama korea saat ini sudah mulai mengalami pergeseran. Di mana tayangan drama korea di tahun 2000-an yang lebih banyak merefleksikan konstruksi patriarkat yang kuat, kini sudah merepresentasikan kemandirian perempuan modern pada saat ini. Misalnya dalam drama-drama kerajaan di mana kehidupan para tokoh atau masyarakat secara umum masih terbelenggu budaya tersebut.

Diceritakan dalam drama ‘Jang Ok Jung Live for Love’ (2013), pada masa dinasti Joseon, perempuan yang berada di luar istana hanyalah mengurus wilayah domestik, sedangkan perempuan di dalam istana merupakan milik raja. Jika Raja menginginkan mereka, perempuan-perempuan tersebut menganggapnya sebagai suatu anugerah. Sebab status mereka akan naik, terlebih lagi jika mereka memiliki anak laki-laki. Dengan demikian, janin laki-laki sangat berharga daripada perempuan.

Namun, kini dengan munculnya paham-paham feminisme yang menguat dari masa ke masa, secara tidak langsung mengubah karakter-karakter perempuan dalam serial drama televisi yang dibuat semakin kuat dan tangguh. Seperti dalam drama River Where the Moon Rises (2021) seri televisi terbaru dengan genre sejarah yang sukses mencuri perhatian. Drama ini menceritakan tentang kisah cinta antara Pyeong Gang dan On Dal, karakter dalam cerita rakyat klasik Goguryeo yang sangat terkenal di Korea. Karakter perempuan dalam drama ini cukup menarik di mana tokoh utama perempuan dibesarkan sebagai tentara yang penuh ambisi dan menjadi pemimpin wanita pertama di era Goguryeo.

Selain itu, masih banyak karakter-karakter perempuan tangguh lainnya mulai dari perempuan kerajaan hingga perempuan modern misalnya Han Song Yi  (My First First Love), Lee Yeon Seo (Angel’s Last Mission), Jang Man Wol (Hotel Del Luna), Cha Yu Ri (Hye Bye, Mama!), Ji Sun-woo (The World of The Married), Choi Ae-ra (Fight For My Way), dan masih banyak lagi.

Dengan kehadiran karakter-karakter perempuan yang kuat dan mandiri tentunya membuat drama Korea tidak hanya sebagai pengisi waktu luang di kala senggang, tapi juga dapat menjadi pelajaran dan dijadikan inspirasi bagi para perempuan di luar sana.

*Sumber: AMPD Research of Media Partners Asia (MPA), Juli-September 2020. Di antara platform streaming video utama termasuk iflix, iQiyi, Line TV, Netflix, TrueID, Vidio, WeTV, tidak termasuk YouTube, di Asia Tenggara (Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina)

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *