Uncategorized

Pengalaman Magang di Televisi Nasional (Trans|7), Part I

Gedung Trans Media, Jl. Kapten Tendean, Jakarta Selatan

Pada kesempatan kali ini, saya mau menceritakan pengalaman saat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) atau lebih tepatnya “magang” di salah satu perusahaan media nasional, yaitu Trans Tujuh (Trans|7). Kalian yang pengen banget magang di televisi nasional pasti penasaran bagaimana kerja para crew buat menayangkan program di televisi. Apa aja kerjanya anak magang dan yang paling penting gimana caranya bisa magang di sana. Well, karena nggak pede nge-vlog macam para artis atau youtubers, mending nge-blog aja biar sekalian bisa mengembangkan bakat menulis.

Sebenarnya, saya termasuk mahasiswa yang paling lama untuk melaksanakan PPL. Teman-teman lain sudah pada kelar magang di media-media lokal, tapi karena saya harus menyelesaikan urusan negara, *eh maksud saya urusan organisasi, makanya PPL saya undur hingga November 2016.

Diterima Magang pake’ Usaha Sendiri!

Magang di televisi nasional sebenarnya adalah impian saya sejak lama. Tentu impian teman-teman juga ‘kan? Siapa coba yang nggak mau magang di media macam Trans 7, Trans TV, TV one, Metro TV, dll. Impian boleh sama, tapi usaha belum tentu sama.

Teman-teman saya yang rencana mau ke Jakarta, malah mengundurkan diri satu per satu dengan alasan biaya yang mahal, repot ini dan itu, pun izin dari kampus yang bertele-tele. Pihak jurusan bilang kalau PPL di luar kota itu hanya diberikan waktu selama dua minggu. Yaelah, dua minggu mah bukan magang, tapi buat jalan-jalan doang.

Tapi, saya dan seorang teman, Zella nggak nyerah hanya dengan hambatan-hambatan yang masih mungkin dihadapi. Alih-alih dua minggu, kita magang di Trans|7 selama dua bulan! Awalnya saya mengirim lamaran magang dibeberapa televisi nasional tapi ditunggu-tunggu belum ada balasan. Hingga pada akhirnya lamaran ketiga, kami mengirimkan CV lewat pos ke alamat Trans|7 dan nggak sampai sebulan HRD trans|7 langsung menghubungi kami untuk wawancara di kantor Trans|7, Menara Bank Mega Jakarta Selatan. Tentu saya bahagia sekali waktu itu. Sesegera mungkin mempersiapkan diri untuk berangkat ke Jakarta pada tanggal yang ditentukan.

Jadi, kalau kalian bener-bener ingin magang di media nasional, saya menyarankan untuk tidak hanya mengirim lewat email. Karena boleh jadi banyak terjadi gangguan saat pengiriman email. Gangguan yang paling sering, misalnya inbox email yang membeludak, bisa nggak masuk atau sampai-sampai nggak semua kebaca oleh HRD. Untuk lebih amannya, ya kirim langsung ke kantornya. Setelah itu, jangan lupa berdo’a ya.

Interview 

Sebelum mulai magang, calon mahasiswa magang terlebih dahulu melakukan interview sesuai tanggal yang ditentukan. Tanggal 7 November saya datang ke Menara Bank Mega, tapi interview dilakukan di News Room Trans|7. Interview ini dilakukan untuk menentukan program mana yang akan kita tempati buat magang. Di Trans|7 ada banyak program news, seperti Jejak Petualang, Bocah Petualang, Khazanah, Selamat Pagi, Doeloe Sekarang, Tau Gak Sih?, dan lain-lain. Nah, saya dan Zella mendapat Program Selamat Pagi, yang tayang live Sabtu-Minggu pukul 6.30 WIB. Nah, setelah itu kami mulai magang Hari Kamis sekaligus mengambil kartu identitas magang.

Pengenalan Production Assistant dan Karyawan-Karyawan Trans|7

Mba Atik mengenalkan kami dengan Production Assistant (PA) selamat pagi. Namanya Mas Ival. PA selain bertanggungjawab menyiapkan program acara hingga selesai, juga diberi tugas membimbing anak magang agar bisa menyesuaikan dengan lingkungan tempat mereka bekerja. Toh, anak magang yang membantu PA agar tugas mereka lebih ringan. PA itu sebuah profesi penting dalam dunia broadcast, tanpa PA program-progam tidak akan berjalan dengan lancar. Jadi, selama saya di Trans|7 yang banyak mengajarkan saya tentang dunia pertelevisian, mengenalkan saya dengan karyawan-karyawan di sana adalah Mas Ival.

Di sana, kami berkenalan dengan banyak karyawan. Selain PA di program-program lain, kita juga berkenalan dengan banyak editor. Editor adalah orang paling berjasa dalam proses penayangan suatu program. Mereka menyunting gambar-gambar sesuai dengan Voice Over (dubbing) sebelum ditayangkan.

Saat berkenalan, karena kita adalah mahasiswa magang yang paling jauh–lintas pulau–kadang-kadang mereka bilang, “kok kalian jauh banget magangnya?” “Wah, jauh-jauh ke Trans7 cuma buat magang?” “Niat banget magangnya, mba?” “Kamu nggak bakal sia-sia deh magang di sini. Nyari ilmu yang banyak yaa..” Ya, saya hanya menanggapi terus terang, kadang senyam senyum atau menambahkan lelucon. Berbagai macam aktivitas para karyawan televisi membuat saya paham bahwa seperti inilah rasanya bekerja di televisi.

Karakter setiap orang memang berbeda-beda, tapi satu hal yang saya dapatkan bahwa setiap orang punya cara sendiri untuk bersosialisasi. Senyuman dan ucapan terima kasih yang selalu saya dengar tiap hari, sapaan mba mas yang ramah, mereka siap ditanya tentang apapun; mulai dari pekerjaan, ilmu tentang broadcast, hingga mereka berbagi banyak tentang pengalaman.

Pengenalan Program Selamat Pagi

Program Selamat Pagi sendiri berada di bawah divisi news, tepatnya di departemen Buletin dan Current Affair. Divisi news, merupakan suatu divisi yang menyajikan sebuah program acara dengan memberikan informasi terkait dengan suatu berita penting yang muncul sebelumnya, namun dibuat secara lengkap dan mendalam.

Buletin dan Current Affair cukup terikat dalam hal penayangannya namun tidak seketat News, batasannya adalah bahwa selama isu yang dibahas masih mendapatkan perhatian khalayak maka masih dapat disajikan secara menarik dan informatif.

Selamat pagi adalah program acara berita dan talkshow yang dikemas secara ringan dalam sebuah tayangan live. Materi-materi berita ditayangkan dalam bentuk feature news. Feature bukanlah informasi yang harus cepat disajikan seperti berita-berita current affair, itulah sebabnya feature dapat ditayangkan sesuai kebutuhan saja dan tidak terikat dengan waktu penayangan. Berita ringan namun menarik ini memuat informasi yang lucu, unik, aneh dan menimbulkan kekaguman bagi khalayak serta menjadi viral di media sosial.

Selain menampilkan tayangan-tayangan feature, program ini juga menyisipkan berita-berita current affair. Current affair adalah program tentang peristiwa-peristiwa yang sedang atau masih berlangsung sebagai pelengkap dari berita aktual yang sebelumnya disiarkan.

Tak hanya itu, program Selamat Pagi juga menampilkan tayangan-tayangan feature dengan durasi panjang yang memuat tempat-tempat wisata atau kuliner yang ada di Nusantara. Tayangan feature yang satu ini dipandu langsung oleh para reporter lapangan Selamat Pagi, yaitu Kresna Herdianto, Okki Arianto dan Puty Nurul. Sementara materi feature dari manca negara diperoleh dari Youtube.
Selamat Pagi dipandu oleh host berpengalaman yaitu Rio Indrawan dan Annisa Pohan yang on air pada setiap Sabtu dan Minggu.

Di studio beberapa menit sebelum on air

Bersambung ya…:)

dilabahar

I’m Dila Bahar. Working as a journalist, editor and freelance writer. Magister Communication Science at UGM.

Yuk, baca ini juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *